Popmama Parenting Academy 2020 Hadir dengan Virtual Session. Yok Cari Tahu Isi Acaranya, Mom!

Setiap membuka Instastory dan status Whatsapp, senang melihat kabar anak teman-teman saya. Kebanyakan teman-teman saya yang sudah memiliki balita tengah bahagia menjalani peran menjadi orangtua khususnya menghadapi anak pertama. Momen golden age si kecil kerap mereka bagikan di media social. Seperti si cantik Nai, dari ia dalam gendongan hingga berusia 2 tahun, saya tahu perkembangannya seperti kini sudah bisa lincah berbicara, bergaya layaknya princess, dan senang membuka buku-buku. Ada juga si ganteng Saka yang baru lima bulan, ia mencoba duduk dari posisi tengkurap. Perilaku si kecil kerap mengundang kegemasan terhadap mereka saking lucunya, makanya saya senang memantau pertumbuhan mereka.

Orang tua mengambil peranan penting dalam tumbuh kembang si kecil. Selain memantau tumbuh kembang anak setiap harinya, orang tua juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi dan menstimulasi dalam membentuk anak jadi hebat. Melalui sharing mereka, saya yang belum berpengalaman pun jadi tahu gaya parenting satu sama lain terhadap anaknya beda karena karakter tiap anak pun tidak sama. Tidak mudah membesarkan anak yang katanya kayak naik roller coaster, tapi teman – teman saya yang kelahiran 90an tahu bagaimana menjadi orang tua milenial untuk anak mereka!

Orang Tua Milenial Itu Punya Gaya Parenting Tersendiri

Mereka yang lahir antara tahun 1980 sampai 1990-an awal adalah generasi milenial. Dan ketika sudah menjadi orang tua, mereka itu adalah orang tua milenial. Di zaman era digital ini punya tantangan yang berbeda bagi orangtua dalam mengasuh anak. Pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang, tak pelak orang tua milenial dituntut menjadi hebat dan cerdas.

Orang tua milenial itu menarik loh! Generasi milenial cenderung memiliki caranya sendiri dalam membuat keputusan lho, khususnya pola asuh anak. Sebagai generasi yang terlahir dengan perkembangan teknologi mulai dari TV hingga pakai social media menjadi generasi milenial mengandalkan teknologi dalam kemajuan gaya parenting. Adanya internet memudahkan mereka lebih melek informasi untuk tumbuh kembang si kecil. Orang tua milenial mempunyai pola pikir yang lebih terbuka dan tak ragu mencoba hal-hal baru dalam mengasuh karena tuntutan mengetahui informasi. Dengan keterbukaan informasi dari membaca artikel arenting hingga mengikuti seminar kelas parenting, orang tua milenial percaya diri dengan gaya parenting yang mereka pilih seperti positive parenting maupun drone parenting.

Kegemaran menggunakan smartphone, selain untuk mencari informasi, orang tua milenial senang berbagi aktivitas si kecil ke media social. Hampir semua momen didokumentasikan dalam bentuk foto maupun video. Seperti dalam instagram teman saya yang meng-highlight Instastory masa tumbuh kembang si kecil ke part dalam masa kandungan, new born, hingga MPSI. Selain share foto, beberapa dari mereka juga membubuhkan cerita sebagai pengalaman mengasuh si kecil. Hal ini pun bisa menjadi inspirasi pola asuh dan saling berbagi pengalaman bagi sesama orang tua milenial yang memiliki usia anak yang hampir berdekatan. Bergabung dengan beberapa komunitas parenting pun bisa semakin mendapatkan informasi menjadi lebih luas.

Selama mengikuti social media teman-teman saya tersebut, saya merasa mereka sudah menjadi orang tua hebat yang bisa mandiri mengurus si buah hati, bahkan beberapa ada yang merantau jauh dari orang tua mereka.

“Aku masih terus belajar kok.” Sanggah teman saya ketika saya memujinya. Sebagai mama, ia mengakui kalau semenjak menjadi orang tua, ia dituntut untuk belajar terus mendidik dan mencintai lebih si buah hati. Karena pendidikan anak yang pertama adalah dari keluarga makanya orang tua pun dituntut terus memperbaiki diri menjadi orang tua cerdas. Meskipun banjirnya informasi mengenai parenting pernah membingungkan dan menjadikan kecemasan, teman saya merasa harus cerdas menemukan informasi yang terpercaya. Dalam menghadapi tantangan di dunia pengasuhan anak, teman saya barusan cerita kalau ia mendapatkan informasi wadah belajar yang tepat bagi orang tua milenial. Kabar yang menggembirakan itu datang dari Popmama.com yang membantu orang tua milenial dalam acara tahunan yang seru dalam Popmama Parenting Academy 2020. Seseru apa sih emangnya, Mom?

Ayo Mom! Belajar Ilmu Parenting Bersama Popmama Parenting Academy 2020

Semenjak diluncurkan tahun 2018 Sebagai situs informasi parenting menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan, Popmama.com juga Popmama Parenting Academy (POPAC), sebuah acara tahunan yang didedikasikan untuk keluarga muda Indonesia. Dari hari Senin, 28 September 2020 hingga 3 Oktober, Popmama Parenting Academy 2020 hadir dengan menggandeng Tokopedia sebagai rekanan e-commerce resmi dan mengusung tema besar “Nurturing the Future-Ready Family“. Tema ini dimaksudkan agar keluarga milenial siap untuk menuju masa depan, seperti menjadi keluarga yang high-tech yakni paham teknologi dan memanfaatkannya dengan lebih baik.

“Sebagai media parenting di Indonesia, Popmama.com terdorong untuk menciptakan wadah bagi para orang tua millennial untuk saling belajar dan mendapat ilmu dari para ahli mengenai isu kesehatan mental, keuangan, hingga kesehatan.”

Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media, dalam membuka acara POPAC 2020.

Di tengah masa pandemi Covid-19, acara ini pun tetap digelar. Yang membedakan tahun ini dengan tahun sebelumnya yang offline, Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020 diselenggarakan dalam virtual session. Jadi orang tua tetap bisa belajar ilmu terkait parenting meskipun dari rumah. Terpantau dari media social instagram @popmama.parenting.academy, acaranya nampak seru dari hari ke hari. Seperti apa acara virtual sessionnya, penasaran kan, Mom?

Virtual Activity, Acaranya Ngapain Saja Sih Mom!

Duduk di rumah aja, Mom bisa anteng menikmati konten parenting dari gadget. Berbagai aktivitas yang bisa didapatkan dari Popmama Parenting Academy 2020 nggak hanya bisa dinikmati oleh mama tapi juga ngajak papa dan anggota keluarga lainnya. Di antaranya meliputi Workshop dengan para expert dan seleb Mama, sharing pengalaman di Community Meet Up, dan seru-seruan dalam Online Competition, menikmati hiburan dan belanja diskonan dengan harga spesial di online bazaar. Jadi nggak cuma dikasih berbagai macam ilmu terkait dengan parenting, meskipun acaranya virtual tetap fun kan ya nggak bikin bosen dengan sesi hiburan.

Semua acaranya diselenggarakan gratis! Para orang tua bisa mengikuti rangkaian acara POPAC secara online bagi yang ingin mengikuti kelas Kulwhap di Whatsapp dan Webinar via Zoom dengan mendaftarkan diri. Sementara untuk kelas melalui platform website popac.popmama.com, popmama.com dan Live Streaming di Youtube POPMAMA, bisa langsung mendapatkan akses berbagai macam konten yang bermanfaat tanpa perlu daftar. Lewat aplikasi manapun, keluarga Indonesia bisa menikmati kelas parenting dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

  • Talkshow & Workshop With Experts

Berbagai pembahasan menarik dan kekinian diangkat khususnya berkaitan masa pandemi sekarang mulai dari pola asuh anak, prinsip terkait MPASI, mencetak anak-anak yang unggul, pengelolaan keuangan, serta berbagai ilmu mengenai kesehatan fisik dan mental akan dihadirkan setiap harinya dan dibahas langsung oleh para pakar. Sebanyak 40 narasumber yang diundang untuk sesi talkshow dan workshop mulai psikolog dan dokter anak seperti Niesa Handayani, S.Psi, PGD; dr. Reza Fahlevi, Sp.A; dr. Uf Bagazi, SpOG. Juga dihadirkan wirausahawan, influencers, bahkan Celeb Mama dan masih banyak lagi.

  • Online Competition

Keseruan mengikuti POPAC jadi menyenangkan dengan mengikuti My Family Photo Contest. Popmama.com memberikan hadiah menarik bagi Mom yang upload foto keluarga ke instagram dengan mengajak Papa dan anggota keluarga. Postingan foto juga harus menceritakan besarnya peran Popmama.com dalam kehidupan Mom dan keluarga pada kolom caption dan ketentuan lainnya yang bisa dicek di ig @popmama.parenting.academy. Masa online competition sudah diadakan sebelum POPAC 2020 berlangsung yakni 27 Agustus jadi masanya lama buat Mom ikutan upload sebanyak-banyak karena diperpanjang hingga 9 Oktober 2020. Mom bisa memenangkan uang tunai, voucher belanja dan Microwave Beko. Rejeki yang bisa dipanen di masa pandemi kan 🤗

  • Community Meet Up

Mom pengen berkumpul dengan Mom lainnya? POPAC mengundang banyak komunitas sesama Mom Milenial seperti Anak Bunda Indonesia, Teman Main, Single Moms Indonesia, dan Mom Influencer Indonesia. Pertemuan secara virtual menyenangkan dengan saling sharing pengalaman, cerita, berdiskusi soal keluarga. Pastinya Mom akan senang bisa memiliki kenalan baru yang saling belajar, berbagi dan berkolaborasi menjadi orangtua yang bahagia dan produktif.

  • Entertainment & Bazaar

Deretan bintang tamu spesial yang akan menghibur Mom dari rumah. Eitsss, artisnya tuh ada Vicky Zhu dan Tantri Kotak loh! Dan akan ada yang menyapa anak-anak yakni Nussa dan Rara. Tokoh favorit si kecil 3D animasi yang mengisahkan kehidupan sehari-hari keluarga kecil yang penuh dengan kesederhanaan dan nilai-nilai Islami. Jadi ajak juga si kecil karena bakal semangat di Popmama Parenting Academy 2020.

Hiburan belanja dengan berbagai penawaran spesial selama event berlangsung pun tak luput diberikan. Mom bisa mendapatkan pengalaman belanja hemat dan barang berkualitas untuk kebutuhan keluarga tercinta dalam Exclusive Deals Popmama x Tokopedia. Konsep belanja ini dilakukan secara online dengan kerjasama antara Popmama.com bersama Tokopedia yang menyediakan produk-produk pilihan dengan diskon spesial dengan sistem one price. Melalui Exclusive Deals Popmama x Tokopedia, Mom bisa mendapatkan berbagai macam produk dengan harga Rp.99.000. Ada pula promo khusus untuk pilihan ibu dan bayi, ibu dan anak, Home and Living Celebrating, dan parade pilihan bunda. Para tenants yang dihadirkan barangnya di Tokopedia diantaranya Nestle Dancow, S-26 Procal Gold, Switzal, GabagKids, Sweety, Safi, Cerebrofort, Cap Lang, Cetaphil dan banyak lainnya yang bisa Mom beli. Flash sale tiap harinya ini tidak boleh Mom tinggalkan.

Acara Selama Enam Hari POPAC 2020, Yuk Intip, Mom!

Dari 28 September sampai 3 Oktober 2020, tiap harinya Popmama Parenting Academy 2020 dimulai pada siang hari pukul 13.00 dengan Kulwhap dan Webinar masing-masing dua jam sampai sore hari pukul 17.00 yang hanya bisa dinikmati dari aplikasi Whatsapp dan Zoom. Setelah jeda istirahat, dilanjut malamnya pukul 18.00 ada Live Streaming lebih santai tanpa harus daftar, sebanyak 4 workshop yang bisa diikuti dan masing-masing sesinya berlangsung setengah jam hingga acara selesai pada 21.00. Di sela malam tersebut, promo belanja Popmama Exclusive Deals dibuka pukul 19.30-20.30, waktu yang sudah jelas ini membuat Mom pastinya tahu discount time alias jam berapa berburu diskonan. Singkatnya seperti itu, nah isi acara selengkapnya selama enam hari bisa Mom ketahui berikut ini ya. Yuk intip biar Mom bisa mencatat kelas mana yang bisa diikuti!

  • Hari Pertama : Minggu, 28 September 2020

Popmama Parenting Academy 2020 resmi dibuka pada sore hari semenjak dibuka oleh CEO IDN Media disertai Editor in Chief Popmama.com, dan Strategic Initiatives Senior Lead – Mom Baby & Home Living Category Tokopedia. Sebelumnya acara sudah dimulai dengan Kulwhap dan Webinar. Kulwhap dengan materi “MPASI Premium untuk Bayi Sehat dan Cerdas: Prinsip MPASI Premium” oleh dr. Sylvia Haryeny, IBCLC. Sementara Webinarnya luar biasa menghadirkan artis Tantri Syalindri (vokalis band Kotak) yang berbincang asik tentang ASI bersama dr. Ameetha Drupadi, CIMI, dalam keseruan “Pijat Payudara agar ASI Lancar, Bayi Sehat”.

Setelah opening, malamnya Live Streaming. Di sesi “Play Therapy untuk Solusi Tepat Atasi Stres pada Anak saat di Rumah Saja” Niesa Handayani, S.Psi, PGD berbagi solusi hadapi anak stres di masa tidak menentu ini agar orang tua mengetahui pertolongan pertama pada anak di tengah pandemi. Dengan topik yang hampir sama, dr. Ellen Wijaya, SpA lanjut hadir dengan materi “Tips Pertolongan Pertama untuk Anak di Masa Pandemi”. Dalam tema “Stimulasi untuk Anak yang Siap Menghadapi Masa Depan by CEREBROFORT”, Neha Vaswani selaku Co-founder of Happy Teepee Art & Mindfulness Atelier, dan dr. Reza Pahlevi, SpA, Paediatrician KlikDokter.com ungkap bahwa live skills adalah salah satu hal penting untuk yang harus dimiliki anak dan nutrisi penting untuk memastikan tumbuh kembang pada kondisi risiko defisiensi. Setelah promo belanja Tokopedia, malam ditutup dengan sesi “Siasati Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi” oleh Rista Zwestika Reni, S.SOS, AWP., CFP® yang menyadarkan betapa pentingnya pengelolaan keuangan dengan bijak karena itu sebuah skill yang harus dimiliki orangtua demi masa depan keluarga.

  • Hari Kedua : Senin, 29 September 2020

Mom pernah kehabisan ide membuatkan menu MPASI bila anak menolak makan? Cobain resep yang oleh dibagikan Chef Amy Zein jebolan Masterchef Season 6 dalam Webinar POPAC 2020 yang bertajuk “Workshop Masak MPASI Premium”. Mom bisa mempraktekan menu yang diberikan yakni Bola-bola kentang ayam saus tomat, nasi tim daging sapi, dan mango float. Pastinya bahan-bahan MPASI premium itu ya yang premium dan segar dan peralatan masak yang memenuhi standar kesehatan dan keamanan. Berbeda dengan hari pertama, hari kedua ini waktunya dimulai pukul 15.00 karena tidak ada Kulwhap.

Sesi Live Streaming pukul 18.00 dimulai dengan pembahasan “Bicara Tentang Pola Asuh Alpha Generation by Aqua” oleh Rosdiana Setyaningrum, M.Psi., MHPEd yana memberikan trik kepada orang tua masa kini untuk menyiapkan Alpha Generation, generasi yang sangat dekat dengan gadget dan Internet, menghadapi masa depan. Sesi kedua mengundang Iis R. Soelaeman, Co-Founder Rumah Cerebral Palsy, yang bercerita dalam “Inspirasi Dunia Rana Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus” tentang pengalaman pribadinya membesarkan anak berkebutuhan khusus hingga bisa diterima di lingkungan. Sesi ketiga perbincangan menarik “Tips Menjaga Kehamilan Sehat di Saat Pandemi” dibawakan Dr. dr. Nasrudin AM, Sp.OG(K), Mars. Dan sesi terakhir setelah promo belanja Tokopedia, dr. Uf Bagazi, SpOG (Obstatetrician & Gynecologist Brawijaya Hospital Antasari) berbincang tentang “Teknologi yang Bisa Membantu Mama Mendapatkan Kehamilan Sehat” dalam Live Streaming. Beragam teknologi dalam dunia medis yang dapat Mom manfaatkan mulai saat merencanakan kehadiran buah hati, melalui masa kehamilan, hingga proses persalinan.

  • Hari Ketiga : Rabu, 30 September 2020

Kembali ada Kuliah Whapsapp, kali ini Popmama.com membahas lebih lengkap “1001 Strategi untuk Generasi Unggul: Membangun Mental Pantang Menyerah” dengan pemateri Fathya Artha Utami M.Psi., Psikolog. Strategi ini bisa diterapkan pada kehidupan Mom saat mengalami kesulitan membangun mental anak agar tidak putus asa dalam menghadapi setiap tantangan dalam hidupnya. Lanjut Webinar “Prenatal Yoga for Resilient Mama by Lactamil” melalui aplikasi Zoom. Bersama Bidan Jamilatus Sadiyah A.Md.Keb., dan Harumi PS (Beauty & Lifestyle Digital Creator) membahas seputar manfaat prenatal yoga atau yang biasa disebut dengan yoga hamil dan langkah-langkahnya untuk perlancar persalinan. Calon Mom yang sedang hamil bisa mengikuti tahapan dan gerakan prenatal yoga dari rumah.

Orangtua yang mengidamkan anak unggul, pembahasan Live Streaming menarik dibawakan oleh Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog dalam sesi “Mencetak Anak Unggul dengan Cara Hidup Bijaksana dan Baik”. Dikatakan oleh Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga ini kalau orang tua perlu melatih dengan cara memberi contoh yang baik dan positif sejak dini untuk menanamkan hidup bijaksana dan baik pada anak. Demi masa depan si kecil yang Terjamin, Mom akan diajak semakin bijak oleh Safir Senduk (Perencana Keuangan) dan Ariavita Purnamasari (Adira Insurance) pada sesi selanjutnya “Tips dan Siasat Pengelolaan Keuangan agar Masa Depan Anak Terjamin by Adira Insurance”. Keduanya memberikan langkah-langkah pengelolaan keuangan diantaranya untuk lebih terkendali dalam belanja, perlunya memiliki tabungan dan investasi serta proteksi berupa asuransi di tengah ketidakpastian masa pandemi ini. Pada sesi ketiga, Lala Tangkudung seorang Broadcaster & Public Speaking memaparkan “Tips dan Trik Berkomunikasi Efektif dengan Anak” yang bisa diterapkan orang tua dalam Berkomunikasi dengan si buah hati di rumah. Sesi terakhir, Mom yang tengah mengandung bisa membekali diri dengan ilmu seputar kehamilan melalui penjelasan yang disampaikan dr. Yassin Bintang, Sp.OG-KFER, Msc dalam topik “Siapkan Bayi Unggul Sejak dalam Kandungan”. Secara eksklusif Spesialis Kebidanan, Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi ini memberikan informasi mengenai bagaimana menyiapkan bayi yang lahir dengan sempurna, sehat, dan cerdas yang bisa Mom mulai sejak dalam kandungan.

  • Hari Keempat : 1 Oktober 2020

Pembahasan anak generasi unggul memang selalu menarik. Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya menjadi generasi yang cerdas nan sehat dengan tumbuh kembang yang optimal? Bagaimana membentuk generasi unggul, Popmama.com membahasnya bersama dr. Margareta Komalasari, SpA dalam Kuliah Whatsapp. Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Hospital Antasari ini menyampaikan “1001 Strategi untuk Generasi Unggul: Persiapan Anak Unggul di Masa Emas Tumbuh Kembang by CEREBROFORT” di antaranya menekankan pentingnya nutrisi pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Lanjut dengan Webinar yang mendatangkan penyanyi Indonesia, Vicky Zhu, yang juga seorang Mom dari dua anak dalam sesi “Baby Massage Workshop”. Bersama Salshabila, AM.Keb yang merupakan seorang Bidan, Konselor Laktasi, dan Baby Massage Certified; Vicky Zhu memberikan langkah-langkah pijat bayi yang bisa Mom coba rutin lakukan pada si bayi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya dan juga memiliki waktu bonding bersama anak.

Lepas Kulwhap dan Webinar, bergeser ke Live Streaming. Sesi pertama ditujukan untuk Ibu Hamil dan Ibu Baru. dr. Andreas Prasadja, RPSGT, Founder Snoring and Sleep Disorder Clinic Pertama di Indonesia dalam sesi “Pentingnya Mengelola Pola Tidur Sehat untuk Ibu Hamil dan Ibu Baru” menyampaikan kalau Mom harus lebih aware dengan pentingnya tidur karena berpengaruh dengan kehamilan dan memberikan mengatasi gangguan tidur saat hamil. Berlanjut ke sesi berikutnya yakni “Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemic by AQUA” oleh dr. Rouli Nababan, SpA yang membahas tuntas seputar kesehatan anak yang penuh tantangan di masa pandemi ini dan agar terhindar dari virus Covid-19. Hari yang sama masih bersama Cerebrofort, dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) dan Saskhya Aulia Prima M.Psi., Psikolog, menjawab semua keluh kesah Mom mengenai mencetak anak berprestasi dalam sesi ketiga “Tips Mencetak Anak Berprestasi by CEREBROFORT”. Dalam membantu proses tumbuh kembang anak berhasil serta dapat berprestasi, Mom perlu memberikan nutrisi optimal selain stimulasi dan pola asuh yang baik. Live Streaming terakhir, speakernya keren banget yakni Najelaa Shihab. Yang tidak asing dengan nama belakangnya Shihab, yap beliau adalah saudara kandung Najwa Shihab si pembawa acara berita. Sebagai penggiat pendidikan di Indonesia, Najelaa Shihab menjawab bahwa ternyata anak bisa melek teknologi terlebih di usia masih dini dalam topik “Anak Melek Teknologi, Memang Bisa?”. Tahapan dan langkah para orangtua agar anak melek teknolgi dengan positif disampaikan untuk menyiapkan anak bisa berkreasi, kritis, dan berkolaborasi di dunia digital.

  • Hari Kelima : Jum’at, 2 Oktober 2020

Sudah hampir setahun semenjak pandemi Covid-19 memaksa aktivitas tidak bisa dilakukan di luar rumah. Terlalu di rumah rasa kebosanan menyerang dan stress pun dirasakan. Tidak hanya orang dewasa, anak pun mengalami hal yang sama. Tentunya ini bagi anak serta orangtua di rumah agar tetap sehat secara fisik, dan juga secara mentalnya. Menjawab persoalan tersebut, Kulwhap memberikan topik “Tips dan Trik Keluarga Sehat Mental di Masa Penuh Tantangan 4.0” yang dibawakan Putu P.D Andani M.Psi., Psikolog. Dalam hal ini, Mom diharapkan yang memiliki kesehatan mental yang lebih baik terlebih dahulu agar bisa menular pada suami dan si buah hati. Berlanjut ke Webinar, kali ini memberikan hiburan pada Mom dan si kecil yang tertarik membuat main sendiri. Dalam “Workshop DIY Toys for Toddler” Mom dan si kecil bisa bermain bersama mengisi waktu luang di rumah sekaligus belajar berdasarkan kegiatan bersama Ahmad Syahid Zakaria selaku Co-Founder & Headmaster Kalananti, dan juga Fanny Fabriana, seorang aktris dan Mama dari 3 orang anak. Ada 3 DIY mainan yang bisa dicoba yakni kupu-kupu, panda yang memanjat “bambu” dan mini “Akuarium”. Di waktu yang sama dengan webinar pukul 15.00 juga diselenggarakan Kulwhap “A – Z Pregnancy Tips for Resilient Mama by Lactamil”. Speakernya adalah dr. Febriansyah Darus, SpOG, KFM, seorang spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fetomaternal dari Brawijaya Hospital Saharjo memberikan tips-tips kehamilan yang perlu mendapatkan perhatian baik dari segi asupan nutrisi, pemantauan kehamilan, dan gaya hidup yang sehat.

Masuk ke Live Streaming dimulai dengan pembahasan “Tren Produk Halal, Bagaimana Bijaksana dalam Berbelanja dan Cara Menemukan Barang yang Benar-Benar Halal”. Natalya Kurniawati, peneliti YLKI, memberikan panduan untuk Mom agar dapat bijak dalam berbelanja dan bisa menemukan barang yang benar-benar halal seperti memastikan barang yang dibeli secara online mencantumkan sertifikasi BPOM dan LPPOM MUI. Persoalan pasangan rumah tangga tidak luput jadi topik dalam rangkaian acara Popmama Parenting Academy 2020. Rendra Yoanda, M.Psi., Psikolog Klinis Anak dan Remaja, membahasnya dalam sesi “Tips dan Trik Komunikasi Efektif Suami-Istri” karena kerap komunikasi menjadi kendala untuk mewujudkan hubungan rumah tangga yang harmonis. Lanjut Live Streaming mengenai si buah hati. Ajeng Raviando, Psi. (Psikolog Anak, Remaja & Keluarga) dan Raisha Wirapersada (Founder Kim&Kin) membagikan ragam informasi dalam sesi yang berjudul, “Memahami Cara Anak Berekspresi.” Mom bisa belajar cara memahami dan menstimuls anak untuk berekspresi bahkan saat usianya masih balita sekali pun. Live Streaming terakhir, Hertha Christabelle Hambalie, M.Psi., Psikolog (Associate Psychologist ibunda.id) menyajikan topik “Cara Kompak Mama dan Papa agar Anak Tumbuh Kembang Maksimal”. Tips kekompakan ini bisa dimanfaatkan orangtua mumpung waktu luang banyak dilakulan di rumah selama masa pandemi demi perkembangan buah hati secara optimal.

  • Hari Keenam : Sabtu, 3 Oktober 2020

Sampailah di hari terakhir rangkaian Popmama Parenting Academy 2020. Pada Kulwhap mengundang Yusandi Rezki Fadhli S. Psi., Konselor Psikologi dari Aku Pintar, untuk berbincang mengenai “1001 Strategi untuk Generasi Unggul: Profesi Harapan di Masa Depan, Mama Sudah Tahu?”. Orang tua dapat membantu anak menyiapkan masa depannya dengan mengenali perbedaan bakat, minat, dan kepribadian pada anak. Lanjut sorenya selama satu jam, Mom mesti mengajak si kecil untuk bergabung dalam Webinar. Anak-anak akan terhibur karena diajak belajar dan menyanyi bersama karakter Nussa dan Tara dalam “Nussa is Back: Edukasi Digital Untuk Keluarga”. Jenis edukasi digital dari Nussa Official yang dapat dinikmati di platform Youtube atau aplikasi Nussa & Friends ini menyenangkan bagi keluarga dengan menghadirkan video animasi berkonsep cerita sehari-hari yang mudah dipahami dan kaya nilai-nilai kebaikan. Tontonan dengan konten yang positif dan mendidik bisa membantu karakter si kecil jadi pribadi yang lebih baik.

Mom yang punya anak dengan usia dini, tontonin Live Streaming yang pertama pada malam harinya bersama Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi., Psikolog, Associate Psychologist ibunda.id & Founder Sekolah Bumi Nusantara Montessori. Berbincang tentang “Ulik Bakat dan Kecerdasan Si Kecil Sejak Dini”, speaker ini membagikan tips dan trik soal bagaimana orang tua bisa menstimulasi bakat dan kecerdasan si kecil sejak dini untuk mengarahkan potensi atau bakat yang dimiliki anak. Live Streaming kedua menarik diikuti bagi pasangan yang menunggu kehadiran si buah hati dalam keluarga mereka. Dalam sesi talkshow “Metode Terapi Kesuburan dan Efektivitasnya untuk Mendapat Keturunan” dikupas tuntas oleh Dr. Caroline Tirtajasa SpOG(K) selaku Sub spesialis Fertility & hormon reproduksi RS OMNI Pulomas. Berbagai metode terapi kesuburan yang perlu diketahui oleh calon Mom and Dad dalam usaha mendapatkan keturunan. Lanjut sesi ketiga yang harus Mom ikuti agar tetap sehat meski sedang pandemi dan hanya di rumah saja dengan berolahraga bisa cari tahu dalam “Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama”. Hilyani Hidrantoselaku Instruktur Pound Fit membagikan tips olahraga lebih menyenangkan bersama keluarga. Sesi penutup melalui Live Streaming, Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer QM Financial membawakan judul “Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin”. Belajar langsung dari pakarnya, Mom akan dibantu lebih bijak mengelola finansial di masa sulit pandemi ini di antaranya dengan membuat rekening shopping agar pos-pos keuangan lain pun tidak akan terganggu. Nah rangkaian POPAC 2020 pun berakhir!

Yok Terus Belajar Jadi Orang Tua Milenial yang Hebat!

Para milenial yang sudah berkeluarga dan memiliki anak belum tentu akan langsung cakap menjadi orang tua. Orang tua milenial tentu akan menemukan tantangan baru disetiap tahap perkembangan anak-anaknya. Berapapun usia anak, pekerjaan menjadi orang tua tidak pernah selesai. Orang tua milenial dituntut terus belajar setiap harinya menjadi orang tua hebat. Pembelajaran parenting bisa diperoleh darimana saja dan mudah dengan perkembangan teknologi sekarang. Belajar langsung dari Popmama Parenting Academy adalah wadah yang tepat bagi orang tua milenial bersekolah dalam membesarkan anak-anak mereka.

Begitu banyak manfaat edukasi dan hiburan yang didapatkan dari Popmama Parenting Academy 2020. Mungkin ada Mom yang ketinggalan acaranya dan baru tahu gegara membaca artikel ini? Wait, jangan bersedih. Mom bisa mendapatkan tayangan ulang sesi talkshow berbagai kelas parenting di sosial media Youtube Popmama.com dan Instagram @popmama.parenting.academy, rangkuman talkshow yang juga bisa dibaca di platform website popac.popmama.com dan popmama.com. Gali terus dunia parenting ya Mom. Selamat belajar jadi orangtua hebat bagi si kecil!

2 thoughts on “Popmama Parenting Academy 2020 Hadir dengan Virtual Session. Yok Cari Tahu Isi Acaranya, Mom!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s