Pola Asuh yang Mempengaruhi 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Anak

 

This slideshow requires JavaScript.

Betapa menggemaskannya bayi perempuan ini. Kedua tangan dan kakinya menendang-nendang seakan mengajak bermain. Ia memiliki pipi yang gembul dengan kulit putih bersih. Namanya Naira. Kini di usia 3 bulan lebih, ia menjadi makhluk sosial yang bahagia ketika melakukan kontak dengan orang lain. Ia sering tersenyum dan tertawa. Segala interaksinya sungguh menggoda bagi yang memandangnya.

Siapa Sebenarnya Naira?

Adalah putri pertama dari Vina, teman kuliah saya.  Ia memutuskan untuk menikah di usia 23 tahun selepas kuliah. Menikah muda, ia sudah mempertimbangkan untuk langsung menghasilkan keturunan. Pastinya ia sudah memiliki pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan gizi sebagai cikal bakal keluarga.

Untitled design

Kini menyandang sah sebagai orang tua, ia sering mempertanyakan, apakah anak semata wayangnya sudah mencapai tumbuh kembang di usianya? Hal ini tidak terlepas dari kekhawatiran akan stunting atau stunted growth yang tengah melanda orang tua di tanah air.

stunting - Copy

Berdasarkan hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2017 yang dilihat dari tinggi dan usia anak, dari 170 ribu balita di Indonesia, prevalensi anak yang mengalami stunting dengan indikator sangat pendek sebesar 9,8 persen dan balita pendek 19,8 persen. Sedangkan pada kategori baduta (bayi dua tahun) ada anak yang sangat pendek sebanyak 6,9 persen dan pendek 13,2 persen.

Angka stunting atau tumbuh pendek tersebut menjadi permasalahan gizi yang penting dan memerlukan perhatian semua pihak di Indonesia. Tinggi badan anak yang mengalami stunting akan lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

faq1.jpg
Sumber : cegahstunting.id

Kekhawatiran terhadap anak yang terkena stunting sebenarnya bukan saja karena gangguan tumbuh pendeknya, akan tetapi mengalami hambatan pertumbuhan otak yang berdampak pada penurunan kecerdasan. Kerusakan yang terjadi disebabkan karena seorang anak tidak mendapatkan berbagai gizi penting untuk pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh yang kuat serta pertumbuhan otak yang optima. Karenanya mengakibatkan  penurunan produktivitas pada usia muda yang berlangsung seumur hidup. Ini yang menjadikan bahaya bagi generasi berikutnya. Anak menjadi tidak berdaya saing yang ujungnya menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Angka balita stunting yang tinggi di Indonesia disebabkan ibu hamil kurang menyadari pentingnya asupan gizi yang baik saat persiapan dan awal kehamilan. Padahal  pertumbuhan stunting dapat dicegah, dengan pemenuhan zat gizi yang memadai bagi ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

stunting - Copy - Copy

Seribu hari pertama kehidupan bukan dimulai sejak bayi lahir, melainkan sejak pertama kali terjadinya pembuahan. Seribu hari pertama kehidupan terdiri dari 9 bulan dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

slide-apa-1000-hari-pertama-1.jpg
sumber : sarihusada.co.id

Segala sesuatu yang terjadi pada masa 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) menjadi faktor penentu kualitas kehidupan anak kelak. Karena selama 1000 hari ini dipercaya bahwa anak sedang berada dalam masa emas pertumbuhannya. Pemenuhan gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan membuat kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar menjadi lebih baik. Inilah pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Jika seorang anak mengalami kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan maka tidak dapat diperbaiki dimasa kehidupan selanjutnya.

stunting - Copy - Copy - Copy

Semenjak datangnya Naira ke kehidupannya, Vina mendedikasikan dirinya untuk sepenuhnya memperhatikan buah hatinya tersebut. Meskipun dia lulusan sarjana, ia bangga menjadi ibu rumah tangga. Sebagai seorang ibu muda, Vina mengetahui bahwa pola asuh  itu penting. Hal ini menjadi salah satu perhatiannya dalam pencegahan stunting.

pola asuh ASI.jpg

Untuk memenuhi nutrisi Naira,  ASI menjadi makanan alami dan terbaik. Pemberian ASI dapat mencegah gizi kurang bahkan gizi buruk yang berdampak pada kualitas manusia jangka pendek dan jangka panjang. Pola asuh menyusui ini menjadikan kedekatan Vina sebagai seorang ibu dengan bayinya. Selain itu susu formula juga menjadi tambahan.

Tapi apakah pemberian ASI saja sudah dikatakan pola asuh dalam 1000 hari terbaik?

Belum.

Karena 1000 hari terbaik seperti yang sudah dijelaskan di atas, berawal dari usia 0 hari si janin. Jadi ketika masa kehamilan.

Salinan Kolase Foto – Desain Tanpa Judul.jpg

  • Memenuhi kebutuhan gizi dan stimulasi bagi janin

“Nutrisi sebelum dan selama masa kehamilan sejak trimester pertama penting bagi kecerdasan anak yang optimal. Jadi pilihlah sumber makanan yang bervariasi saat kehamilan untuk menjamin asupan nutrisi yang memadai bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.” Jimmy Panji Wirawan, Sp.OG

Dengan asupan gizi ibu hamil yang baik, risiko komplikasi saat persalinan, kecacatan bayi, penyakit kronik di masa yang akan datang dapat berkurang. Berat badan serta tumbuh-kembang bayi sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan status kesehatan ibu di masa kehamilannya.

  • Memeriksakan kandungan empat kali

Rutin cek ke dokter atau bidan untuk periksa kandungan adalah hal yang penting selama kehamilan. Pemeriksaan kehamilan, atau yang juga sering disebut sebagai antenatal care, dapat membantu dokter mengetahui kondisi kesehatan tubuh ibu dan janin, sehingga ia dapat mencegah hal-hal buruk terjadi pada ibu dan calon bayi. Berdasarkan anjuran Permenkes, berikut adalah rincian waktu yang ideal untuk melakukan pemeriksaan kehamilan sepanjang masa kehamilan :

Salinan Salinan Pola Asuh.jpg

  • Bersalin di fasilitas kesehatan

Vina sudah melakukan perencanaan persalinan dengan baik pada saat kehamilan. Dengan bersalin di fasilitas kesehatan dan ditolong tenaga  kesehatan pula, akan mempercepat akses ibu dan bayi dalam mencapai penanganan yang adekuat apabila terjadi komplikasi.

  • Melakukan inisiasi menyusu dini (IMD)

 Salah satu hal yang jadi kunci keberhasilan proses menyusui adalah dilaksanakannya proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) sesegera mungkin setelah persalinan dengan tata laksana yang benar. IMD merupakan proses di mana bayi yang baru lahir diletakkan di atas perut ibu, sehingga bayi mendapat kesempatan bergerak secara alami dituntun oleh nalurinya sendiri untuk mencari puting susu ibu lalu kemudian menyusu.

  • Pemberian ASI dan MPASI

Deteksi dini risiko gagal tumbuh sudah harus diterapkan sejak awal pemberian ASI.  ASI ekslusif diberikan sejak bayi lahir hingga bayi berusia 6 tahun tanpa disertai makanan dan minuman lain.

Salinan Pola Asuh

Selanjutnya dari mulai umur 6 bulan ke atas, bayi akan membutuhkan lebih banyak protein dan zat besi, karenanya diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Seperti bubur susu, nasi tim, pisang kerok. Pemberian ASI & MPASI  dengan nutrisi yang baik dan solusinya diharapkan dapat mencegah gizi kurang bahkan gizi buruk yang berdampak pada kualitas manusia jangka pendek dan jangka panjang.

  • Memantau tumbuh kembang ke Posyandu setiap bulan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah memberikan hak anak mendapatkan kekebalan dari penyakit berbahaya melalui imunisasi yang telah dijamin ketersediaan dan keamanannya oleh pemerintah. Masyarakat bisa memanfaatkannya dengan tanpa biaya di Posyandu atau Puskesmas.


“Having a baby is one of the most wonderful things in your life, as well as the hardest thing in your life.” Nuno Bettencourt

Sebagai orangtua baru, memiliki anak adalah anugerah yang tidak terhingga. Mempersiapkan anak bisa tumbuh kembang dengan baik tanpa stunting, orang tua harus mengingat pentingnya 1000 hari pertama dalam kehidupan. Karena kualitas 1000 hari pertama inilah yang akan memengaruhi kesehatan anak di kemudian hari. Bukankah setiap orantua menginginkan anaknya sehat dan menjadi kebanggaan bangsa?

Advertisements

2 thoughts on “Pola Asuh yang Mempengaruhi 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s