Thanks 2019 : Mengenal Makeup Hingga Menjadi Beauty Content Creator

 

Hai

Ini post pertamaku di tahun 2020

Kilas balik tahun 2019, tidak ada yang spesial sih. Sebenarnya lebih banyak mengeluh dan penuh emosional. Status pekerjaan masih begini-begini saja. Lagi di fase quarter life crisis ๐Ÿ˜ฆ yang rasanya benci dengan diri sendiri, benci dengan kehidupan yang dijalani ini.

Beruntungnya aku memilliki banyak kenangan yang terekam dan terpotret di handphone. Tahun 2019 ini aku banyak sekali menyimpan foto dan video semenjak mempunya handphone baru di akhir tahun 2018. Alhamdulillah sih resolusi kamera bagus dan memory nya banyak bikin betah. Bahkan memory 128 GB sudah hampir penuh, itu pun sudah dikurangi dengan cara dihapus. Ya meski kebanyakan itu foto-foto wajah aku sendiri sih, hahaha.

Memory itu yang menuntun aku mengunjungi hidupku di tahun 2019, ngapain aja sih? Berkaitan dengan aku yang cuek sama wajah mendadak mengenal makeup? Nggak terduga banget sih bisa buat beauty konten.

Mungkin bisa menjawab pertanyaan kamu yang nanyain kabarku (eh kamu siapa, hiyahahah)

Pertama Kali Ikutan Beauty Class, Februari 2019

Firstly, I tell you. Soal makeup, aku cuma pakai bedak, BB cream, lipstik, dan juga alis (yang ini jarang pakai ya karena nggak bisa pakai, cuma punya aja). Semuanya itu merek Wardah. Lalu akhir tahun 2018 aku menang kuis dari Lโ€™oreal dan mendapatkan makeup berisi eyeshadow, pensil alis, lipstik, dan mascara. Wow! Punya paket makeup ini aku sempat bingung, mau aku apain sih. Baru awal tahun, pas temanku nikah, aku pakai aja makeup ini untuk datang kondangan. Nggak cuma seorang teman yang nikah, dua teman yang nikah awal tahun itu. Otak atik makeup di wajah bikin suka aja pakai makeup akhirnya.

Nah, ketika ada Beauty Class dari Wardah Solo bulan Februari, langsung deh aku excited daftar apalagikan brand ini makeup kesukaanku. Jarang banget sih kota kecilku ada event seperti ini, kan kapan lagi kalau nggak ikutan. Emang dari awal mau berangkat udah niat banget buat video selama Beauty Class itu untuk nantinya diupload di Youtube. Mumpung memory banyak dan kamera bagus gitu yihahaha.

Eh kenapa jadinya upload video di Youtube, emang mau jadi Youtuber? Kenapa nggak share di Instastory aja?

Eitss, aku nggak kepikiran kok jadi YTber (lagian nembus 4000 jam dan 1000 subscribers dalam setahun biar dimonetize YT tuh susaaah dan sangaat jauhhh tahuuu!!!), ya karena videonya panjang jadi mending cocok dishare di YT aja kan. Lagian link video di YT kan bisa aku share kemana-mana dan bisa diputar kembali buat belajar. Ya hanya sekedar Pengen berbagi ke teman-temanku, produk Wardah apa saja sih yang dipakai makeup, memang sih banyak dari mereka yang penyuka Wardah, mungkin kalian salah satunya ya kan.

Nah ketika upload foto hasil makeup beauty class-ku di story Whatsapp, pada tanya itu pakai produk apa aja. Daripada jawab panjang lebar, langsung kubilangin untuk nunggu videoku jadi heheh. Videonya kelar edit dan bisa upload di Bulan Maret.

Setelah sekian tahun nggak upload video di channel Youtube-ku terakhir 2016, ini video makeup pertama yang kushare di channel Youtube-ku. Video yang menjadi permulaan kemunculan video makeup lainnya di tahun 2019.

Boleh dong subscribe channel Youtube aku, please, hiyahahaha

Nyicil Makeup

Melihat produk-produk makeup Wardah, aku jadi punya list makeup apa saja yang ingin kubeli. Akhirnya keturutan beli Wardah Lip Cream shade 03 Oh so Nude (cewek punya satu lipstik tuh kurang ya, hiyahahaha). Juga Blush & Highlighter Pallete-nya Focallure, nah buatย  pemula belinya yang multifungsi aja. Sengaja sih beli ini buat nambahin alat makeup yang kupunya buat datang ke acara wisuda kakakku, awal Bulan April. Eh, kenapa aku yang rempong ya kepengen cantik di hari berbahagia ya, hiyahahahaha. Ya kan acara itu buat aku punya alasan jadi cantik dengan makeup.

Ikut Beauty Class Lagi, April 2019

Ketagihan ikut Beauty Class, jadi pengen ikut lagi. Sayangnya kan kotaku bukan seperti kota besar yang setiap bulan mesti diselenggarakan beberapa kali Beauty Class oleh brand makeup. Sampai kepikiran, apa ikut Beauty Class di Solo/Jogja aja ya. Tapi urung kulakukan sih ya mengingat akomodasi juga, lagian aku mikirnya ngapain sih jauh-jauh ke sana kalau ikut gituan tapi ntr nggak diseriusin. Ya sih, aku cuma sekedar main-main saja dengan makeup.

Nah, event itu datang lagi di Bulan April, kurang selebih seminggu setelah menghadiri wisuda kakak. Kali ini oleh Natasha Ponorogo. Bulan sebelumnya ternyata Natasha sudah mengadakan Beauty Class, hanya saja aku ketinggalan info. Lagi-lagi aku juga buat video selama acara berlangsung. Ketagihan bikin video karena seru dan aku emang suka edit-edit video sih. Buat video tuh ngasah otak jadi kreatif gitu, ya meski editanku masih abal-abalan, yihahahaha.

Check this video, gaesss!

Gabung Komunitas Beauty, April 2019

Semenjak mengenal makeup bikin aku kecanduan pengen mengoleksi banyak makeup. Kepikiran akhir tahun 2018 aku dapat makeup gratis, makanya aku berburu info giveaway yang bisa kuikuti. Banyak gagalnya sih pasti. Akhirnya dapat info dari salah seorang di Instagram, kalau ada komunitas beauty @beautyinfluencersurabaya tengah butuh beauty enthusiast untuk mereview produk makeup. Tahu bakalan dapat produk makeup gratisan, segera aja aku daftar. Aku langsung dimasukkan ke dalam Group Utama komunitas itu bukan group project (seingatku dulu gitu sih) jadi secara nggak langsung jadi membernya.

Produknya datang di akhir Bulan April. Nggak tanggung-tanggung dapat box makeup produk Fanbo isinya 6 lipstik, 1 mascara, 1 pensil alis, dan 1 eyeliner. Tugasnya buat foto dan video disertai review dan dishare di akun Instagram. Gitu aja sih tapi rada malunya itu loh mendadak feed IG ku jadi sok kemayu gitu, hiyahahahaha. Dan itulah project pertama aku. Mungkin udah bisa dikatakan jadi Beauty Content Creator? Entah ๐Ÿ˜€

View this post on Instagram

Dapat box unyu dari @fanbocosmetics yang isinya juga unyu2 Isinya inovasi produk terbaru dari @fanbocosmetics : . โžก๏ธPrecious White Eye Brow Natural Gray Eyebrow pensil dengan kandungan Castor Oil dan Vit. E membuat olesan tahan lama dan menjaga kulit agar tetap sehat. . โžก๏ธPrecious White Eyeliner Pen Natural Black Bentuk pen yang mudah diaplikasikan dan memberikan warna pigmented dalam sekali poles. . โžก๏ธPrecious White Perfect Lash Mascara Mascara bentuk Lash yang diperkaya dengan ekstrak charmomile untuk mempertahankan keindahan alami bulu mata dan membantu mencegah iritasi pada kulit kelopak yang sensitif. โžก๏ธPerfect Pairs Lip & Cheek terdiri ๐Ÿ‚01 Cuddling Nude, ๐Ÿ‚02 Playfull Kiss dan ๐Ÿ‚03 Romantic Red. Ini tuh lip cream yang memiliki tekstur Powder yang dapat digunakan di bibir dan di pipi. 2 IN 1 benefit lah. Mengandung mircrocoated particle yang mampu menyatukan olesan warna pada pipi dalam sekali pulasan. Vit. E & UV Filter juga terkandung di dalamnya. . โžก๏ธPerfect Pairs Lip & Eye terdiri ๐Ÿ‚01 Flirty Dinner, ๐Ÿ‚02 Garden Party dan ๐Ÿ‚03 Dancing Queen. Lip cream agak Powder yang memberikan 3 in 1 benefit yakni pewarna bibir, Liquid Eyeshadow, dan Highlighter. Mengandung Mineral Micro Shimmer yang memberikan kilauan pada wajah, juga mengandung vit. E & UV Filter. . . . .. Yang nggak sabar gimana hasil make upku pakai produk Fanbo, tonton video lengkap di channel YT : Aprilia Fatmawati Santoso atau klik link on bio ๐Ÿ”๐Ÿ” Bisa juga lihat di next post. . #BISxFanbo #sbybeautyinfluencer #fanbocosmetics #BEAUTYINFLUENCERSURABAYAxFANBOCOSMETICS @beautyinfluencersby

A post shared by ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹PRIL PROL PRAL ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹ (@prilalapril) on

Awalnya ngincer produk gratisan akhirnya โ€˜terjerumusโ€™ masuk ke komunitas beauty. Setelah project selesai, kepikiran sih mau keluar dari group, tetapi dipikir-pikir punya teman sepassion yang suka makeup tuh seru banget bisa saling support satu sama lain, akhirnya nggak jadi deh .

Gabung menjadi member komunitas itu harus aktif buat konten beauty di Instagram (ini wajib) dan juga mesti punya akun Youtube dan Blog (kalau blog nggak harus sih). Pas aja lagi suka edit video untuk bisa diupload ke Youtube, jadi masuk ke komunitas ini tuh dukung passion aku banget.

Pertama Kali Buat Video Tutorial Makeup, Juni 2019

Selepas mengikuti dua event Beauty Class dan mendapatkan sertifikat, lantas apakah aku sudah mempunya skill makeup? Not yet.

Lihat teman-teman Beauty Creator yang share video tutorial mereka di IG, aku jadi ingin membuat juga. Dengan alat makeup seadanya yang kupunya, aku pun memberanikan diri membuat tutorial makeup ala aku.

Aku cuma berani share di channel Youtube, bukan di IG ya, karena di Youtube pastinya bakalan sedikit yang nonton. Lah sharing video kok nggak pengen dilihat, maksudnya gimana sih? Ya, aku masih malu sih publish hasil video kepada teman-teman terdekatku kalau uploadnya di IG, hiyahahaha, just untuk konsumsi pribadi aku aja nih videonya kalau di Youtube.

Bulan Ramadhan itu aku produktif buat 4 video. Maklum i aja sih ya awal-awal semangat lagi menggebu-gebu. Aku sering nonton video Youtube dari Pony Syndrome, si Beauty Guru asal Korea, sebagai referensi video yang keren. Tiga di antaranya aku sesuain dengan bulan itu, yakni Makeup Sahur (Gak jelas sih ya, just for fun aja, hiyahahaha), Makeup Bukber, dan Makeup Lebaran. Ya meski hasil makeup-nya biasa aja sih, produk makeup-nya pun itu aja itu aja.

Kollab Makeup Bersama Member Komunitas Beauty, Juli 2019

Dulu pas lihat anak-anak Beauty Creator dalam suatu komunitas buat makeup dengan tema tertentu bahkan banyak anehnya dan dishare bareng-bareng (disebutnya kollab makeup), aku pernah nyinyir dalam hati nggak bakalan deh ikutan yang gituan, malu. Nah, pas udah gabung komunitas, aku berjanji dalam diri nggak bakalan ikut deh, cuma pengen produk gratisnya aja (niat yang nggak baik nih, hiyahahaha). Eh, pas open kollab, aku malah daftar. Lah malah kemakan omongan sendiri (emang sering gini deh aku tuh).

View this post on Instagram

NIKAH MASSAL๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜ WEDDING DAY || . . Maafkan shadingku yang over, ini namanya Shading Membual๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ . But Happy because this is My first collab ๐Ÿ’™ . Happiness and confidence are the prettiest things you can wear on your wedding day – taylor swift . And this is my wedding makeup collaboration with my girl gang @beautyinfluencersby, swipe left to see my prettiest bride . . . Frame 1 @ekaaprilianadewi @magdalena_bhe @flowrindesu @putritujuh @sweetirtup @monikanadhiaf @nrl1996 @ochix_zakiyah . . Frame 2 @inii.nadia_ @kamilah_hasna @gadishayu @noniamira26 @wuryretno @fidia.aristina.real @marzamaurylla @dintaaprtw . . Frame 3 @ajengshari @putrimtiya.z @mirailfi.nd @vieindrii @prilalapril @rheezthi @geraldinetasya @rosamaelona . . Frame 4 @dayanghardiant @stellachristyy @tulipakasia @masayufirda @aldildila @mamanarasi @aiss615 @julyedclaudia_dashinta . . #sbybeautyinfluencer #BIScollab #BISweddingcollab #BISmanten . #MUAPacitan #MakeupPacitan #WeddingMakeup #BeautyEnthusiast

A post shared by ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹PRIL PROL PRAL ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹ (@prilalapril) on

Tapi seru sih ya. Jadi mau asah skill makeup nggak sendirian, ada teman-teman sepassion yang ngelakuin juga. Akhirnya ketagihan explore makeup (kadang buat look sendiri tanpa ikut kollab makeup tapi kebanyakan juga ikut kollab komunitas kok, aku ikut lebih dari satu komunitas) hingga suka makeup yang aneh-aneh juga sih (lah makin kemakan omongan sendiri kan).

View this post on Instagram

Simbahnya Pilpil . Bukan nenek kebayan atau opah-nya upin ipin yeeee . . ============== Products : ============== ๐Ÿ‘ต@maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation '#202 Natural Beige' ๐Ÿ‘ต@johnsonsbaby_id Powder Blossoms ๐Ÿ‘ต@beautycreations.cosmetics Tease Me Eye Shadow Palette ๐Ÿ‘ต@fanbocosmetics Precious White Eyeliner Pen 'Natural Black' ๐Ÿ‘ต@fanbocosmetics Precious White Perfect Lash Mascara ๐Ÿ‘ต@maybelline Fashion Brow Color Drama Mascara Eyebrow 'Deep Brown' ๐Ÿ‘ต@fanbocosmetics Perfect Pairs Lip & Cheek '#03 Romantic Red' ๐Ÿ‘ต@fanbocosmetics Perfect Pairs Lip & Eye '#03 Dancing Queen' . . . #AgeChallenge #AgeChallengeMakeup #OldLookMakeup #makeupkarakter #beauty #sbybeautyinfluencer #beautybloggerindonesia #creativemakeup #makeupinspirasi #makeupkreatif #MakeupTutorial #100daysofmakeup #indobeautygram #indobeautyvlogger #indobeautysquad #indobeautyblogger #indobeautymakeup #faceapp #faceappchallenge

A post shared by ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹PRIL PROL PRAL ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹ (@prilalapril) on

Menghadiri Gathering Komunitas Beauty, Agustus 2019

Komunitas aku, @beautyinfluencersurabaya, merayakan satu tahun komunitas sudah berjalan. Acaranya di Surabaya, masih seprovinsi-lah dengan kota tempat tinggalku. Awalnya sempat ragu sih mau datang ke Surabaya (ya bimbang uang sih, hiyahahah, selain mikir uang transportasi juga biaya daftar gatheringnya sih) ย tapi karena acaranya worth-it sih dengan banyak brand yang mendukung jadinya aku ikut. Lagian pas hari sebelumnya aku ada acara di kota Kediri, jadi bisa jangkau ke Surabaya deh next day-nya. Berangkat dari Malang (aku nginep di rumah teman) bareng teman komunitas yang asalnya Malang (dia yang bujuk aku supaya ikut gathering), jadi nggak sendirian deh ke sananya.

Seru banget acaranya. Bisa bertemu dengan teman-teman komunitas yang selama ini hanya say hi lewat group Line dan IG, bisa ketemu langsung akhirnya. Yang berkesan tuh, ada game cepat-cepatan pasang softlens dan itu pertama kalinya aku pakai soflens. Sumpah ya lamaa banget pasangnya. Check this video deh, apakah aku berhasil pasang atau tidak, hiyahahaha.

Pulang-pulang bawa banyak goodie bag yang value-nya kalau ditotal hampir 2 jutaan mungkin. Nggak nyesel deh datang. Pastinya nggak sekedar free ya dapat semua itu, mesti direview semua produknya. Jadi sepulangnya dari Surabaya dapat project banyak.

View this post on Instagram

Mumpung hak gaya-gayaan belum dirampas, silahkan bereskpresi sekreatif2nya ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜ŽSefruit gaya dari aku yang bisa dicontoh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . . Siapa tahu habis pamer sunglasses unyu yang kekinian ini, ada yang ngejak liburan ๐Ÿ˜‰ Siapa tahu habis pamer kacamata kotak model classic yang cukup minimalis ini, ada yang ngejak nonton konser kpop ๐Ÿ˜‰ . . Ampun, frame nya @rizkyshop.14 cocok buat mukaku yang bulet kek donat ini ๐Ÿ˜š๐Ÿ˜š Kayaknya kupengen ganti kacamata minus dengan bentuk kotak ini ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ pastinya kudapat dari gath @beautyinfluencersby lalu dong ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Check ig @rizkyshop.14, banyak koleksi kacamata yang bikin gaya trendy nggak habis habis. ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž . . #bisturningone #biscollabreview #bisxrizkyshop14 #qupas #sunglasses #glasses

A post shared by ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹PRIL PROL PRAL ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹ (@prilalapril) on

Menghadiri Beauty Hackaton Jogja, Oktober 2019

Aku udah ngincer acara ini sih yang membekali ilmu bagi beauty content creator pemula. โ€œHow to become a successful beauty vloggerโ€. Nggak tanggung-tanggung peserta yang hadir bisa mendapatkan goodie bag (Loreal/Maybelline) dan bisa menyelenggarakan giveaway worth 2.5 juta untuk follower mereka. Sayangnya acaranya kerap diselenggarakan di Jakarta, sekali di Bali. Jadi pas tahu akan diadakan di Jogja, aku daftar. Lumayan terjangkau dari kota tempat tinggalku di perbatasan provinsi, 4 jam perjalanan. Syarat daftarnya cuma upload foto Matte Look. Alhamdulillah lolos. Free, cukup datang saja.

Padahal ya, sempat galau mau berangkat, nggak punya uang sama sekali, hiks. Belum juga konfirmasi kedatangan karena bingung gimana mau perginya. Sempat curhat ke teman komunitas, pada bilang โ€œemang kalau nggak datangโ€ hmm ya juga sih. Terpaksa deh aku minta uang ke kakakku (Duh hina ya udah besar minta uang, ya mau gimana lagi aku pengen banget datang sih).

Di Beauty Hackaton Jogja, aku bisa ketemu dengan Beauty Influencer Kak Heidianatjahjadi dan Kak Cittaf yang ngajarin cara membuat konten. Ilmu yang mereka ajarkan bermanfaat banget deh. Goodie bag yang diberikan adalah sepuluh shade Maybelline Sensational Liquid Matte. Prakteknya di lokasi, kami diminta membuat challange video singkat / foto dengan membuat ombre lips.

Meskipun aku gagal memenangkan challenge tersebut, aku mendapatkan hadiah lain sebagai penanya dan pemenang salah satu post foto acara tercepat. Alhamdulillah, doule hadiahnya.

Sepulang dari acara, kami diminta lagi membuat video swatch lip menggunakan sepuluh shade Maybelline Sensational Liquid Matte.

Setelah itu baru deh, bisa nyelenggarakan giveaway di akun Instagram.

View this post on Instagram

๐ŸšซCLOSED๐Ÿšซ ๐Ÿ™GIVEAWAY๐Ÿ™ . Udah kena racun Maybelline Sensational Liquid Matte dari aku kan? ๐Ÿ™ Nah sesuai janji, aku adain Giveaway nih bersama Maybeline ๐Ÿ™ Nggak tanggung tanggung total hadiah 2.5 Juta!!!!!!! Pemenangnya ada 5 orang masing-masing bakal dapetin produk random Maybelline senilai 500rb!๐Ÿ™ . ๐Ÿ™ Rules nya – 1. Follow IG aku @prilalapril 2. Subscribe YOUTUBE CHANNEL aku : Prilalapril 3. Tonton video Youtube aku tentang "Maybelline Sensational Liquid Matte" (link di bio) lalu komen nama & username IG kalian di video itu 4. Next, komen di foto di bawah ini, tulisan alasan kenapa kamu ingin mencoba produk @Maybelline dan tag 3 orang teman kamu utk ikutan juga, sertakan hashtag #BeautyHackathonLorealid #MatteLangsungNyaman #PrilalaprilXMaybelline . ๐Ÿ™ Aktif di Instagram dan Youtube aku ya akan makin gede kesempatan menang๐Ÿ™ Boleh juga share giveaway ini ke instastory kamu biar teman2 lain tahu. . Giveaway berlangsung sampai tanggal 5 Desember 2019. Pengumuman tanggal 7 Desember 2019. Good Luck LOOVVVV๐Ÿ™๐Ÿ™ . . #maybelline #maybellineindonesia #maybellinesensationalliquidmatte #maybellineid #giveawaymakeup #giveawayindonesia #giveawaymaybelline

A post shared by ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹PRIL PROL PRAL ๐Ÿ’‹๐Ÿ’‹ (@prilalapril) on


Well, tahun 2019 penuh kejutan sih. Menjadi beauty content creator membuatku jadi terbuka dengan diri sendiri yang sebelumnya pemalu. Yah, sebenarnya masih malu-malu juga sih. Sebenarnya sedikit dari teman real aku yang support saat aku unggah tutorial kecantikan, makeup art, hingga review produk, tapi karena punya teman-teman sepassion dari komunitas bikin aku โ€˜nggak punya maluโ€™ melakukannya, hiyahahaha.

Banyak sukanya sih melakoni ini semua, bisa punya stock skincare dan makeup yang nggak perlu beli untuk beberapa bulan ke depan (asal tahu aja nggak semua dapat endorse dari komunitas, juga hasil hadiah giveaway sih ya). Tapi melelahkan? Ya ada juga sih ya pas membuat konten. Butuh tenaga waktu, kadang moody-an.

Menjadi beauty content creator apakah menjanjikan sebagai lahan penghasilan? Sejauh ini belum sih ya. Wajarlah toh aku baru jalan setengah tahun. Aku hanya melakukan semuanya hanya sekedar senang-senang saja karena ya suka. Belum pernah tuh dapat endorse dibayar uang, hiyahahaha.

Ada nih temanku yang bilang, โ€˜kan punya Youtube pasti banyak yang dong?โ€™ pas dia minta traktiran. Hmm, dikiranya subsciberku ratusan ribu kalii ya yihahaha. NO..NO..NO.. Duh mau seribu subs aja kayaknya beberapa tahun yang akan datang, masih panjang proses perjalanan. Ini semua hanya kesenangan semata melakukannya. Senang melakoni ini ya karena bisa menekan stress sih dengan melakukan hal yang kreatif. Saking serunya main makeup dan edit video, menulis di blog sudah terbengkalai sampai-sampai lupa cara nulis lagi ๐Ÿ˜€

Sebagai penutup akhir tahun 2019, aku share kumpulan makeup yang kubuat sepanjang tahun 2019. Yah meskipun nggak banyak, I did my best dan aku bangga bisa keluar dari zona nyaman selama ini.

Whatโ€™s Next 2020?

Sejenak pengen rehat sih dari perbeautyan ini, pengen serius menjalani hidup, eh nggak tahu sih kedepannya gimana ๐Ÿ™‚

Target tahun ini bisa kembali nulis buku baru dan bisa langsung terbit… (eh target dari tahun kemarin2 deh nggakย  keturutan hahaha) Ya doakan aja sih.

4 thoughts on “Thanks 2019 : Mengenal Makeup Hingga Menjadi Beauty Content Creator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s