Jenuh Selama Karantina, Hidupkan Dengan Kegiatan Positif

“Waktunya bangun, udah saatnya.”

Mata yang setengah terbangun menatap jam dinding. Sudah hampir pukul 4 subuh. Beruntung saya dibangunkan teman sekamar di mess yang juga rekan kerja. Memang waktunya saya harus kerja pagi-pagi itu untuk persiapan loading barang. Rasanya otot-oto kaku semua dan nggak rela bangkit dari kasur. Padahal saya baru bisa tidur jam 12 malam setelah shift malam menyelesaikan kerjaan di pabrik. Jam tidur yang hanya sebentar itu membuat saya menginginkan hari dimana saya bisa tidur panjang mengganti hari yang lelah ini. Sungguh rindu pulang ke rumah.

Hari itupun datang saat akhirnya saya #DiRumahAja. Kondisi pandemi global yang tengah dihadapi dunia memaksa beberapa orang harus work from home demi memutus rantai penular. Untungnya work from home tuh jadi punya waktu luang, entah buat me-time, atau juga kumpul bareng keluarga. Sejenak kerja dari rumah tuh kayak ngerasain liburan di rumah. Tapi kalau kelamaan di rumah tentunya makin bikin stress kan. Aneh memang menjadi manusia. Diberikan kesibukan kerja di kantor malah menginginkan libur. Pas dapat ‘libur panjang’ malah ingin kembali kerja ke kantor. Sungguh plin plan kan, hahaha.

Selama masa karantina di rumah tentunya sangat membosankan. Ya karena tidak bisa kemana-mana pastinya. Saya tahu saya bukan yang paling menderita di dunia ini gegara virus COVID memporakporandakan kondisi kini yang bikin kegiatan tidak normal sebagaimana mestinya. Jika saya masih memiliki sumber penghasilan, lain halnya mereka yang berkurang penghasilannya karena kerjanya di luar rumah. Harusnya saya lebih bersyukur dalam kondisi ini dan tidak sepantasnya mengeluh.

Saya bersyukur kini di rumah bersama keluarga, bukan lagi berada di perantauan yang hidup sebatang doang. Di masa-masa ini saya bisa mensyukuri apa yang selama ini terlewati, khususnya quality time dengan keluarga. Saya bisa bercengkerama langsung dengan mereka tanpa perlu mengabari dari perantauan seperti dulu. Yang paling saya syukuri, saya bakal bisa merasakan suasana Ramadhan dan Lebaran bersama keluarga.

Tapi tetap saja ya berada di rumah tuh bikin jenuh. Tapi masak harus berlarut-larut menggerutu melulu? Sudah dua bulan lebih masa karantina di Indonesia berlangsung, saatnya move on, ada hal-hal yang bisa dilakukan selama #DiRumahAja. Saya punya tips buat yang jenuh dan sudah mati gaya biar tetap produktif.

1. Buat yang berada di perantauan jauh dari keluarga, tetap jalin komunikasi dengan mereka untuk mengabarkan keadaan. Lakukan telepon chatting, bahkan video call. Jalin komunikasi juga dengan teman-teman yang sudah tidak bisa diajak nongkrong karena terhalang kondisi. Saling tukar cerita dan saling support.
2. Cobalah kembali terhubung dengan ambisimu yang sebelumnya tidak bisa dilakukan karena harus beraktivitas dari luar. Seperti mengembangkan kemampuan menulis puisi, ketrampilan menjahit, membaca buku yang belum kelar. Lakukan saja apapun yang menarik minat.
3. Pelajari banyak hal dari rumah yang belum pernah kamu tahu sebelumnya. Bisa belajar bahasa baru, memasak hidangan yang belum pernah dicoba. Jangan malas mencoba.
4. Manjakan diri
Berada di rumah adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Bisa menghabiskan beberapa jam untuk menonton drama korea atau dramaerial di Netflix, memesan makanan yang tengah promo di aplikasi online, mendengarkan musik dan atur playlist favorit hingga melakukan treatment kecantikan secara mandiri. Ini me time yang pastinya bisa diluangkan.

Nah, kalau saya sendiri bagaimana? Selama masa karantina, saya juga punya kegiatan positif dalam keseharian.

Ini yang Saya Lakukan Selama Masa Karantina

  • Mengasah Skill Masak

Ini kegiatan baru saya. Sejujurnya saya bukan wanita yang sering masak, itu karena setiap saya masak hasilnya kurang memuaskan hahaha. Lagi pula ibu saya juga jarang masak di rumah, seringannya membeli makanan di luar untuk dikonsumsi di rumah. Tapi sekarang karena terpaksa harus stay di rumah dan nggak bisa leluasa keluar setiap hari, mau tak mau harus punya stock bahan makanan untuk diolah sebagai makanan. Akhirnya saya pun tertantang juga untuk bisa memasak. Pertama kalinya saya bisa masak sayur yakni sayur bening. So proud of me deh, itu pun juga percobaan awal sempet gagal tapi bisa diperbaiki πŸ˜…. Mulailah suka mencari resep-resep masakan, entah dari Youtube hingga Instagram. I successfully membuat cilok, puding, ya makanan sederhana saja 😁 Ya meskipun hasilnya memang tidak memuaskan lidah, setidaknya my brother yang selalu suka apa yang saya masak bisa bantu melahapnya. Explore new things to do, why not kan?

  • Berkebun, Menanam Tanaman Baru

Halaman rumah sekarang bermekaran bunga-bunga kecil berwarna pink. Pemandangan yang menyenangkan kala pagi hari, hanya waktu pagi bunga-bunga itu bermekaran. Berkat ibu, bunga-bunga itu tertanam. Awalnya saya kurang suka tanaman yang nampak rerumputan itu, tapi saat melihat bunga-bunga mekar indahnya, saya jadi jatuh cinta dan senang untuk menyirami setiap sore. Tidak hanya bunga, saya juga menyirami tanaman ketela, jagung. Kakakku yang menanam palawija tersebut kala pandemi ini, yang dimulai oleh ibu yang menanam pepaya. Pekarangan yang dulunya nganggur kini ada penghuninya. Semangat berkebun yang dimulai ibu membuat kami sekeluarga jadi senang berkebun pula.

  • Membuat Kreatif Konten

Stay at home menjadikan tidak harus terjebak macet, jadinya punya waktu luang banyak yang bisa saya manfaatkan untuk mengerjakan passion saya yang suka makeup dan membuat video kreatif. Jadilah konten kecantikan bisa saya produksi lebih banyak ketimbang hari hari sibuk ketika bekerja di luar. Menjadi konten kreator di Instagram dan Youtube adalah kesenangan yang bisa saya nikmati dari rumah di masa pandemi ini. Selama #DiRumahAja nih, makin kreatif aja, ide-ide makin ngalir buat bikin konten 😁

  • Merapikan dan Memilah Barang-Barang

Setahun sudah menyukai barang-barang makeup dan skincare, nggak nyangka koleksi saya jadi bertambah. Tiap ada barang baru, saya hanya menaruhnya saja, hingga akhirnya semua berantakan. Pengen banget sih merapikannya namun kesibukan setiap hari jadi kelupaan melulu. Ya mumpung stay at home aja nih, saya bisa merapikan kosmetik. Terilhami dari metode Marie Kondo yang ngajarin hidup minimalis. Saya mulai memilih mana yang harus disimpan, juga melihat tanggal kedaluwarsanya. Ternyata banyak juga kertas bungkus paketan yang masih saya simpan, botol-botol skincare yang sudah habis. Jadi lega melihat Barang-barang itu rapi, jadi ngambil barang gampang sekarang. Saya membedakan mana produk yang bakal akan dipakai, produk baru yang belum kepakai. Pintu rak yang biasanya susah dibuka karena ada beberapa barang di dalamnya nyangkut kini gampang membukanya.

  • Manjakan Diri dengan Perawatan Tubuh

Sedihnya masa karantina ini tidak bisa melakukan perawatan wajah ke klinik kecantikan dan perawatan rambut ke salon. Bukan berarti masa karantina jadi tidak menyenangkan, saya jadi bisa melakukan momen perawatan sendiri. Selama #DiRumahAja saya tidak pernah skip menggunakan rangkaian skin care agar kulit terlihat lebih kencang, dan sehat. Bukan berarti harus di rumah harus bermalas-malasan kan merawat wajah. Must care. Untuk menambah kilau cahaya wajah pun saya maskeran pakai produk buatan (dengan sheet mask, peel off) maupun alami (madu, lemon, putih telur atau oatmeal).

Dan karena nggak bisa ke salon untuk perawatan rambut, saya pun perawatan sendiri di rumah. Padahal kalau ke salon tuh peralatannya lengkap banget. Maklum lah ya kalau di rumah saya cuma pakai shampoo doang, nggak pernah tuh pakai kondisioner (eits jangan ditiru ya, hahaha) karena saya aslinya nggak telaten dengan tahapan tersebut. Lama-lama rambut yang saya biarkan tak terurus, makin lepek aja, terlihat nggak oke kalau cuma shampoo doang. Akhirnya pas saya menemukan rangkaian produk Emeron Complete Hair Care yang terbaru, saya jadi ngerasa ini pas buat saya lakukan sendiri di rumah.

Emeron Complete Hair Care, Perawatan Rambut Halus dan Lembut dari Rumah

Selama karantina di rumah, saya tidak bisa berdiam saja untuk membunuh kebosanan. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Namun aktivitas juga terganggu dan bikin nggak percaya diri saat keadaan rambut jadi kasar serasa nggak keramasan selama sebulan. Itu yang dikatakan orang rumah. Katanya mentang-mentang di rumah saja dan nggak ketemu banyak orang jadi malas ngurus rambut. Duh padahal kan saya juga rajin keramasan (sambil nyesek njawabnya).

Nggak betah sih dengan rambut kering yang ujung-ujungnya bikin rambut menjadi rapuh.
Ternyata pakai shampoo saja nggak cukup loh! Setelah saya cari tahu jawabannya dari googling. Shampoo sifatnya hanya membersihkan saja. Makanya disarankan untuk pakai pelembut rambut atau hair conditioner pada batang rambut setelah memakai sampo. Lanjut pemakaian hair vitamin untuk menutrisi akar rambut.

Ah, saatnya harus mendengarkan apa keinginan rambut saya. Meski #DiRumahAja, rambut harus tetap ternutrisi dan sehat ya.

Selama ini saya yang ngotot melakukan perawatan rambut di rumah cuma pakai shampoo, akhirnya luluh juga demi kesehatan rambut. Mulailah saya mencari perawatan rambut lengkap yang menggunakan Condotioner dan Hair Vitaminnya juga. Pas saya bisa keluar rumah sekaligus belanja bulanan, saya juga cari-cari shampoo. Saya menemukan Emeron Complete Hair Care yang terdiri dari Shampoo, Conditioner dan Hair Vitamin. Dari enam pilihan Emeron Complete Hair Care yang berbeda, saya lebih suka Soft & Smooth kemasan pink. Selain warnanya yang emang unyu dan girly, varian ini sesuai dengan kondisi rambut saya. Bagusnya Emeron Complete Hair Care ini mengandung formula Active Provit Care yang sangat baik untuk rambut karena punya beragam bahan alami mampu yang memberikan nutrisi tepat kepada rambut.

Nggak salah saya pilih rangkaian Soft & Smooth ini yang bisa mengembalikan kelembaban rambut, dengan kaya Active Provit Amino Sun Flower. Formulanya yang disempurnakan dengan teknologi Jepang, ACTIVE PROVIT AMINO, diperkaya oleh khasiat bunga matahari bekerja untuk menutrisi setiap helai rambut jadi lembut dan mudah diatur.

3 Langkah Perawatan Rambut Dengan Emeron Complete Hair Care

Rangkaian Emeron Complete Hair Care yang terdiri Shampoo, Condisioner dan Vitamin, ribet nggak sih tahapan pakainya?

Eits nggak kok. Saya akan perkenalkan satu per satu dari rangkaian produk Emeron ini dan apa saja manfaatnya untuk rambut. Yuk dengarin cerita saya gimana merawat rambut ala rumahan dengan Emeron.

1. Bersihkan rambut dari minyak dan kotoran tersembunyi menggunakan shampoo sambil dipijat lembut kulit kepala. Emeron Nutritive Shampoo Soft & Smooth fungsinya Membersihkan & Menutrisi. Formula Active Provit Amino-nya mengandung beragam bahan alami inilah yang mampu memberikan nutrisi tepat kepada rambut.
2. Lanjut pakai mengunakan Emeron Nutritive Conditioner Soft & Smooth untuk menghaluskan. Karena pakai shampoo saja kan nggak cukup. Saat keramas, kandungan minyak di kulit kepala akan hilang dan terasa lebih kering dari biasanya. Nah, biar kandungan minyak kembali normal, penting untuk gunakan kondisioner usai keramas yang sesuai kondisi rambut.
3. Setelah selesai keramas, biarkan rambut dalam kondisi setengah basah, berikan Emeron Hair Vitamin Soft & Smooth yang berbentuk kapsul. Tuangkan isi kapsul ke tangan lalu usapkan secara merata pada batang rambut. Fungsinya untuk memberikan nutrisi lebih pada rambut.

Jadi udah tahu kan urutan pakainya? Rangkaian lengkap perawatan rambut dari Emeron dengan maksimal bakalan bikin bebas dari masalah rambut.

Aktivitas Selama Karantina di Rumah Makin Seru Karena Emeron

Kalau sore hari sudah lelah beraktivitas, apalagi kalau sudah berkebun, gerah rasanya rambut ini. Langsung deh keramasan dengan rangkaian Emeron Complete Hair Care. Nggak lagi saya merasakan rambut kusam ataupun kering, rambut halus berhasil saya kembalikan

Rambut indah dan sehat idaman wanita kini bukan khayalan. Dengan Emeron Complete Hair Care, rambut jadi fresh dan indah sepanjang hari meski hanya #DiRumahAja. Mulai dari bangun tidur, rambut sudah terasa mudah diatur. Setiap helainya jadi halus dan lembut, mudah diatur dan berkilau. Layaknya sahabat yang selalu mengerti saya, Emeron mendukung aktivitas sehari-hari untuk tampil cantik dan percaya diri.

Saatnya kamu juga dengarkan rambutmu, #DengarkanHatimu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s