Mimpi Ke Baitullah yang Tak Akan Kandas dengan Travel Umroh Blibli.com

Pagi-pagi betul, banyak kaki berbondong-bondong ke arah mushola. Sinar matahari begitu lembut membelai langkah yang diayunkan. Bukan panggilan adzan yang menjadi alasan. Hari itu bukan hari dilaksanakannya sholat idul fitri ataupun idul adha. Yang ada panggilan suara Pak RT yang menyerukan untuk hadir. Banyak yang menyempatkan hadir, sejenak meninggalkan aktivitas pagi, pun dengan yang akan bersiap berangkat ke kantor. Tidak luput saya di antaranya. Cukup lama kami duduk bersila di dalam mushola, menunggu beberapa orang-orang spesial yang belum jua datang. Hingga akhirnya lengkaplah orang-orang tersebut, sekitar delapan orang dari lingkungan RT. Mereka adalah yang yang akan melakukan perjalanan suci demi melengkapi rukun islam. Di mushola inilah tradisi mengantar kepergian calon jemaah dilakukan untuk memberikan doa agar perjalanan mereka selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah dan menjadi haji yang mabrur.

Impian ke Baitullah.png

Saya duduk di deretan kaum perempuan, tepatnya berada di bagian belakang calon jemaah dengan syal kuning bertuliskan ‘Sub Kloter 4 Jamaah Haji Pacitan-Jatim Indonesia’. Sepasang bola mata ini terus memandang tulisan tersebut dan membayangkan andaikan saya yang memakai syal tersebut. Setiap muslim mesti mendambakan pergi haji. Ya, ibadah impian seluruh umat Islam.  Saat doa dilantunkan, saya menintikkan air mata sembari meminta doa, Ya Allah mampukan hamba pergi ke tanah suci.

Mimpi yang Kandas

Kalau melihat orang yang akan berangkat haji, saya jadi teringat almarhum bapak yang memiliki cita-cita ke Baitullah.

“Mas, nanti kita berangkat bareng ya.”

“Kamu aja, dek, aku nggak bakalan.”

Percakapan itu baru saya ketahui dari cerita Bulek Si, adik bapak, setelah bapak dipanggil ke hadapan Sang Ilahi. Kala itu keduanya mengantar Bude Ka, istri dari kakak laki-lakinya bapak, yang berangkat haji dari Solo. Antusias sekali bapak naik mobil dari Pacitan ke Solo, dan menginap semalam di Solo.

Bapak jarang mengutarakan keinginannya apa. Namun saya sebagai anaknya tahu betapa beliau ingin sekali naik haji. Saya juga tahu alasan kenapa bapak menolak ajakan bulek. Bapak memiliki penyakit jantung yang menjadikan beliau sering bolak balik menjadi pasien rumah sakit. Bapak seperti sudah memiliki firasat bahwa umurnya tidak akan panjang.

Bapak memiliki kesenangan memakai kopiah putih orang haji untuk beribadah. Pun saat di pembaringan rumah sakit, tidak pernah luput dipakainya. Sebuah tasbih juga tidak lepas di sampingnya. Sungguh tauladan dari bapak adalah ibadahnya yang begitu kuat. Beliau yang kerap menjadi muadzin di mushola, beliau selalu bangun seperempat malam untuk shalat tahajud. Bagi umat muslim yang taat ibadah, siapa yang tidak mau dipanggil ke tanah suci?

Mimpi yang sudah bapak ketahui tidak akan terlaksana. Selain tidak memiliki keuangan besar untuk mendaftar, juga mengingat bahwa masa tunggu haji begitu panjangnya. Pada masa penantian itu, tidak ada yang tahu kapan kita dipanggil Yang Maha Kuasa.

Impian bapak yang kandas semakin menguatkan impian saya untuk berangkat haji. Saya yang harus mengantikan mimpi bapak, nantinya akan mendoakan beliau di tanah suci. Namun saya tidak ingin sendirian berangkat, saya ingin bersama ibu. Berangkat haji bersama orang tua tentu salah satu impian anak, begitu pula saya yang ingin membahagiakan mereka sekaligus sebagai tiket surga. Kini hanya tinggal ibu seorang. Namun di usia beliau yang kini 50 tahun, saya jadi memikirkan akankah sanggup ibu antre giliran haji yang lamanya bisa sampai 20 tahun? Saya sih bisa menunggu hingga waktu itu memanggil, namun belum tentu dengan ibu. Takutnya kondisi kesehatan beliau tidak memungkinkan untuk berangkat, apalagi sekarang menderita sakit asam urat yang menyulitkan untuk berjalan. Pilihan untuk umroh pun saya jatuhkan untuk menyegerakan melihat Ka’bah secara langsung. Dalam kondisi saya yang kini sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, InsyaAllah saya mampu memberangkatkan ibu umroh bersama.

Salinan LinkedIn Post Header – Desain Tanpa Judul.jpg

Mimpi ke Baitullah, Akankah Sekedar Impian Lagi?

Belum pernah saya  menginjakkan kaki ke tanah suci dan umroh ini akan jadi pengalaman pertama saya. Ada kekhawatiran ketika merencanakan umroh ini yakni takut salah memilih agen travel umroh.  Saya pernah membantu mengurus dokumen Bude Ta, saudara perempuan Bude Ka, di pengadilan dikarenakan nama passportnya yang salah. Passport itu yang akan digunakan berangkat umroh. Jadwal umrohnya kurang dari setahun lagi. Padahal passport itu pernah digunakan untuk haji, namun kini karena ada nama yang sedikit salah jadi dipermasalahkan. Kondisi beliau sudah senja dan berdomisili di berbatasan kota tidak memungkinkan untuk bolak-balik untuk mengurus berkas di pusat kota, makanya meminta Bude Ka untuk mengurusnya dan saya juga membantu.

Setelah pengurusan yang memakan waktu hingga kelar sidang di pengadilan, urusan passport pun kelar. Pada sidang itu barulah Bude Ta hadir. Selang lama tidak ada kabar, saya kira beliau sudah berangkat umroh. Nyatanya tidak. Beliau tidak berhasil berangkat dikarenakan ditipu oleh agen travel. Padahal keluarga besar yang diajak umroh, bayangkan berapa banyak kerugian yang harus ditanggung. Agen travel yang menipu itu adalah nama yang menghebohkan tahun 2017 yang dilakukan pasangan suami istri. Saya hampir tidak percaya, Bude Ta dan keluarganya adalah salah satu dari ribuan korban yang tidak jadi diberangkatkan. Seakan sia-sia belaka mengurus passport di pengadilan kala itu kalau tidak bisa digunakan untuk berangkat pada akhirnya.

Dengan pengalaman Bude Ta, saya jadi penuh pertimbangan untuk memilih agent travel umroh. Salah pilih maka sayanya yang rugi. Namun maraknya penipuan agent travel tidak memundurkan niat saya untuk memberangkatkan ibu untuk umroh bareng. Saya tidak ingin impian ini hanya impian belaka saja. Saya pun sering-sering browsing di internet bagaimana agar tidak kena tipu travel umroh yang abal-abal.

Travel Umroh.png

  • Pilih agen travel resmi yang sudah terdaftar

Agen umroh yang menjadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) adalah yang mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama. Legalitas biro perjalanan bisa dicek di di haji-kemenag.go.id. Dengan mengantongi izin, pelayanan agen travel setidaknya telah terverifikasi.

  • Jadwal keberangkatan dan fasilitas yang jelas

Waktu tunggu umroh yang tidak lama sampai hingga mendapatkan waktu keberangkatan, berbeda dengan waktu tunggu haji. Selambat-lambatnya enam bulan sejak terdaftar, jamaah umroh harus segera diberangkatkan. Jika lebih lama dari enam bulan, perlu dicurigai uang yang disetorkan oleh calon jamaah digunakan untuk hal-lain lain. Juga perhatikan paket fasilitas. Maskapai yang akan digunakan apa, penginapan, transportasi, dan hal-hal lain yang menyangkut hak dari calon jamaah umrah.

  • Jangan tergiur harga yang jauh lebih terjangkau.

Standar harga untuk 9 hari umrah yaitu sekitar Rp 20 juta per calon jamaah sesuai yang ditetapkan Kemenag dan asosiasi. Jika harga di bawah rata-rata, maka patut dicurigai agen travel tersebut abal-abal.

NAH, SEPERTI ITU! PERMISAH.

Namun semakin browsing kok malah bingung. Dengan banyaknya agen travel yang begitu banyaknya di internet jadi pusing mau klik yang mana. Lagi bingung-bingungnya begini, saya menemukan bahwa Blibli.com menyediakan berbagai jenis paket umroh murah. Loh bukannya e-commerce ini hanya menyediakan ragam elektronik, perkakas dapur hingga fashion saja ya? Ternyata juga ada paket umroh dengan ragam fasilitas terbaik. Hmm… jadi penasaran.

1200x200_Banner_custom_component_umroh.jpg

Belum apa-apa, sempat shock saya membaca banner Blibli.com tentang paket haji dan umroh. Hah? Apaan ini kok mulai dari Rp 2.000.000,00? Iming-iming murah segini sih penipuan banget.

Ternyata eh ternyata. Setelah saya selidiki, harga itu adalah DP umrohnya jadi belum harga keseluruhannya. Dengan ini Blibli.com mempermudah calon jemaah  yang belum mampu membayar biaya umroh secara full bisa dengan menyetor uang muka (Down Payment) dahulu. Penawaran yang menarik kan!

Travel Umroh Blibli.com (2).jpg

Melalui Blibli.com, saya tidak dibuat bingung memilih travel mana yang akan mengantarkan saya dan ibu untuk melaksanakan ibadah umroh. Blibli.com menyediakan berbagai jenis paket umroh dari travel agent terpercaya, karena Blibli.com hanya bekerja sama dengan PPIU yang terdaftar di Kementerian Agama. Seperti Panorama JTB, ESQ Tours & Travel, Fals Tour & Travel, dan Halal Transasia. Kekhawatiran kena tipu tidak akan terjadi. Tidak hanya paket umroh, juga paket haji dari banyak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Sebanyak 64 paket travel umroh dan haji murah yang disediakan Blibli.com. Mulai dari paket umroh regular, hingga dengan paket umroh plus pun kini sudah banyak sekali yang tersedia dengan sangat lengkap. Banyak pilihan, bukan? Tergantung mau pilih paket umroh yang mana. Banyak penawaran menarik paket umroh di Blibli.com yang bisa dinikmati. Blibli.com memberikan banyak promosi untuk jamaah yang membeli paket umroh. Hal ini memungkinkan untuk mendapatkan harga paket umroh murah melalui ketersediaan promo paket umroh menarik. Biaya umroh murah 2019 di Blibli.com hingga sekitar Rp 25 jutaan saja. Harga paket umroh ini terjangkau untuk kalangan kelas ekonomi ke bawah, sehingga umroh bukan hanya bisa dinikmati oleh orang-orang menengah ke atas saja. Travel umroh pun ada yang menyediakan diskon hingga Rp. 1.5 juta. Yang pastinya harga tersebut lengkap dengan ragam fasilitas terbaik dan kenyamanan para jamaahnya. Makanya saya tidak ragu untuk segera #BlibliSekarang paket umroh.

Merencanakan Umroh Bersama Blibli.com

Hanya menggunakan smartphone, saya mudah masuk ke aplikasi Blibli.com dan cukup mengetik ‘paket umroh’ di mode pencarian produk. Setelah membandingkan harga yang cocok, saya klik salah satunya dan menge-check secara detail penawaran yang diberikan.

Pilihan saya jatuh kepada ESQ Tours & Travel yang memberikan Paket Big Deal Umroh Libur Lebaran. Cocok dengan keinginan saya yang ingin melaksanakan ibadah umroh saat lebaran. Jadwal keberangkatan sudah pasti dan jelas yakni 5 Juni 2019. Tepat tanggal tersebut InsyaAllah paginya saya dan ibu masih berkesempatan shalat ied bersama keluarga di Indonesia sebelum akhirnya terbang ke tanah suci selama 9 hari.

travel-umroh-blibli.com_-e1555989700616.png

Oh ya, ESQ Tours & Travel sudah terdaftar pada Kementrian Agama dan mendapatkan World Best Hajj & Umrah Operator Abu Dhabi 2016 loh! Saya tidak merasa khawatir kalau-kalau kena tipu karena travel agen ini terpercaya. Harga yang ditawarkan pun masuk akal kok kisaran Rp 23.500.000 – Rp 25.100.000. Harga paket berbeda untuk Double  (1 Kamar Berdua) Rp 25,1 juta, Triple  (1 Kamar Bertiga) Rp 24 juta dan Quad  (1 Kamar Berempat) Rp 23,5 juta. Tiga pilihan paket ini tentunya menawarkan fasilitas terbaik. Namun harga segitu bagi saya yang berpenghasilan pas-pasan belum bisa membayarnya sekaligus, untungnya Blibli.com memberikan kemudahan bahwa saya bisa membayar DP minimal Rp. 5.000.000/orang. Pelunasan paling lambat dilakukan 1 bulan sebelum keberangkatan. Pembayarannya pun makin dipermudah dengan cicilan 0% mulai dari Rp1.958.333 /bulan. Gimana nggak tertarik untuk nggak umroh tahun ini kan?

travel-umroh-blibli.com_-1.png

Sungguh lengkap dan jelas deskripsi yang diterangkan oleh ESQ Tours & Travel. Calon jemaah seperti saya yang baru pertama kali akan umroh tidak kebingungan dengan jadwal perjalanan (itinerary) nantinya. Dari hari pertama hingga kesembilan umroh, ESQ Tours & Travel akan menyuguhkan berbagai tempat sejarah Islam dan pengalaman baru yang bakal belum pernah saya rasakan nantinya. Selama itu pula akan dibuat nyaman dengan menginap di Hotel setaraf *3,*4 dan *5 di Makkah (Ramada Al Fayzeen) dan Madinah (Mukhtara Al Gharbi).

Harga paket umroh yang terjangkau tersebut sudah termasuk fasilitas dan akomodasi seperti Tiket pesawat PP kelas ekonomi, Akomodasi sesuai dengan paket yang dipilih, Visa umroh, Makan 3 kali sehari full board restoran hotel, Air zam-zam 5 liter/org, Transportasi di tanah suci sesuai program, Asuransi perjalanan, dan Tiket pesawat PP kelas ekonomi dengan Pesawat Garuda Indonesia. Jadi saya sudah tahu apa hak-hak yang akan saya dapatkan sebagai calon jemaah umroh nantinya. Namun harga tersebut tidak termasuk seperti perlengkapan ibadah umroh dan keperluan pribadi lainnya.

Persiapan umroh untuk keperluan pribadi, saya tidak pusing. Saya tidak perlu cari ke berbagai toko di penjuru kota, hanya masuk ke aplikasi Blibli.com saja untuk mendapatkan barang yang saya inginkan. Sebagai situs jual beli terpercaya di Indonesia, Blibli.com memfasilitasi umat muslim dengan menyediakan lengkap peralatan umroh juga.

Salinan Travel Umroh Blibli.com

Demi kenyamanan melakukan perjalanan umroh, saya butuh sepatu. Ternyata ada sepatu khusus haji dan umrah yang berdesain comfy dengan round toe dan strap, bahannya sintesis jadi nyaman untuk dipakai. Sebelum memakai sepatu, saya ingin memakai kaos kaki untuk menutupi kaki. Agar tidak ribet melepasnya ketika wudhu, maka kaos kaki wudhu menjadi pilihan saya untuk perjalanan jauh ini. Nyaman yang akan dipakai ini tidak hanya untuk saya saja, juga untuk ibu, agar beliau bisa menjalankan ibadah umroh dengan nyaman pula.

Perjalanan ibadah sunnah ini, saya pun ingin menambah ketakwaan dengan memperbanyak bacaan doa umroh yang akan dibaca nanti di tanah suci. Untuk memahami doa-doa, ada audio umroh dalam bentuk micro audio menjadi pertimbangan saya pilih ketimbang membaca panduan, hal ini untuk semakin mudah melafalkan doa. Audio Umroh ini memuat doa-doa  Umrah dengan terjemahan bahasa Indonesia, dilengkapi urutan tombol sesuai dengan urutan doa. Audio umrah yang kecil dan ringan ini mudah untuk dibawa kemana-mana makanya memudahkan untuk menyimak doa-doa di sela-sela rutinitas saya.

Selama sembilan hari perjalanan umroh, tentunya komunikasi dengan keluarga di Indonesia harus berjalan. Apalagi kan saya pergi bersama ibu, mesti mereka khawatir dengan kesehatan ibu selama di tanah air. Saya ingin mengaktifkan paket internet yang bisa dipakai selama ibadah umroh. Paket Internet Umroh dengan kuota 1.5 GB dan masa berlaku 10 hari cukup bisa saya gunakan.

Senangnya belanja barang di Blibli.com ya begini, apa yang kita inginkan mesti ada karena Blibli.com menyediakan lengkap segala kebutuhan.

Travel evoucher Umroh Blibli.png

Senangnya lagi Blibli.com menyediakan Travel E-Voucher Umroh, jadi e-voucher umroh ini dapat digunakan untuk pembelian produk umroh di Blibli.com. Dari harga 1 jutaan hingga 10 jutaan ada loh! Kalau saya ambil e-voucher Rp 1 juta, keempat barang yang saya sebutkan di atas bisa saya beli. Karena masih ada sisa harga, bisa saya belikan barang umroh lainnya. Lumayan banget ini!

Yakin dengan apa yang saya pesan baik paket umroh maupun perlengkapannya, saya pun lanjut pembayaran. Beragam opsi pembayaran disediakan Blibli.com memudahkan saya untuk bertransaksi. Seperti internet banking, kartu debit/kredit, transfer,bayar di tempat, bayar di toko, cash on delivery (COD), dan uang elektronik. Oh ya untuk cicilan pembayaran paket umroh bisa dilakukan tanpa kartu kredit melalui Kredivo, AkuLaku, dan HomeCredit. Cicilannya pun tanpa bunga alias 0%. Asyik kan! Belum lagi untuk barang perlengkapan umroh, saya tidak perlu membayar sepeser pun untuk biaya pengirimannya sampai rumah. Ini sih alasan utama kenapa saya royal belanja online di Blibli.com ya karena promo free ongkirnya, haha.

Ada Kejutan Berhadiah dari Blibli.com

Blibli.com itu baik hati banget. Nggak berhenti ngasih promo menariknya. Saya beli paket umroh pun ada promonya juga yakni bisa memenangkan sepeda motor. Gila nggak tuh!

Umroh Blibli.com.pngHadiah sepeda motor yang akan diberikan adalah Yamaha Mio S.  Hanya ada satu pemenang yang akan dipilih berdasarkan jumlah order terbanyak, promo ini hanya berlaku periode 1 – 30 April 2019. Pemenangnya cepat diumumkan pada tanggal 6 Mei 2019 dan akan dihubungi oleh pihak Blibli.com melalui email dan telepon. Nah kesempatan bagi kalian yang mau ngajak keluarga besar berangkat umroh untuk libur lebaran tahun ini, bisa pesan banyak paket umroh bulan ini di Blibli.com agar peluang menang bisa kamu dapatkan.

Bismillah, Ibadah Umroh Semakin Dekat

Kalau tidak sekarang kapan lagi sih bisa umroh. Mumpung tubuh saya masih muda dan sehat, serta rezeki yang lapang. Juga kondisi ibu saya yang fit. Apalagi diberikan kemudahaan paket travel umroh murah dan terpercaya oleh Blibli.com. Selagi Allah SWT memberikan kesempatan untuk umroh, kenapa harus ditunda. Jangan sampai kelamaan menunda akhirnya impian kandas tidak berangkat. Bismillah, tahun ini bisa umroh.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s