Cegah Kerugian, Amankan Mobil dan Motor yang Terendam Banjir dengan Asuransi Kendaraan dari MPM Insurance

Dua hari hujan lebat mengguyur. Hingga Selasa, 28 November 2017, tamu yang tidak diharapkan memenuhi jalanan. Jam 6 pagi, air kecoklatan mencapai undak-undakan teras. Tinggal di lingkungan dataran rendah dan dekat sungai, paman saya masih menaruh harapan bahwa banjir akan surut. Rata-rata rumah di desa beliau yang rawan banjir memiliki ketinggian 1.5 m, tingginya rumah bisa mencegah air banjir tidak akan masuk ke dalam rumah. Bukannya surut, air banjir malah sudah 50 cm di dalam rumah. Kepanikan melanda seiring volume air yang semakin meningkat. Curah hujan yang tinggi menyebabkan anak Sungai Grindulu yang melewati desa paman saya meluap. Paman sekeluarga terkepung banjir. Air telah mencapai sekitar dua meter dari tanah di depan rumah. Barang berharga seadanya segera dibawa paman, diri beserta sekeluarga minta dievakuasi. 

Berjarak kurang lebih 3 km dari desa paman, pagi itu di desa saya kondisi yang nampak hanya air selokan yang meluap hampir mencapai jalanan. Hanya air hujan yang bening. Saya sudah mendengar kabar paman sekeluarga sudah mengungsi saat siang hari. Dengan lingkungan yang lebih tinggi dibandingkan lingkungan paman dan dirasa lebih aman, saya sekeluarga belum ada kecemasan karena belum pernah mengalami banjir di dalam rumah. Siapa yang sangka apabila banjir juga akan menghampiri. Dan itu terjadi saat mendapat giliran air tanggul jebol dekat desa saya setelah magrib. Banjir tidak terelakkan.

Akhir tahun 2017 adalah banjir terbesar dengan dampak paling parah dalam sejarah di Kabupaten Pacitan. Seumur-umur saya belum pernah mengalami bencana terbesar. Dirasakan semua warga Pacitan, banjir belum pernah setinggi ini. Sebanyak 13 desa terendam banjir, sekitar 1.709 rumah rusak. Tercatat 25 orang meninggal dunia akibat siklon tropis Cempaka yang melanda Pacitan. Bencana ini menorehkan trauma bagi kami. 

Tidak hanya menimbulkan korban jiwa, banjir besar ini juga meninggalkan kerugian materil. Bagi pemilik kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor, kerugian mengintai dengan nilai yang tidak sedikit.

Paman saya yang mendapati banjir mendadak datang, tidak punya kesempatan melepaskan kabel negatif di aki ataupun harus mengevakuasi ke tempat tinggi karena tinggi banjir sudah melebihi tinggi mobil, dia pun harus merelakan mobilnya yang sudah tenggelam. Kebanyakan tetangga saya pun mengalami kerugian dengan rusaknya mobil dan motor yang dimiliki. Setelah membersihkan rumah pasca banjir, penanganan terhadap kendaraan yang terendam banjir menjadi urusan yang menguras dompet. 

Banjir Menimbulkan Kerugian, Mahalnya Ongkos Perbaikan Kendaraan Menguras Dompet

Kendaraan yang terendam banjir akan berpengaruh terhadap kondisi mesin dan kelistrikan kendaraan. Kemalangan akibat terendam banjir harus segera ditangani dan dibawa ke dealer atau bengkel resmi. Kalau tidak, semakin lama kendaraan didiamkan, maka kemungkinan rusak akan semakin  parah bahkan efek jangka panjangnya yakni nilai jual kendaraan akan menjadi turun. Tentunya harus mengeluarkan biaya lebih besar lagi untuk perbaikan. Lantas berapa biaya yang perlu dikeluarkan? Semuanya tergantung jenis motor atau mobil dan tingkat kerusakannya. 

Bersumber dari bengkel resmi motor Honda, untuk biaya cek kondisi kelistrikan dikenakan jasa pengecekan ringan dengan tarif Rp 35 ribu dan pengecekan lengkap Rp 75 ribu. Sementara biaya servis ringan atau tune up matic, motor bebek, hingga sport Honda tarifnya mulai dari Rp 100 – 200 ribuan diluar oli dan suku cadang. Apabila motor mogok sampai overhaul atau turun mesin, biayanya mulai dari Rp 400 – 600 ribu tergantung tipe motor.

Lain mobil, tentunya biaya perbaikan lebih mahal ketimbang motor. Harga komponen mobil yang rusak karena banjir ini pun beragam, menyesuaikan dengan merek mobil. Disebutkan oleh bengkel Auto2000, ada paket servis untuk mobil yang terendam banjir. Untuk kategori light, dengan mobil low cost green car (LCGC) seperti Agya dan Calya biaya jasanya Rp3 juta, ekonomi seperti Avanza Rp3,7 juta, standar seperti Sienta, Yaris, dan Vios Rp4,5 juta, sementara paket medium dengan mobil seperti Innova dan Altis Rp6,5 juta, hingga CBU Rp8,5 juta. Wow gak main-main ya biaya perbaikan mobil pasca banjir? 

Benar saja, biaya besar harus digelontorkan paman saya. Padahal renovasi rumah pasca banjir juga tidak sedikit biayanya, maka dengan ditambahnya biaya perbaikan kendaraan menjadi beban yang harus ditanggung. Hampir puluhan juta nilainya. 

Kemalangan yang tidak bisa dielakkan. Yang disayangkan, mobil paman tidak diasuransikan. Asal diketahui, kerugian-kerugian finansial yang diderita pemilik mobil bisa ditanggung asuransi kendaraan loh!

Pentingnya Asuransi Kendaraan Melindungi Kendaraan dari Kerugian

Mengingat sewaktu-waktu bisa terjadi kejadian buruk terhadap kendaraan yang saya miliki, untungnya saya sudah punya asuransi untuk kendaraan. Pada saat kejadian banjir yang belum parah, saya masih bisa  membawa motor ke tempat tinggi yang mana air belum merendam mencapai atas roda kendaraan. Meskipun mesin terlihat normal, motor saya membutuhkan pengecekan lebih lanjut. Jadi saya tinggal klaim asuransi tersebut. Berbeda dengan paman yang belum memproteksi kendaraannya dengan asuransi mobil

Bagi saya, kendaraan adalah aset pribadi yang harus dilindungi. Setidaknya apabila aset ini rusak maka perusahaan asuransi akan berpartisipasi untuk membiayai kerusakan tersebut sehingga pemilik asuransi bisa terbantu terjaga kondisi keuangan jadi tetap stabil. Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan merupakan pemberian manfaat berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Keputusan saya mengambil asuransi untuk motor bukan tanpa alasan. Asuransi kendaraan memiliki peran yang menguntungkan dan bisa menyelamatkan, di antaranya:

1. Lebih Aman dalam Berkendara dan Meminimalisir Ketidaknyamanan Jika Terjadi Kecelakaan dan Bencana 

Kita tidak akan pernah mengetahui skenario lalu lintas yang akan terjadi setiap hari. Misalnya penyok atau baret akibat kecelakaan lalu lintas. Bahkan yang tinggal di daerah yang rawan bencana jangan meremehkan kondisi wilayahnya. Asuransi kendaraan hadir untuk melindungi kita dari skenario itu dan berguna untuk menenangkan pemilik asuransi dari tanggungan  biaya kecelakaan yang begitu besar. Biasanya, perusahaan asuransi sudah bekerja sama dengan berbagai bengkel, baik bengkel authorized atau rekanan di berbagai wilayah di Indonesia. Mau melangkah meninggalkan rumah dengan motor kesayangan, saya pun menjadi lebih tenang tanpa merasa stress dihantui perasaan khawatir dan takut yang terus-menerus.

2. Memberi Perlindungan Jika Terjadi Kehilangan Akibat Pencurian

Tidak hanya resiko kerusakan yang bisa menimpa kendaraan, kasus kehilangan akibat pencurian pun bisa terjadi. Mengingat harga mobil yang tinggi, mobil adalah salah satu objek pencurian yang akan diincar oleh komplotan penjahat. Manfaat asuransi kendaraan berupa penggantian unit baru bisa kamu dapatkan sesuai dengan produk asuransi yang kamu miliki. Dalam proses pengajuan klaim kendaraan hilang, kamu bisa mendukungnya dengan bukti CCTV dan bukti-bukti lainnya. Selain itu, bukti-bukti itu juga bisa digunakan sebagai bahan laporan ke polisi sebagai pihak yang berwajib. Maka inilah pentingnya asuransi untuk mobil hilang dan asuransi untuk motor hilang. 

3. Selamatkan Finansial Jika Terjadi Resiko Tidak Terduga dalam Jumlah Besar 

Biaya-biaya mendadak seperti ini tentu akan menganggu pengeluaran, terlebih lagi apabila tabunganmu terbatas dan dana darurat pun tidak cukup. Dengan membeli asuransi kendaraan, kita bisa menghindari ongkos perbaikan kendaraan di bengkel, khususnya mobil yang pastinya biayanya lebih mahal. Pihak asuransi akan menanggung risiko tersebut. Sehingga planning keuangan keuangan yang sudah kamu rencanakan tidak akan terganggu dan kondisi finansial pun akan menjadi lebih stabil. Kerusakan mobil yang dimiliki paman saya akibat tenggelam dalam banjir mengharuskan dia mengeluarkan dana pribadi untuk mengganti suku cadang. Seandainya paman sudah memiliki asuransi untuk mobil, dia akan terbebas dari biaya yang harus dikeluarkan.

4. Menjaga Aset Kendaraan 

Kendaraan bermotor baik motor maupun mobil adalah aset bernilai tinggi yang harus  dijaga valuenya karena suatu saat akan dijual kembali. Akan sangat merugi apabila harga jual kendaraan turun drastis akibat tidak punya asuransi. Dengan perluasan asuransi mobil yakni pergantian bagian mobil yang mengalami penurunan harga karena kerusakan maka bisa menstabilkan harga jual kendaraan dari penurunan yang drastis. 

Bagi sebagian besar masyarakat menganggap asuransi kendaraan bermotor dinilai sebagai  pengeluaran tambahan yang semakin membebankan diluar biaya perawatan mobil dan pajak tahunan. Padahal kalau sudah tahu manfaat yang sudah saya sebutkan itu, tentu semua menjadi sebanding. Hal ini juga dianggap remeh oleh paman saya sehingga harus menanggung kerugian besar saat terjadi hal yang tidak diduga terhadap mobilnya dalam kejadian bencana ini. Masih beranggapan apabila asuransi hanya buang-buang uang saja? Oh jelas tidak. Karena ada harga ada manfaat. Asuransi adalah jalan keluar mencegah kerugian terhadap perbaikan lebih dari kendaraan. 

MPM Insurance, Perlindungan Kendaraan Maksimal

Kenali reputasi perusahaan asuransi adalah hal pertama yang menjadi pertimbangan saya untuk memiliki asuransi kendaraan yang tepat. Kemudian apakah perusahaan asuransi tersebut menawarkan perluasan perlindungan (dengan tambahan premi), memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas hingga memberikan akses pelayanan yang lengkap. Dan yang terpenting, apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar OJK apa belum, yang menunjukkan kelegalan suatu perusahaan. 

Melalui website, saya menemukan MPM Insurance sebagai pilihan asuransi kendaraan  dengan reputasi baik. MPM Insurance adalah sebuah perusahaan asuransi umum yang berdiri sejak tahun 2012 untuk menyediakan berbagai produk asuransi bagi masyarakat Indonesia. MPM Insurance dengan sebutan lain Asuransi MPM merupakan singkatan dari Mitra Pelindung Mustika. Banyak pilihan asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, selain menawarkan asuransi kendaraan bermotor, juga ada produk asuransi properti, asuransi keuangan, asuransi konstruksi, dan masih banyak lagi. MPM Insurance menjadi salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik di Indonesia dengan keunggulan diantaranya:

  • Sebagai perusahaan legal yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  • Lebih dari 800 bengkel rekanan di seluruh Indonesia
  • Dijamin harga yang terbaik bila dibandingkan di Cermati.com 
  • Fitur perpanjangan polis otomatis  yang mudah karena bisa dilakukan secara online

Asuransi kendaraan bermotor atau mobil yang dikeluarkan oleh MPM Insurance memberikan jaminan atas mobil untuk segala jenis kerusakan mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan. MPM Insurance menawarkan 2 jenis jaminan asuransi kendaraan bermotor yakni asuransi All-Risk (comprehensive atau semua resiko) dan Total Loss Only (TLO atau kerusakan total saja) yang memberikan manfaat polis lengkap dengan premi murah. Apa bedanya kedua jenis jaminan asuransi tersebut? Begini penjelasannya.

Lalu bagaimana kerugian akibat banjir? Yang mana yang bisa ditanggung asuransi? 

Sebenarnya kejadian tak terduga yang menimpa kendaraan seperti bencana alam, tidak bisa dicover oleh asuransi dasar seperti Comprehensive atau Total Loss Only (TLO). Lah kok gitu? 

Begini, perlu dilakukan langkah ekstra dalam asuransi dengan  menambah perluasan jaminan ke dalam premi asuransi agar kerugian bisa ditanggung asuransi. Perlindungan ekstra pastinya biaya asuransinya jadi ekstra. Lewat pengajuan klaim perluasan jaminan, para pemegang polis diharuskan membayar premi tambahan lebih mahal. Dengan perlindungan ekstra, tentunya kita akan mendapatkan ketenangan yang lebih optimal saat dihadapkan bencana alam seperti banjir. Tenang saja, perluasan jaminan tersedia di MPM Insurance. Hidup di Indonesia yang sering terkena banjir, membeli asuransi yang menanggung kerugian finansial akibat banjir tentunya akan menjadi keputusan yang tepat.

Pun untuk melaporkan klaim asuransi di MPM Insurance sangat mudah dan bisa dilakukan dari rumah saja. Hanya dengan tiga langkah, yakni menyiapkan dokumen, melengkapi laporan di website https://www.mpm-insurance.com/, dan survei siap dilakukan segera oleh tim MPM Insurance. Tidak ribet kok! 

Bencana Tidak Bisa Ditolak Tapi Resiko Bisa Diminimalisir, Segera Asuransikan Kendaraan Sebelum Merugi

Musibah banjir waktu itu memberikan pembelajaran kepada saya bahwa memang perlunya sedia payung sebelum hujan. Meskipun bencana datangnya tidak dapat diprediksi, setidaknya dengan memiliki asuransi kendaraan bisa mengantisipasi kerugian yang akan dikeluarkan. Trauma dengan bencana itu, paman saya pun segera mengasuransikan mobilnya. Dia tidak ingin mengulang kerugian yang dideritanya. Dengan memiliki asuransi mobil, pikiran pun tenang dan mobil pun terlindungi.

Bagaimana, kamu juga mulai berpikir akan pentingnya asuransi kendaraan kan? Sudah saatnya kita menghindari  ongkos perbaikan kendaraan yang mahal di bengkel dengan membeli asuransi kendaraan. Ambil keputusan sekarang supaya bebas dari kecemasan di masa depan.

Leave a comment