Ingat Nggak? Kenangan Ramadhan Semasa Kecil yang Bikin Kangen

Gambar terkait

Datangnya bulan Ramadhan juga membangkitkan kenangan. Meski kini sudah dewasa bahkan berkeluarga, pasti juga merindukan hal-hal yang biasa dilakukan di masa kecil saat bulan puasa datang bukan? Banyak kegiatan semasa kecil kala Ramadhan yang mestinya buat senyam-senyum ketika mengingatnya.

Berebut takjil

Takjil merupakan makanan yang disediakan saat berbuka puasa di masjid. Bagi anak-anak, bukan masalah makanannya enak atau tidak. Tapi seni berebut takjilnya yang mengasyikkan

Mengisi buku kegiatan Ramadhan

Hasil gambar untuk Ramadhan masa kecil buku ramadhan Sensasi isi buku Ramadhan ini tentu jadi salah satu yang paling dirindukan, ya. Biasanya, buku ini diberikan oleh pihak sekolah. Para siswa diharuskan mengisi kegiatan yang dilakukannya di masjid saat Ramadhan. Misalnya, apa isi ceramah tarawih, ceramah shalat Subuh, dan lain-lain.

Gambar terkaitTak hanya mengisi buku kegiatan, anak-anak juga harus mendapatkan tanda tangan pengurus masjid atau imam shalat.

Pesantren kilat

Hasil gambar untuk Ramadhan masa kecil

Biasanya sekolah punya program pesantren kilat. Bersama teman-teman menginap di sekolah dan mengikuti kegiatan Ramadan selama beberapa hari. Mulai dari sahur bareng, pengajian, ceramah, buka bersama, sampai tarawih ramai dengan teman-teman.

Puasa setengah hari

Hasil gambar untuk Ramadhan masa kecil takjil

Sewaktu kecil dan masih beradaptasi dengan puasa penuh, pasti pernah kan terpikir untuk buka puasa di tengah hari? Tapi, tidak jarang juga setelah berbuka di siang hari kembali melanjutkan puasa sampai maghrib atau biasa disebut puasa bedug.

Keliling membangunkan orang sahur

Hasil gambar untuk Ramadhan masa kecil

Pernah ramai-ramai keliling komplek atau sekitar rumah untuk membangunkan orang sahur? Biasanya, dilakukan untuk mengingatkan bahwa waktu sahur telah tiba. Di beberapa daerah, ada yang melakukannya dengan memukul kentungan yang terbuat dari bambu. Sambil mengetuk kentungan, anak-anak akan berteriak “Sahur, sahur”.

Share dong kenangan Ramadhan semasa kecil kamu apa?


Sumber referensi :

https://nakita.grid.id/read/021718959/8-kebiasaan-masa-kecil-yang-sering-dikenang-saat-ramadan-datang-bikin-kangen-dan-senyum-senyum-sendiri?page=all
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/20/114708020/kebiasaan-masa-kecil-yang-selalu-dikenang-saat-ramadhan?page=all
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s