Bayar Kekinian Pakai FITUR QR CODE dan CLICK COLLECT Blibli Bikin Traffic Jualan Makin Melonjak

“Waduh, bentar ya mbak, saya carikan dulu kembaliannya.”

Ingat banget tahun 2014 kala itu tengah berjualan di bazar kampus sempat kebingungan menghadapi pelanggan yang jadi pembeli pertama hari itu. Bagaimana tidak, saya hanya menyetok duit pecahan bernilai kecil saja, sedangnya mbaknya yang beli memberikan lembaran kertas berwarna merah. Jualan pertama yang kacau sih, dan memang belum ada pengalaman juga. Rasanya pengen ngasih kembalian pakai permen aja deh, hahaha. Alhasil saya pun ijin meninggalkan meja jualan dan pergi ke tempat lainnya untuk menukarkan uang. Agak susah juga sih tukar uangnya, maklum masih pagi jualan jadi penjual lainnya juga belum ada uang kecil. Untungnya pelanggan saya sabar menunggu hingga saya kembali menemuinya dan memberikan uang kembalian.

Hasil gambar untuk zaman cashless belanja online
Foto : vice.com

Saya mencari peruntungan dengan jualan ketika menjadi mahasiswa untuk menyambung kebutuhan sehari-hari. Bersama beberapa teman, kami mengolahkan limbah kulit kelinci yang tidak termanfaatkan menjadi produk handmade yang berkualitas. Bukan hal mudah bagi kami pembisnis pemula menjajal membuka usaha. Mikirin gimana mengelola keuangan dan gimana sih biar jualan makin laris. Bahkan masalah kecil menghadapi pelanggan saja dalam bertransaksi bikin pusing, mesti kelimpungan nyari uang kembalian, apalagi pas jaga bazar itu saya seorang diri karena rekan saya berhalangan datang.

Yah, akhirnya bisnis kecil-kecilan kami itu tidak bertahan lama ketika menjelang semester tua kami fokus ke akademik masing-masing, saya mendapatkan pengalaman berharga. Pengalaman yang bisa saya lakukan ketika bisa berdikari sendiri dengan membuka usaha pribadi di bidang handycraft, ya, saya senang menggeluti barang kerajinan. Membuat bantal kreasi hingga talenan lukis sebagai kado. Jika dulu bisnis yang dilakoni bersama-sama itu secara offilne, saya menjual dagangan lewat online. Tidak bisa dipungkiri sih, tahun 2018 belanja online jadi salah satu aktivitas yang diminati konsumen.  Ketika bisnis beralih ke jual online, ada kesenangan tersendiri bagi saya sebagai penjual dalam melayani pelanggan yang beda ketika melayani secara tahap muka yakni tidak perlu ada kembalian. Belanja secara online, tentu urusan bayar membayar tidak lagi pakai uang cash. Metode pembayaran cashless gitu namanya. Nggak bakal ada lagi tuh kasus ribet nyari kembalian apalagi harus pakai permen, hahaha.

Udah Nggak Zamannya Cash

Jadi penjual kalau ngasih kembalian lembaran uang yang lecek-lecek, kadang sungkan gitu ke pelanggan kan ya. Nah itu yang pernah saya rasakan ketika gelar dagangan kala bazar itu. Untungnya sekarang nggak perlu repot sih terima tranksasi pakai uang cash kalau jualannya online.

Zaman sudah canggih, uang fisik tergantikan dengan uang digital bentuk card bahkan tanpa card, karena transaksi apapun bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone. Namanya juga smartphone, phonenya super canggih bisa  bantu problem transaksi lah. Sampai-sampai saya pernah mendengar teman berkata, “Mending aku ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP deh.” Nggak perlu repot-repot bawa dompet yang penuh dengan uang cash dan kartu debit/kredit. Gaya hidup people zaman now ya gini, yang penting HP aman lah ya.

Hasil gambar untuk zaman cashless belanja online
foto : masbocah.com

Untungnya bagi saya yang penjual ini bikin transaksi jual beli lebih simple, mudah dan cepat. Saya nggak perlu menghitung uang terlebih dahulu untuk memastikan kesesuaiannya dengan harga yang akan dibeli sebelum menyerahkan barang. Pelanggan pun dibikin happy nggak perlu menunggu uang kembaliannya. Cepat prosesnya bikin jualan nggak buntu.

Mesti dong kalian yang juga punya dagangan kebanyakan beralih ke jualan online kan? Kemudahan berjualan di era now pun bisa kamu rasakan loh kalau gabung dengan e-commerce terpercaya di Indonesia yakni Blibli.com. Di platform ini nggak hanya tempatnya belanja saja kok, yang punya bisnis bisa gabung jadi Blibli Seller. Eh belum tahu ya? Ini sebuah komunitas yang mewadahi semua merchant yang ada di Blibli.com. Nah, di dalam komunitas ini, akan ada berbagai aktivitas yang akan menunjang peningkatan performa penjualan di Blibli.com. Kabar gembiranya Blibli.com menghadirkan bayar kekinian yang bikin untung seller berkali lipat. WOW WOW.

Ada apa nih? Penasaran kan.

Blibli.Com Kasih Cara Bayar Zaman Now Loh!

Cara-bayar-BliBli-Lewat-GOpay

Berbelanja tanpa uang!

Konsep semacam itu yang dihadirkan oleh blibli.com sebagai Toko Online Terlengkap & Terpercaya yang mempelopori perdagangan di Indonesia. Tahun 2019 ini blibli.com berinovasi dengan meluncurkan dua fitur unik, yakni Fitur Click and Collect serta QR Code.  QR Code dan Fitur Click and Collect. Keduanya adalah strategi Online to Offline maupun sebaliknya yang ditawarkan Blibli.com. Nah loh unik kan?

QR Code (Quick Response Code) mesti udah ada yang tahu dong? Setidaknya ada yang pernah bertransaksi menggunakan kode batang ini kan? Kode batang ini biasanya hanya bisa ditempelkan pada suatu barang atau benda dan dengan memanfaatkan alat pemindai, informasi tentang barang atau benda kemudian bisa didapatkan oleh pengguna smartphone tersebut. Jadi hanya lewat smartphone yangmemiliki teknologi pemindai (Scan) QR Code bisa mengakses kode tersebut. Fitur QR Code ini menjadikan merchant Blibli.com bisa membuat QR Code toko dan setiap produk yang dijual sehingga transaksinya offline. Sedangkan Fitur Click and Collect adalah fitur belanja yang memberikan customer pengalaman belanja online dan offline sekaligus dengan cara ambil pesanan sendiri. Untuk Fitur Click and Collect pasti belum paham kan? Akan aku jelaskan deh kedua-duanya.

Scan, Bayar & Untung dengan Fitur QR Code

QR PaymentBayar-bayaran sekarang tinggal scan dengan smartphone aja! Karena zaman now is QR era!

Dengan menggunakan selular pintar, segalanya sekarang jadi lebih mudah. Termasuk memindai (scan) QR Code untuk berbagai keperluan mulai dari download berbagai hal di internet hingga melakukan pembayaran belanja dari e-wallet. Di blibli.com, pembeli bisa melakukan scan QR code lewat website blibli.com untuk mendownload aplikasi blibli.com. QR code ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan download aplikasi blibli.com yang muncul di playstore (android) dan Appstore (Apple). Karena selain aplikasi untuk berbelanja, blibli.com juga menyediakan aplikasi khusus untuk seller yang dinamakan Merchant Tool Application (MTA).

Fitur QR Code Blibli.com dapat berfungsi untuk memudahkan bagi penjual dan pembeli karena gak perlu ribet mencari toko ataupun barang yang akan di beli konsumen, penjual hanya tinggal memberi penjelasan untuk men-Scan QR Code untuk masuk ke toko virtual penjual. Bisa diposting di IG, Facebook, atau Twitter penjual. Gampang banget!! Gak Ribet!!

Bayar Pakai QR CodePelanggan pun dibuat gampang ketika harus membeli langsung, akan mencari toko yang bisa menerima pembayaran menggunakan layanan QR code.

Ambil Sendiri Belanjaan dengan Fitur Click & Collect

Click and Collect

Fitur kedua yang dihadirkan Blibli.com yakni Click and Collect, customer bisa memesan produk secara online, kemudian mengambil produknya secara offline di toko seller. Fitur Click & Collect ini sangat bermanfaat dan baik untuk pembeli maupun penjual. Nah, keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan adanya fitur Click and Collect?

Keuntungan bagi pembeli

1. Kemudahan Ambil Barang Sesuai Waktu yang Diinginkan.

Dengan pengambilan ke toko ataupun merchant pembeli mendapatkan kemudahan dalam mengambil barang. Pembeli bisa mengambil sendiri barang yang sudah dipesan tadi di toko merchant yang telah dipilih sesuai waktu yang bisa ditentukan sendiri. Asyik kan dapat menentukan sendiri waktu dan lokasi pengambilan pesanan sesuai ketersediaan toko dan pilihan. Dengan pengambilan ke toko ataupun merchant pembeli mendapatkan kemudahan dalam mengambil barang.

2. Tidak perlu menunggu pengiriman kurir.

Kamu dapat merasakan kemudahan belanja online di website/aplikasi Blibli.com (Click), namun tanpa perlu menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan, kamu dapat langsung ambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko pilihanmu (Collect).

Kamu tidak perlu repot menunggu pengiriman kurir atau pun melacak status pesanan. Cukup ambil pesanan pada waktu dan tempat sesuai pilihan kamu. Bisa ambil pesanan sendiri saat istirahat makan siang, saat perjalanan berangkat atau pulang kerja, bahkan di hari Sabtu dan Minggu sesuai jam toko

2. Beragam cara pembayaran

3. Cicilan 0%

Keuntungan bagi seller

Dengan Fitur ini merchant dapat memaksimalkan penjualan toko offline dan online serta memberikan pengalaman belanja baru bagi konsumen. Ketika konsumen berkunjung langsung ke toko untuk mengambil barang secara langsung akan menjadikan kepercayaan konsumen semakin meningkat kepada penjual.  Ini akan meningkatkan traffic ke toko dan kemungkinan customer membeli produk lain selain yang dipesan cukup besar.

Saat ini Click & Collect tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali. Buat daerah yang belum tersedia layanan ini, pastinya Blibli.com akan menambah layanan ini untuk lokasi toko di wilayah Indonesia lainnya.

Banyak loh seller yang sudah membuktikan omset yang menikmat sejak bergabung untuk berjualan bersama Blibli.com. Hanafi, owner Klik Baby Love membagikan kisahnya gimanay omset  traffic meningkat hingga 3000%! Yang dulunya kesulitan membangun dan mengembangkan website sendiri, sekarang dia bisa merasakan growth yang sungguh fantastis ini semenjak jadi seller Blibli.com. Simak kisahnya deh! Pasti semangat berjualan kamu tergugah.

Tertarik gabung menjadi Blibli seller? Bayar kekinian dari Blibli.com bikin untung jualan jadi ga tanggung-tanggung loh. Try it!


*Diikutsertakan dalam lomba blog blibli seller tahun 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s