Jajanan Jadul Saat Lebaran, Ingat Nggak?

Momen lebaran menjadi lebih terasa dengan hadirnya beragam kue lebaran. Masih ingat nggak dengan kue-kue jadul? Rasa klasiknya membuat kita jadi kangen masa-masa kecil di rumah nenek. Jika kamu masih mendapati beberapa kue Lebaran jadul ini, maka kamu beruntung. Meski demikian, kue-kue kering jadul tersebut masih tak kehilangan pesonanya.

Kembang Goyang

Rasa renyah dari kue kembang goyang bikin kamu ingin kembali merasakannyaKembang goyang, ya Bahasa Indonesianya Bunga Goyang. Kenapa disebut begitu ya karena bentuknya yang menyerupai kelopak bunga sedangkan disebut goyang karena dalam membuatnya kamu harus menggoyang-goyang cetakan agar adonan kue bisa terlepas.

Jenis kue ini sangat renyah dengan citarasa yang manis. Kue ini termasuk kategori langka, hampir di setiap hajatan pasti akan tersedia di meja hidangan. Kini kue tersebut hampir hilang dan tak terlihat lagi keberadaannya.

Wajik

Sumber : wikipedia

Kue basah ini biasa tersanding di meja tamu  rumah  kakek-nenek kita di desa dengan pasangannya, madu mongso, yang tidak kalah jadulnya. Kue ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang ditumbuk dan dicampur dengan gula jawa. Proses ini membutuhkan waktu, tenaga, serta keahlian yang tidak bisa diremehkan. Sebagai hasilnya, kue basah berwarna kecokelatan atau kemerahan super manis dengan tekstur kenyal agak lengket menggoda untuk disantap. Kini, kue ini masih sering muncul di berbagai acara-acara tradisional seperti seserahan lamaran, tahlil, dan upacara lainnya.

Kuping Gajah

Kuping gajah adalah camilan favorit saat lebaran. Bentuknya yang tipis-tipis dan renyah membuat banyak orang menyukainya. Biasanya kue ini dimasukkan ke dalam toples jadul besar saat lebaran.

Kue Cindil

Kue yang berbentuk bulat dengan hiasan gula warna-warni di atasnya ini merupakan salah satu favorit anak-anak zaman dulu. Terkadang anak-anak hanya mengambil bagian gulanya saja dan meninggalkan roti bulatnya di dalam toples.

Kue Celorot

Cara unik makan kue celorot yang mulai punah

Dengan bentuk yang unik yaitu seperti corong kerucut yang dibuat dari lilitan daun kelapa, rasanya sangat khas dan manis sehingga bikin penikmatnya ketagihan. Kue tradisional Jawa ini terbilang susah ditemukan sekarang ini. Penamaan celorot sendiri memiliki alasannya tersendiri yaitu kue yang dibungkus daun kelapa tersebut dinikmati dengan membukanya ke bawah lewat diceloroti atau melorot. Dengan warna cokelat mirip dodol, kini keberadaannya sangat susah ditemukan di hari raya karena tergerus kue yang lebih praktis.


Sumber referensi :

Kue Lebaran Tradisional Ini Akan Mengingatkanmu Di Masa Kecilmu Dulu

4 Kue Lebaran Jadul Ini Akan Membuat Anda Teringat Masa Kecil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s