Puasa Jangan Malas, Isi Waktu Luang Penuh Berkah Yuk

Sebuah hal yang harus dilakukan oleh semua umat muslim ketika berpuasa di Bulan Ramadhan adalah menahan lapar dan haus selain menahan nafsu. Fisik lemas bukan alasan untuk tidak bermalas-malasan. Bulan  ini banyak sekali hikmah dan berkah yang bisa didapatkan, jadi jangan menyia-nyiakan waktu yang diberikan selama sebulan berpuasa. selama 30 hari kita sebagai umat muslim harus bisa berlomba-lomba untuk mencari pahala di bulan ramadhan ini.

Lantas, kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mensyukuri nikmat Tuhan dengan datangnya bulan suci ini?

Tadarus Al-Qur’an

Al-Qur'an Tadarus Al-Qur’an adalah cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif di bulan Ramadhan. Jika mungkin di hari-hari biasa kita jarang membaca ayat suci Al-Qur’an, maka ini adalah kesempatan yang penuh dengan berkah, jangan disia-siakan, mudah-mudahan bisa menjadi kebiasaan nantinya, meski Ramadhan telah usai.

Ikutan Bazar Ramadhan

BazaarBiasanya, di bulan Ramadhan sering ada bazar yang dibuat oleh pedagang yang menjual takjil, makanan pun minuman yang bisa kita beli dengan harga relatif murah. Nah, kamu bisa mengisi waktu luang dengan mendatangi bazar yang ada di dekat tempat tinggalmu. Atau, kalau kamu adalah pekerja yang memiliki banyak waktu di rumah, kamu justru bisa menjadi salah satu penjual di bazar tersebut.

Mendengarkan Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an

Hasil gambar untuk Mendengarkan Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an di handphone

Kegiatan ini bisa dilakukan dimanapun, entah di masjid, acara televisi, radio, atau aplikasi yang saat ini sangat mudah untuk di download via smartphone. Dengan mendengarkan lantunan ayat suci pun hati kita bisa menjadi lebih tenang dan sabar hingga tak terasa adzan maghrib pun berkumandang.

Olahraga Ringan, Yoga

Gambar terkait

Siapa bilang kita tidak bisa berolahraga selama berpuasa? Jangan takut untuk tetap olahraga di bulan puasa. Karena berolahraga saat puasa pun memiliki banyak manfaat. Tipsnya adalah, kamu cukup lakukan olahraga yang ringan saat mendekati waktu berbuka puasa. Jenis olahraga yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan Yoga. Lakukan saja saat pagi, di mana energi kamu sedang banyak-banyaknya.


Sumber referensi : https://www.gulalives.co/mengisi-waktu-luang/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s