[Review] Novel Selena dan Nebula Karya Tere Liye : Menguak Awal & Akhir Petarung Terbaik Akademi Bayangan Tingkat Tinggi

Penyuka petualangan dengan kekuatan ajaib mana suaranya?

Rilis juga akhirnya! Tahun 2020, penulis hebat Tere Liye kembali meliris dua buku baru sekaligus yang berjudul Selena dan Nebula yang merupakan dalam seri Bumi. Serial yang menceritakan petualangan tiga anak muda dengan mempunyai kekuatan unik yang bisa menyelamatkan kehidupan di dunia paralel. Si Raib yang dapat menghilang. Seli yang mampu mengeluarkan petir dari tangannya. Dan Ali si jenis. Seri Bumi sebelumnya adalah Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet, dan Komet Minor. Ada yang sudah membacanya semuanya? Oh ya saya pernah mereview Ceros dan Batozar, Komet, dan Komet Minor loh tahun lalu.

Salah apabila beranggapan novel Selena dan Nebula itu lanjutan dari Komet Minor, sama sekali tidak ada benang merahnya. Keduanya merupakan spin-off seri Bumi. Konflik dan karakter baru lainnya dimunculkan tanpa menghadirkan Raib, Seli dan Ali secara hampir keseluruhan dalam cerita.

Saya dibuat surprise dengan kemunculan novel berjudul Selena. Pasalnya dalam novel Komet Minor, Tere Liye memberikan memberikan bocoran akan buku-buku lanjutnya yakni Nebula, Proxima Centauri, Si Putih, namun tidak dengan Selena. Beruntungnya ada yang jual secara paket dua novel ini dan saya mendapatkan harga diskon. Yah, meski nggak kesampaian dapat tanda tangan penulis.

Mungkin yang jadi pertanyaan, kenapa pula pula harus beli dua novel bersamaan sih? Kedua novel saling melengkapi satu sama lain. Selena tentang awal dan Nebula tentang akhir. Eh memang tentang apaan sih? Ya sudah deh baca aja sampai akhir.

Sebelum kalian lanjut baca review masing-masing novel tersebut, baca dulu sinopsis keduanya di bawah ini. Dikarena dua novel ini satu kesatuan jadinya sinopsisnya sama.

“Selena” dan “Nebula” adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan. Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa, yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme, dan pengkhianatan. Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya. Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran.

Novel Selena – Awal Masa Lalu Selena

Judul Buku : Selena
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Maret 2020
Jumlah Halaman; Tebal : 368 hlm; 20 cm
Harga : Rp 90.000,-

“Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan. Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kaupercaya. Nurani. Cahaya itu selalu ada di hatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu. Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik.” (hlm. 339)

▪️Judul

Selena yang dimaksud sebagai judul novel ini ya Miss Selena. Yang mengikuti seri Bumi dari awal pasti tahu dong siapa Miss Selena.

▪️Cover

Setiap kemunculan novel seri Bumi yang baru, saya selalu menebak-nebak dari gambar-gambar unik yang diilustrasikan dalam sampul depan. Gambar-gambarnya mewakili apa yang akan dimunculkan dalam cerita. Buku, gulungan perkamen, gedung tinggi, gedung besar berbentuk oval, dan banyak kendaraan terbang. Bisakah menebak apa hubungan satu sama lain? Cover yang diwarnai hijau tosca pun memberikan kesan petualangan baru yang menantikan untuk dijelajahi dalam tiap lembar novelnya.

▪️Tokoh

‘Namaku Selena, aku lahir di Distrik Sabit Enam, dua ratus kilometer utara Kota Tishri. Klan Bulan. Aku yatim piatu sejak kecil…..’ (hlm. 5).

Saya sempat menganggap tokoh ini adalah tokoh baru yang hidup beda klan dengan Raib bahkan tidak pernah berhubungan. Saya menikmati membaca hingga sampai akhirnya saya menyadari ketika membaca part ‘Murid-muridku akan memanggilku Miss Selena. Satu-dua dari mereka memanggilku dengan panggilan spesial : Miss Keriting.’ Oh ini guru kesayangan matematika Raib, Seli dan si genius Ali di Klan Bumi. Maafkan saya, mungkin sudah setahun sejak membaca seri Bumiterakhir yang Komet Minor sudah melupakan nama Selena.

Di novel Selena, tokoh Selena menceritakan masa lalunya memulai kehidupan sebagai mahasiswa yang juga menjadi pengintai terbaik. Tokoh-tokoh pendukung sekaligus temannya selama kuliah adalah Mata dan Tazk. Bersama Selena, mereka adalah mahasiswa terbaik dengan kekuatan petarung yang hebat. Mata digambarkan gadis dengan mata yang indah dan rambutnya lurus hitam legam dari Distrik Sungai-Sungai Jauh. Sementara Tazk, mantan boyband terkenal. Sudah pasti tampan orangnya, tentunya tidak mungkin untuk tidak jatuh cinta dengan ketampanannya termasuk sahabat, bisa menebak siapa yang jatuh cinta kepada Tazk?

Tokoh-tokoh yang dihadirkan tidak sekedar teman-teman dan dosen selama kuliah, juga keluarga Selena yang sifatnya unik. Ikatan karakter satu dengan lain diceritakan dengan detail dan jelas.

Tokoh antagonis pun dekat dengan Selena. Ialah salah satu karakter paling kuat di dunia paralel dan tokoh ini sudah muncul sejak novel Bumi. Selena memintal benang hidupnya ke jalan kegelapan semenjak pertemuannya dengan Tamus. Di sini Tamus hanya muncul di hadapan Selena. Dia yang membuka bakat petarung Selena yang terkunci bertahun-tahun dan sebagai imbalannya memberikan Selena suatu misi agar menjadi bagian dalam rencana dan masa depan besar Klan Bulan.

▪️Latar Tempat

Penyuka kehidupan sekolah fantasi pasti menyukai novel spin off ini. Berada dalam Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT) akan merasakan keseruan perkuliahan yang unik. Seperti malam-malam kuliah Malam dan Misterinya di suatu lembah yang berisi para gajah, bertarung dengan robot pada mata kuliah Teknik Bertarung, berjumpa tanaman unik di mata kuliah Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya. Serunya jadi mahasiswa (ABTT) punya kartu hologram yang berisi materi kuliah jadwal mata kuliah, nilai-nilai, dan informasi maupun pengumuman, sekaligus sebagai kartu akses ke berbagai gedung di kampus, dan juga bisa disinkronisasi untuk melakukan pembayaran. Seperti gadget multifungsi!

Tidak berkutat di dalam kampus, juga diajak berkeliling ke Kota Tishri, ibu kotanya Klan Bulan. Kotanya ada yang di perut bumi dan di permukaan. Kalau mau bepergian dalam kota naik capsul terbang, ke Tower Sentral (tempat berkantornya Komite Klan Bulan – penguasa tertinggi di seluruh Klan Bulan), Stasiun Sentral, Perpustakaan Sentral, bisa hingga Stasiun Stadion. Kalau mau lebih jauh ya naik kereta terbang.

▪️Ending

Inti Novel Selena adalah menceritakan siapa orang tua Raib yang sejujurnya. Sebenarnya sudah bisa ditebak bagian akhirnya tentang siapa orang tua Raib meskipun belum dijelaskan, namun dibuat penasaran dalam novel Nebula bagaimana kedua orangtua Raib jatuh cinta dan bagaimana bisa melahirkan Raib di Klan Bumi. So lanjutannya baca Nebula ya.

Eitss mesti novel Selena menceritakan kisah masa lalu guru Selena semasa menjadi mahasiswa, bukan berarti Raib, Seli, dan Ali tidak dihadirkan dalam novel ini. Mereka muncul kok mesti hanya pada bagian Epilog.

▪️Rate

🌟🌟🌟 8/10

Novel Nebula – Mulainya Petualangan Hebat yang Berakhir Tragis

Judul Buku : Nebula
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Maret 2020
Jumlah Halaman; Tebal : 376 hlm; 20 cm
Harga : Rp 85.000,-

▪️Judul

Nama-nama judul seri Bumi karya Tere Liye biasanya adalah nama klan dan nama orang/makhluk paralel. Karena nama ini belum melekat pada nama orang, sudah pasti adalah nama suatu klan. Bisa diketahui bahkan sebelum membaca keseluruhan isi novel Selena dahulu.

▪️Cover yang Kelam

Kelam karena covernya yang berwarna hitam. Jika cover judul-judul seri Bumi lebih cerah warnanya, tidak kali ini. Adakah duka yang menyayat atau bahkan kematian dalam cerita? Ini yang jadi pertanyaan dan penasaran sebelum membuka lembaran novel ini. Didukung dengan gambar tiga raksasa berambut lebat panjang pada cover depan seakan-akan bakal ada pertarungan hebat. Gambar-gambar lainnya adalah bangunan-bangunan tiang tinggi dengan balon-balon, kapsul-kapsul terbang, gunung-gunung, tugu tinggi menjulang dan yang menarik cawan bersinar. Sungguh akan disajikan dengan petualangan yang lebih menegangkan!

▪️Latar Tempat Baru

“Klan Nebula adalah klan paling kecil dalam Konstelasi Jauh. Selalu bergerak, berpindah poros. Tempat ini berbentuk lingkaran, dengan diameter sembilan kilometer. Tepi-tepinya adalah dinding menjulang tinggi hingga langit. Dinding itu bukan dinding batu biasa.” (hlm. 275).

Petualangan Selena, Mata dan Tazk berlanjut ke Klan Nebula, rencana yang sudah lama direncanakan dan baru berhasil di tahun terakhir mereka menempuh kuliah. Setiap klan memiliki keunikan tersendiri, begitu pun dengan Klan Nebula. Klan yang terus bergerak, malam seketika jadi siang dan siang seketika jadi malam. Sebenarnya teknologi mereka berkali lipat lebih maju dibanding Klan Bulan namun mereka hidup sederhana. Bahasa keseharian pun unik. Namanya Bahasa He-Oh, ngomongnya cuma “He-oh! He-oh! He-oh!”. Untungnya mereka memiliki alat penerjemah teknologi canggih jadi bisa berkomunikasi dengan Selena, Mata dan Tazk.

Yang Menjadikan Novel Selena & Nebula itu Istimewa… Yang Juga Saya Suka…

▪️Sindiran dengan Kenyataan di Bumi

Bukan Tere Liye kalau tidak menyisipkan sindiran. Dalam novel Nebula, seorang dosen Mata kuliah ‘Memahami Masalah Sosial dengan Ilmu Sosial’ meminta mahasiswa-mahasiswanya untuk membuka bab baru hal 17089 ‘Memahami Sifat Halu pada Orang-Orang yang Suka Pamer’. Bener-bener menarik bab mata kuliahnya. Yah, memang fenomena yang tengah terjadi di bumi ya gitu. Heran ya dengan artis yang hobi pamer dan ngaku-ngaku. Upss, jadi pengen ikutan membahasnya dalam kuliah tersebut. Sayangnya nggak dibahas di kuliahnya sama si dosen.

Kritik

Agak membingungkan pemindahan sudut pandang orang pertama’ aku’ dari Selena yang dari awal cerita hingga akhir tiba-tiba menjadi ‘aku’ si Raib. Mungkin buat yang belum pernah membaca seri Bumi bakal tidak tahu kalau penulis sudah menggunakan tokoh utama Raib dengan sudut pandang orang pertama dari awal. Pada bagian Epilog novel Selena, tertulis ‘kembali ke masa sekarang’ lalu ‘aku terdiam’ dan ‘aku masih bisa melihat Miss Selena’, saya juga baru menyadari kalau ‘aku’ yang dimaksud adalah Raib.


Apakah kisah ini sudah berakhir? Oh tidak, ini awal mula dari semuanya karena justru awal terbukanya kembali portal Klan Aldebaran. Klan paling hebat yang paling saya nanti-nanti. Sangat excited jika nanti Tere Liye mencetak buku tersebut.

Well, sampai jumpa semuanya…. Kedua novel fantasi ini alurnya ringan dan bahasanya mudah dipahami untuk para remaja hingga orang dewasa. Cocok pula buat yang rindu kuliah kembali, rasakan dunia fantasi kuliah hanya di Novel Selena & Nebula 😉

See You!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s