7 Alasan UM Metro Kampus Pilihan Masa Depan

Senyum mengembang yang tidak biasa di hari itu. Tersemat toga di atas kepala dan menyandang lembar ijazah di tangan. Jika mengingat betapapun lelahnya belajar selama empat tahun semuanya tuntas menjadi kebahagiaan di hari itu.

Itulah saya bersama teman-teman yang disahkan sebagai wisudawan dalam rapat terbuka senat kampus.

Hidup dalam kekurangan, sempat tidak terlintas dalam benak saya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Bahagia rasanya berhasil sampai titik dimana saya berhasil menyandang gelar sarjana, juga bisa menuntaskan impian almarhum bapak kepada saya.

“Orang tuamu memang tidak ada yang lulus SD, namun kamu jangan seperti kami. Sekolahlah yang tinggi agar bisa meningkatkan derajat keluarga.”

Jika bukan karena kata-kata bapak, saya tidak akan menguatkan diri bahwa saya mampu meraih pendidikan untuk ke jenjang lanjut setelah lulus SMA. Sempat dilema sebenarnya kala itu ketika di akhir semester SMA, lulus mau kemana? Bapak memiliki rencana untuk masa depan saya. Meski pendidikan bapak bahkan tidak sampai lulus SD, impian beliau sungguh menginginkan ada anaknya yang bisa kuliah. Kemiskinan tidak menjadi halangan saya untuk kuliah ketika disodori informasi beasiswa oleh guru BK. Berkat beasiswa lah saya bisa menyelesaikan pendidikan tanpa mengeluarkan banyak biaya dari awal kuliah.

Menjadi satu-satunya anak dalam keluarga yang mampu menyandang gelar sarjana adalah kebanggaan yang tidak ternilai bagi saya dan untuk keluarga. Meski wisuda tidak dihadiri bapak, rasa terima kasih saya tidak terhingga kepada beliau.

Bapak menganggap pendidikan itu penting, beliau lah yang mengarahkan saya harus sekolah dimana. Bagi bapak, pendidikan adalah jalan menuju kesuksesan yang bisa mengubah jendela menjadi pintu. Dengan saya kuliah, bapak menaruh harapan besar agar saya bisa meraih masa depan yang lebih baik.

Meski hidup dalam kekurangan, keterbatasan bukan halangan untuk meraih sukses pendidikan setinggi angan. Hampir semua anak Indonesia kini bisa untuk lanjut kuliah. Apalagi sekarang yang sudah lulus SMA sudah bersiap untuk lanjut ke perguruan tinggi. Banyak sih yang masih bingung mau lanjut kuliah di mana. Seperti salah satu teman di instagram yang chat ke saya menanyakan hal tersebut setelah saya sharing tentang pentingnya kuliah di Instastory.

“Kak, saya baru lulus SMA nih, kasih rekomendasi kuliah di Lampung dong.”

Kebetulan saya memiliki informasi adanya kampus terbaik ketiga tingkat Lampung yakni UM Metro. Nah, buat kalian yang juga sedang mencari informasi perguruan tinggi, UM Metro bisa menjadi pilihan kuliah calon mahasiswa.

Salinan Judul Blog – Desain Tanpa Judul - Copy - Copy

UM Metro

Tak kenal maka tak sayang kan. Jadi kenali dulu apa sih UM Metro itu? Universitas Muhammadiyah Metro yang disingkat UM Metro merupakan salah satu salah satu universitas swasta di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah. Siapa yang tidak kenal Muhammadiyah? Sebagai organisasi keagamaan tertua di Indonesia yang kehadirannya sangat memberikan kontribusi sejak bangsa ini belum merdeka sampai saat ini, Muhammadiyah terus melebarkan sayapnya salah satunya membangun universitas.

Keberadaan UM Metro merupakan langkah merger (penggabungan) dari: (1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Metro, (2) Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Metro, (3) Sekolah Tinggi Teknik Muhammadiyah Metro, dan (4) Sekolah Tinggi Ushuluddin Muhammadiyah Metro. Keempat Sekolah Tinggi tersebut telah memperoleh status terdaftar, bahkan beberapa program studinya telah ada yang diakui dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1990. Perkembangan program studi UM Metro terus bertambah hingga pada tahun 2019, UM Metro memperoleh izin pembukaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk dua Program Studi yakni Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Program Studi Pendidikan Sejarah.

Meskipun UM Metro merupakan perguruan tinggi swasta, kualitasnya dapat bersaing loh. Seperti rangking perguruan tinggi yang diraih UM Metro.

This slideshow requires JavaScript.

UM Metro masuk dalam 100 besar Perguruan Tinggi Terbaik Nasional versi Webometrics per Januari 2019. UM Metro juga dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan web rangking no. 3 terbaik setelah Universitas Bina Darma Palembang se Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Tingkat Lampung. UM Metro pun raih predikat Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 3 se-Sumbagsel dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II. Capaian rangking ini menunjukkan bahwa UM Metro kampus terbaik yang patut jadi pilihan tempat kuliah.

“Saya terus terang, selalu membangga-banggakan UM Metro di mana-mana. Sekarang itu kita menerapkan proses pelayanan dengan cepat dan baik.”(Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah II )

Salinan Judul Blog – Desain Tanpa Judul - CopyBukan tanpa alasan saya memberikan rekomendasi UM Metro sebagai kampus pilihan untuk calon mahasiswa. Ada tujuh alasan yang mendasari alasan saya di antaranya :

1. Lingkungan Kampus Islami

Dari nama kampusnya, kita sudah tahu bilamana UM Metro adalah kampus yang menjunjung konsep Islami. Visi yang diangkat UM Metro adalah “Terintegrasinya Nilai-nilai Islam dalam Kompetensi Individu dan Lembaga Menuju Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terbaik pada Tahun 2020”. Lingkungan kampusnya tentu sesuai dengan ajaran Islam. Tercermin dari budaya mahasiswanya yang selalu sopan santun dan membantu orang lain merupakan adat yang selalu terjaga sehingga ciri khas Muhammadiyah dapat terlihat tanpa harus diperlihatkan.

Nilai-nilai Islam tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa, pegawai dan dosen muda UM Metro pun diugrade tentang Al-Islam dan Kemuhamadiyahan (AIK). Program itu menjadi salah satu langkah UM Metro dalam mewujudkan visinya untuk mempratikkan nilai-nilai Islam ke dalam dalam tatanan kehidupan sehari-hari. Di Bulan Ramadhan ini pun, Program Kajian Tahsin diselenggarakan bersama hafidz Qur’an untuk meningkatkan kemampuan baca Qur’an dosen dan karyawan UM Metro.

2. Disambut Masa Ta’aruf

Ada yang senyum-senyum mendengar kata ta’aruf? Mesti di pikiran kalian, ada program perkenalan lelaki dan wanita melalui ta’aruf yang diselenggarkan UM Metro bagi mahasiswanya yang ingin menikah, ya kan? Maksud dari Masa Ta’aruf di kampus ini adalah masa perkenalan mahasiswa baru alias ospek. Di UM Metro menyebutnya Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru (MASTAMA) yang adalah ajang menyambung tali silahturahmi dalam memperkaya hubungan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, dan karyawan UM Metro. Selain itu, mahasiswa baru UM Metro akan diberikan pembekalan agar nantinya menjadi lulusan profesional di masing-masing bidangnya.

3. Banyak Pilihan Fakultas dan Prodi

Sebelum menjadi mahasiswa, problem yang dipikirkan selalu adalah mau ambil jurusan apa? Jangan sampai salah pilih dan malah stres sendiri saat menjalani masa perkuliahan. Buat kamu yang mau kuliah di UM Metro, pilihlah jurusan dengan keinginan dan passion demi masa depanmu nanti. Sebanyak 5 Fakultas di UM Metro yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Komputer dengan 14 Program Studi tersedia. Juga ada 3 Diploma Serta Program Pascasarjana dengan 3 Prodi. Pastinya jurusan-jurusan yang disediakan itu berkualitas.

4. Fasilitas Kampus Lengkap & Lokasi Strategis

Kalau diterima sebagai mahasiswa baru di UM Metro, fasilitas yang diperoleh apa saja? Memilih perguruan tinggi juga perlu mempertimbangkan hal ini untuk mendukung kenyamanan perkuliahan. UM Metro memiliki fasilitas yang memadai dan didukung dengan suasana kampus yang nyaman. Seperti ruang kuliah ber-AC, unit kegiatan kemahasiswaan, perpustakaan, fasilitas olahraga, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya untuk mendukung kegiatan perkuliahan, kegiatan administratif, maupun kegiatan para mahasiswanya. Bahkan laboratorium hampir bisa ditemukan di setiap fakultas yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap jurusan dan program studi.

Fasilitas yang disediakan UM Metro juga didukung oleh lokasi kampus yang strategis. UM Metro memiliki empat lokasi kampus yang tentunya dikelilingi banyak tempat kos sehingga calon mahasiswa tidak kesusahan mencari tempat tinggal.

5. Disediakan Beasiswa

Saya tekankan kembali, ketidakmampuan membayar biaya kuliah jangan menjadi penghalang kamu untuk meraih cita-cita sukses. Ada kok beasiswa yang dapat meringankan biaya kuliah hingga lulus nantinya. UM Metro memberikan Beasiswa UM Metro yakni Beasiswa Potongan 50% Uang Pengembangan, Beasiswa Kader Utusan Persyarikatan se-Kota Metro, Beasiswa Potongan 50% Biaya Kuliah Program Pascasarjana.

Beasiswa dari luar UM Metro pun ada yakni Beasiswa BIDIKMISI (bagi calon mahasiswa kurang mampu) dan Beasiswa PPA (bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik baik dan sangat baik dibuktikan dengan IPK terakhir). Biasanya kedua beasiswa ini diberikan kepada jenjang pendidikan S1 dan ada juga S2.

6. Kegiatan Belajar Mahasiswa Menyenangkan

Adakalanya melakukan perkuliahan di dalam kelas membosankan. Namun kalau kamu mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro, dijamin belajarnya menyenangkan. Kegiatan outdoor class atau belajar di luar ruangan rutin setiap seminggu sekali yang sebenarnya bagian kegiatan laboratorium. Program ini diajarkan tentang vocabulary, dan hal-hal lain tentang English Education. Jadi udah pengen belajar di UM Metro kan?

Lihat juga bagaimana aktivitas Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UM Metro kalau penasaran mau gabung jurusan ini.

7. Penuh Prestasi Mahasiswa

UM Metro menorehkan banyak prestasi dari tahun ke tahun yang disumbangkan oleh para mahasiswanya di kancah nasional. Seperti pretasi yang baru-baru ini. Trimasrifah, atlet Tapak Suci, yang berhasil meraih juara 2 setelah berlaga dalam Kejurnas Pencak Silat 2019, di IIB Darmajaya pada 29 April-1 Mei 2019. Juga Zamira Salsabila, mahasiswa Akuntansi, peraih medali emas Taekwondo Friendship Championship se-Lampung untuk kategori Senior Putri pada 27-28 April 2019.

Salinan Judul Blog – Desain Tanpa JudulMengusung slogan Solusi Sukses Masa Depan, UM Metro terus meningkatkan kinerja ke depan demi mencetak lulusan unggulan yang berkualitas. Generasi yang sukses di masa depan itulah yang ingin terus UM Metro lahirkan.

Sudah kepikiran untuk masuk UM Metro? Pendaftaran sudah dibuka loh, silahkan buka penmaru.ummetro.ac.id.

Biar cita-cita kalian untuk meraih sukses dengan kuliah makin bersemangat, ada kumpulan kalimat motivasi dari Kaprodi di lingkungan UM Metro loh yang digaungkan di media sosial resmi UM Metro! Salah satunya yang saya sukai dari untaian kata Swaditya Rizki, M.Sc selalu Kaprodi Pendidikan Matematika,

“Salah satu cara ampuh mengubah keadaan/nasib kita yaitu dengan menuntut ilmu sampai akhir hayat.”

This slideshow requires JavaScript.

Jadi sudah siap mengubah nasibmu demi masa depan yang sukses? Saatnya gabung  bersama UM Metro, Solusi Sukses Masa Depan.


Referensi artikel : https://ummetro.ac.id

Sumber foto : Website dan akun sosial media UM Metro

Advertisements

One thought on “7 Alasan UM Metro Kampus Pilihan Masa Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s