Rotan, Impian Usaha Kreasiku

Pacitan

Kembali ke kampung halaman Pacitan setelah lama merantau, sempat membimbangkan hati kecil saya. “Apa yang bisa diperbuat di tempat terpinggirkan ini?” Selain letaknya yang dikepung perbukitan, Pacitan juga tidak menjadi perhatian secara sosial ekonomi dan politik.

Bagi saya yang gemar mengoleksi tas, mencari kebutuhan fashion ketika berada di kota besar sangat mudah dan banyak ragam karena banyak toko dan mall yang menyediakannya. Berbeda jika di kota kecil ini yang tidak tersedia lengkap dan biasanya juga saya harus keluar Pacitan untuk belanja.

Pacitan (2).pngDengan keterbatasan yang ada di kota kecil ini, saya malah menaruh harapan besar.  Harapan untuk membangkitkan kembali mimpi saya untuk mengabdikan diri kepadanya. Kalau bukan saya yang berkontribusi sebagai putra daerah, siapa lagi?

Menangkap Peluang dari Alam

“Tak ada rotan, akar pun jadi.”

Membincangkan rotan pasti kenal namanya juga dari peribahasa tersebut kan. Dari rotan itulah saya ingin mengolahkannya menjadi produk kreatif. Kenapa rotan? Rotan salah satu kekayaan yang melimpah. Dan Pacitan juga kaya akan sumber daya alam dari sektor perhutanan tersebut. Itulah yang bisa saya banggakan dari Pacitan.

Bagi wanita, rotan yang diubah sebagai tas anyaman cantik menjadi produk buruan saat ini karena bernilai seni dengan gaya tradisional. Tas rotan yang masih handmade alias tidak diproduksi massal memiliki nilai keunikan tiap-tiap produknya sehingga eksklusifitasnya tetap terjaga. Berbagai bentuk dan yang favorit adalah yang berbentuk bulat. Saya juga mengoleksinya, biasa saya pakai untuk hangout.

Salinan Kreasiku Blibli.pngFashion ini sedang tren, artis-artis Indonesia pun menggunakannya. Usaha tas etnik ini sungguh menjanjikan, tak hanya menaklukkan pasar lokal, bahkan berhasil menembus pasar mancanegara. Bahkan kerajinan tas rotan ini menjadi duta Indonesia sebagai penghasil rotan terbesar di dunia. Peluang inilah yang ingin saya garap. Apalagi saya hobi membuat kreasi anyaman dan sering membuat prakarya ketika sekolah. Dari pengalaman yang saya lakukan itulah yang akan saya tuangkan dalam bisnis nyata. Tas rotan.

Merintis usaha di kota kecil ini sebenarnya adalah peluang karena kini Pacitan sedang berkembang menjadi kota wisata pantai di Jawa Timur, salah satunya Pantai Klayar yang disebut-sebut Bali-nya Jawa Timur. Kamu yang belum ke sini, must try it dan melihat langsung keindahan pulau karangnya! Dengan semakin tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan membuat saya optimis bahwa saya mampu mewujudkan mimpi bisnis di sini.

Bisnis Khas Lokal Berbasis Empower Woman

Akan mengeluti bisnis dari hobi kerajinan yang disenangi, tentu menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Namun bukan berarti akan gampang, perlu perencanaan yang matang untuk merintis bisnis tas rotan ini. Saya ingin tas rotan yang akan dibuat menjadi produk yang dikenal dan disukai masyakarat. Tentunya harus memiliki keunikan dari lainnya. Jadi nilai pembeda dari tas rotan saya?

Saya ingin memberikan adalah sentuhan cat air dengan gambaran wisata-wisata alam yang ada di Pacitan pada tas rotan polos. Setiap yang membeli produk ini akan mengingat bahwa “Ini loh wisatanya Pacitan”, “Ini loh dari Pacitan.” Ya, saya ingin Pacitan lebih dikenal lewat tas rotan yang bisa dijadikan oleh-oleh kunjungan. Agar lebih diingat lebih luas, nama yang akan sematkan kepada tas rotan ini adalah Rattan Tan. Rattan dari Bahasa Inggris yang berarti Rotan, dan Tan adalah penggalan suku kata terakhir dari Pacitan. Rattan Tan adalah brand tas rotan lokal asal Pacitan. Untuk menjadikan Rattan Tan lebih ekslusif, saya akan mengemas tas rotan ini dengan lebih menarik sehingga nampak berkelas meski produk lokal.

Kreasiku Blibli (2)Mimpi bisnis ini juga saya bangun sekaligus membantu masyarakat lokal di Pacitan. Saya ingin menggandeng perempuan-perempuan sebagai pengrajin, khususnya perempuan kepala rumah tangga. Menurut data Pacitanku.com (2014), janda di Pacitan mencapai 17 ribu orang, yang terjadi karena beragam faktor, diantaranya perceraian, suami meninggal dunia, ataupun cacat. Saya akan melatih keterampilan mereka menganyam rotan dan membuat tas dari bahan tersebut. Dengan empower woman, bisnis tas rotan ini tidak hanya menguntungkan pada diri saya seorang juga masyarakat Pacitan.

Diproduksi secara handmade oleh tangan-tangan perempuan Pacitan, tentunya produk yang dihasilkan juga akan bervariasi. Saya ingin Rattan Tan bisa menjangkau kalangan menengah sampai teratas sehingga bisa diterima semua kalangan. Bisa membeli ready stock maupun custom order. Saya menaruh harapan kekayaan produk lokal Pacitan akan dikenal di berbagai daerah.

Tas rotan banyak peminatnya, karenanya saya tidak terlalu khawatir dengan konsep pemasaran.  Saya akan menitipkannya di toko-toko oleh-oleh dekat wisata Pacitan dan butik fashion, memanfaatkan pameran dan media online. Pemasaran melalui online memudahkan calon pembeli menemukan produk Rattan Tan, tanpa perlu berkunjung langsung ke toko. Saya akan bergabung dengan pengrajin atau artisan lokal di Kreasiku Blibli.com dimana produk-produk lokal banyak terjual secara online.

Kreasiku Blibli.com

Bagi kalian yang sedang mencari produk lokal, tidak perlu susah-susah blusukan ke wilayah Indonesia. Koleksi produk lokal bisa mudah ditemukan di Kreasiku.

Kreasiku (Koleksi Produk Kreasi Lokal) adalah salah satu kategori di Blibli.com yang menyediakan beragam produk hasil karya creativepreneur Indonesia dengan kualitas terbaik. Kategori Kreasiku mempunyai produk-produk yang bisa dimiliki, baik fashion wanita atau pria. Juga bisa menemukan produk-produk lokal lainnya mulai dari rumah & dekorasi, seni & kerajinan, makanan, minuman, perawatan & kecantikan. Semua yang kalian cari pasti ada di sini dengan harga yang terjangkau. Untuk memilih produk sesuai kebutuhan mudah sekali dengan melihat jenis serta daftar harga di katalog Blibli.com.

KreasikuDi Kreasiku, sebagian produk lokal 100% asli Indonesia dibuat dari bahan lokal yang hanya ditemui di Indonesia. Karya anak bangga bukan berarti kualitasnya rendah. Koleksi produk lokal di Kreasiku kualitasnya tidak kalah loh dengan produk luar negeri.

Kamu yang mengaku Indonesia, belum nasionalis kalau belum membeli produk lokal 100% asli Indonesia. Kenapa? Dengan membeli produk lokal dapat membantu membangkitkan perekonomian bangsa karena diciptakan oleh pekerja lokal. Dan itu juga yang akan saya lakukan dengan mengandeng perempuan-perempuan Pacitan bekerja sama membangun bisnis lokal.

Kreasiku Blibli...pngPilihan saya akan menjual Rattan Tan di sini karena Kreasiku  menginspirasi bisnis saya yang bergerak di Empower Woman yang peduli dengan perempuan-perempuan Indonesia untuk maju. Kreasiku juga sangat mendukung bisnis kreatif bagi artisan /pengrajin lokal, bisnis eco-friendly / ramah lingkungan, dan family business. Tidak heran produk dari bisnis rumahan mudah ditemukan di Kreasiku.

Buat kalian yang masih bertanya-tanya, kenapa sih harus berbelanja produk lokal di Kreasiku?

Kreasiku Blibli

Blibli.com menawarkan kemudahan berbelanja di Kreasiku yang produk lokalnya unik dan eksklusif, bergaransi resmi, dan berkualitas terbaik. Mau membayar pun tidak repot kok, terdapat beragam cara pembayaran yang mudah. Kenyamanan berbelanja dapat dinikmati dengan fasilitas cicilan 0% tenor 6 hingga 12 bulan, pengiriman cepat dan gratis ongkos pengiriman ke seluruh Indonesia. Tersedia pula opsi pengiriman kilat melalui layanan GO-SEND untuk produk bertanda GO-SEND. Dapatkan juga promo kerajinan tangan hanya di Blibli.com, Big Choices Big Deal.

Dengan kita belanja di Kreasiku Blibli.com itu artinya kita sudah support produk lokal. Kalau bukan kita yang memperjuangkan Indonesia, siapa lagi? Makanya #BlibliSekarang produk lokal favoritmu!

Impian Untuk Negeriku

Inilah mimpi saya. Mimpi besar yang ingin saya bangun untuk membuat produk asli Indonesia yang berkualitas dunia. Dari kota kecil, Pacitan, saya ingin berkarya bersama perempuan-perempuan lokal. Dengan memproduksi tas rotan di daerah sendiri, saya ingin memberikan produk asli lokal yang dapat dipilih oleh masyarakat Indonesia. Siapapun yang membeli produk karya anak bangsa ini adalah bukti kecintaan terhadap Indonesia. Cintai produk-produk asli 100% Indonesia dari sekarang!

 


sumber referensi : https://pacitanku.com/2015/05/16/wow-kepala-rumah-tangga-perempuan-di-pacitan-capai-17-ribu/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s