SiBakul Beringharjo; Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Berdaya Saing Khas Orang Jogja

Jangan anggap remeh Koperasi dan UMKM! Koperasi telah tumbuh sebagai wadah usaha yang mampu memberdayakan ekonomi rakyat sedangkan UMKM menjadi sendi yang menguasai perekonomian negara. Keberadaan mereka tersebar luas di seluruh daerah berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, tercatat lebih dari 79,1 juta tenaga kerja (99,5 persen dari jumlah tenaga kerja tahun 2004) bekerja pada UMKM dan koperasi. Karenanya baik sektor koperasi maupun sektor UMKM memiliki potensi yang besar dan strategis dalam meningkatkan aktivitas ekonomi nasional, khususnya menyediakan keperluan barang dan jasa dalam negeri.

Koperasi dan UMKM memerlukan perhatian khusus dikarenakan mayoritas mempunyai karakter fondasi yang tidak kuat secara permodalan, pemahaman proses, penguasaan pasar, dan kelemahan lainnya. Dukungan pemerintah pun juga penting. Tak ketinggalan fasilitasi bagi kedua sektor tersebut semestinya disediakan dalam event pameran untuk meningkatkan mutu usaha itu sendiri. Seperti apresiasi yang diberikan pemerintah Jogjakarta terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sleman.

Akhir pekan saya berkesempatan datang ke Festival UMKM Sembada 2019. Sengaja ke sini di sela-sela kesibukan yang padat sekedar melepas penat. Festival UMKM Sembada 2019 diselenggarakan oleh Dinas Koperasi & UKM DI Yogyakarta dengan PLUT-KUMKM DIY. Senangnya saya masuk ke acara ini tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka bagi masyarakat manapun dari beragam segmen dan lapisan bisa datang. Tujuan kegiatan festival ini untuk memperkuat model pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dijalankan. Selain itu juga memberikan ruang dan kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitas serta fasilitasi solusi permasalahan usaha. Peluang yang sangat bagus bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya. Selama dua hari gelaran produk diselenggarakan mulai 24 hingga 25 Oktober 2019 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Nah, ada apa saja sih di Festival UMKM Sembada 2019?

Cukup ramai acaranya dengan banyaknya UMKM yang mengisi tenda. Sebanyak 80 pelaku UMKM sebagai peserta bazar, di mana 50 pelaku UMKM adalah binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman yang memang sebagai sasaran utama. Sedangkan 30 pelaku UMKM sisanya difasilitasi oleh Dinas Koperasi UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta (DIY). Dengan mengangkat tema kegiatan Festival UMKM Sembada adalah ‘Bersinergi Membangun UMKM Sleman yang Produktif dan Berdaya Saing’, acara ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM dengan adanya kegiatan bazar, serta mengenalkan pengembangan produk UMKM kepada masyarakat.

Tak sabar untuk tahu apa saja yang dipamerkan Festival UMKM Sembada 2019, saya pun berkeliling mulai dari sayap kanan. Mulai fashion, handicraft hingga bermacam kuliner semuanya dihadirkan.

Inovasi Jamu Gendong Kekinian

Suwi ora jamu atau dalam Bahasa Indonesia artinya lama tidak minum jamu. Ya memang sudah lama sekali saya tidak minum jamu. Melihat stand yang memajang botol gendong jamu, jadi tertarik saya ingin mencicipi. Apalagi minum langsung dari boto gendong, kan jadi kangen mbak-mbak gendong keliling rumah yang sudah jarang kelihatan.

Adalah Jamu Gendong Jeng In. JENG singkatan jamu gendong, sedangkan IN adalah panggilan nama pemilik usaha ini yakni Indrawati. Sebagai lulusan sarjana farmasi, dia ingin mengenalkan budaya warisan leluhur untuk kesehatan tubuh kepada kaum milenial. Jamu Gendong Jeng In juga mengemas produknya dalam bentuk modern yaitu dibuat sirup siap saji dengan konsep milenial.

Beberapa bahan dasar Jamu Gendong Jeng In mulai dari jahe, kencur, hingga kapulaga. Saya jadi belajar kembali bahan-bahan yang lebih dari sekadar bumbu dapur. Saya pun mencicipi salah satu minuman penyegar khas dari Indonesia (Jawa) ini yakni jamu beras kencur. Jenis jamu kesukaan saya yang memiliki rasa manis dan segar, selain itu khasiatnya meningkatkan nafsu makan. Senangnya jamu ini segar dan dingin karena memang disimpan di suhu dingin. Badan rasanya sehat dan segar pagi hari ini.

Aneka Ragam Tanaman-Tanaman Hias

Sebagai penggemar tanaman hias, senangnya saya bisa menjumpai stand yang menghadirkan berbagai tanaman segar yang dikemas dalam pot. Dua di antaranya adalah Nicky Florist dan KaktusKmi.

Nicky Florist menghadirkan tanaman hias berapa bunga yang sangat menawan. Bunga-bunganya berkualitas. Salah satunya anggrek yang menarik perhatian saya. Bukan anggrek biasa yang terlihat di foto di atas. Namanya Indonesia Raya Blue loh! Di tangan Nicky Florist, bunga ini terawat dan menjadikannya bunga terindah yang tentunya daya bersaing. Bunga-bunga juga tersedia buat dekorasi acara penting seperti pernikahan sehingga terlihat semakin semarak.

KaktusKmi, tentunya kaktus yang dijual. Namun kaktus-kaktusnya lucu sekali. Ukurannya kecil dengan beragam bentuk yang unik. Dikemas dalam pot imut, kaktus ini bisa juga diberikan kepada seseorang sebagai kado loh!

Kreasi Siomay yang Menggoda

Lelah berkeliling, saya ke tengah area bazar yang bertenda besar yang menyediakan kursi kursi yang menghadap panggung sehingga bisa melepas penat. Sebelum duduk, saya tertarik dengan deretan stand makanan yang menjejeri depan panggung. Mengobati rasa lapar, saya mencoba siomay.

Siapa tak tergoda dengan siomay yang mengepul hangat? Adalah siomay dimsum sabu produksi Arra Kitchen mampu daya bersaing di antar kuliner yang kian marak. Sabu yang dimaksud bukan barang haram loh heheh tapi singkatan Sambel Aneka Buah. Tekstur dimsum yang lunak dan kenyal sungguh enak, kan dicocol dengan sambel bikin rasanya mantap pedasnya.

Selain menjual siomay dimsum, ARRA Kitchen juga menjual Sambel Aneka Buah (SABU) yang dikemas dalam botol dan Ayam Blondo Nyabu. Sungguh siomay dimsum nya bikin nagihin.

Lanjut saya berkeliling kembali. Kali ini saya sampai stand di pojokan yang tampaknya bukan UMKM karena memang tidak menghadirkan barang produksi. Sebuah banner tertuliskan SriBakul Beringharjo. Penasaran apa sih ini? Ternyata ini adalah pengembangan program yang mendukung usaha produktif koperasi dan UMKM yang ada di stand pameran ini, juga koperasi dan UMKM se-Jogjakarta. Nah, penasaran kan lebih jelasnya programnya apa sih?

Apa Itu SiBakul Beringharjo?

Sebenarnya akronim dari (Sistem Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Berdaya Saing Khas Orang Jogja). SiBakul Beringharjo itu suatu sistem berupa program inovatif dari Dinas Koperasi dan UMKM DIY untuk tatakelola atau pembinaan Koperasi dan UKM (KUKM) terpadu. Nah apa saja pembinaan yang dilakukan SiBakul Beringharjo?

  1. Pendataan KUKM yang terintegrasi

Integrasi pendataan bertujuan untuk menegaskan posisi Koperasi dan UMKM dalam ekosistem ekonomi digital dan rantai nilai pengolahan produk.

  1. Sistem klastering KUKM

Dengan sistem pengelompokan maka pembinaan akan lebih tepat, sesuai kebutuhan dan berkelanjutan.

  1. Kurikulum KUKM

Bekal dasar KUKM berupa pendidikan dalam bentuk pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk berorganisasi dalam koperasi dan UKM. 

  1. Aplikasi tatakelola KUKM

Aplikasi ini adalah program andalan 𝗦𝗶𝗕𝗮𝗸𝘂𝗹 𝗕𝗲𝗿𝗶𝗻𝗴𝗵𝗮𝗿𝗷𝗼 yang akan menjadi pusat layanan informasi bagi pelaku KUKM. Dengan adanya aplikasi nantinya dalam pembinaan tersebut dilakukan selaras dengan perkembangan revolusi industri 4.0 yang mengarah pada digitalisasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing dan produktifitas serta dapat menjadi dasar pembinaan di era digital.

Selama ini banyak KUMKM area Jogjakarta yang belum terdata. Disayangkan sekali minimnya kesadaran KUMKM untuk mendaftar. Nah, dengan hadirnya SiBakul Beringharjo, proses mengembangkan usaha milik pelaku UMKM dapat terbantu dan terbantu. Selain itu, pelaku usaha akan mendapatkan pembinaan secara kontinyu

Dengan adanya SiBakul Beringharjo, Pemerintah Jogjakarta berupaya meningkatkan akses dan transfer teknologi untuk mengembangkan pelaku UMKM inovatif sehingga nantinya mampu bersaing dengan pelaku UMKM asing. Untuk mendukung sistem tersebut, saat ini Dinas Koperasi dan UKM DIY Yogyakarta sedang melakukan pembaharuan database UMK yang ada di wilayah DIY. Update data ini dimaksudkan untuk mengetahui kebutuhan dasar pelaku UMKM agar pembinaan yang dilakukan tepat sasaran. Nah, yang memiliki UMKM area DIY update datanya SEKARANG melalui link berikut : bit.ly/dataumkmdiy

Menurut saya, pembinaan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM melalui SiBakul Beringharjo adalah langkah tepat karena menjadi kebijakan strategis dalam mengatasi kemiskinan lewat penguatan ekonomi rakyat melalui penciptaan wirausaha baru. Keberadaan keduanya berperan besar di Kota Jogja dalam penyerapan tenaga kerja. Apabila kualitas dan standar produk meningkat maka akan mampu meningkatkan kinerja guna menghasilkan produk-produk berdaya saing tinggi. Saatnya kan KUMKM naik kelas!

Festival UMKM Sembada 2019 adalah ruang promosi bagi UMKM. Gelaran ini juga untuk memberi edukasi kepada para UMKM tentang bagaimana mempromosikan produk mereka. Yang memang tujuan lain dari kegiatan Festival UMKM Sembada 2019 ini untuk mengarahkan peserta UMKM mengenai arah baru pengembangan bisnis saat ini.

Saya sungguh terpuaskan berada di Festival UMKM Sembada 2019 ini. Puas sekali berkeliling dan mengunjungi banyak UMKM yang menghadirkan produk-produknya yang berkualiatas. Selain disuguhkan kuliner yang bisa mengenyangkan, ada suguhkan beragam hiburan yang membuat saya dan pengunjung lain betah berlama-lama di lokasi ini. Hari itu grup band tengah tampil di panggung besar dan menyanyikan lagu yang memeriahkan acara. Tidak hanya hiburan, talkshow dan demo produk pun dihadirkan di acara ini.

Sungguh seru Festival UMKM Sembada 2019. Semoga saya bisa kembali mendukung UMKM Jogja di event bazar selanjutnya yang diselenggarakan Dinas Koperasi & UKM DI Yogyakarta dan PLUT-KUMKM DIY!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s