Boleh Nggak Sikat Gigi Saat Puasa?

Hasil gambar untuk sikat gigi saat puasa

Di Bulan Ramadan, menggosok gigi saat puasa masih menjadi kontroversi, apakah boleh atau tidak karena dikhawatirkan membatalkan puasa.

Mana yang benar?

Kalau kita melihat dari perkataan ulama masa silam, menyikat gigi tidak membatalkan puasa asalkan tidak ada pasta atau sesuatu yang masuk dalam rongga tubuh atau perut.

“Dalam bulan suci Ramadan ada beberapa hal yg perlu disesuaikan seperti menggosok gigi saat puasa tidak boleh ada yg tertelan baik air atau pasta giginya.” Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Aizuddin Abdurrahman

Namun ada saran dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah, “Lebih utama adalah orang yang berpuasa tidak menyikat gigi (dengan pasta). Waktu untuk menyikat gigi sebenarnya masih lapang. Jika seseorang mengakhirkan untuk menyikat gigi hingga waktu berbuka, maka dia berarti telah menjaga diri dari perkara yang dapat merusak puasanya.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Ibnu ‘Utsaimin, 17: 261-262).

Saran yang terbaik adalah sikat gigi baiknya sebelum azan Shubuh atau setelah berbuka puasa. Jika ada rasa tersisa setelah menyikat gigi dan terasa di pagi hari, itu tidak merusak puasa. Wallahu a’lam.


Sumber : https://rumaysho.com/11267-sikat-gigi-saat-puasa-batalkah-puasa.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s