Promosikan Fakultas Lewat Youtube

Alarm berbunyi. Bukannya melek, eh masih mendengkur dalam selimut. Hingga suara emak yang berhasil membangunkan. Tapi bangun tidur harusnya langsung cuci muka dan wudhu, malah mengelus smartphone dahulu. Laksana pacar yang tidak ingin dipisah darinya. Yang dilihat adalah video lucu dari Youtube yang katanya penyemangat pagi. Ada yang kelakuan di pagi hari seperti itu, guys?

147504214-1423412749.jpg

Sebagai salah satu media sosial populer, Youtube sudah seperti racun bagi  anak zaman now.   Hal tersebut tidak terlepas dari orang-orang lebih lebih suka menonton informasi dibanding membacanya.  Dari satu video, kita bisa menonton segala jenis konten, mulai gabungan musik, foto, film, animasi dan lainnya. Platform digital milik Google tersebut ibarat tontonan pengganti televisi, kategorinya pun beragam bisa dipilih. Ada video lucu-lucuan, pengalaman, tutorial, dan lainnya. Kini Youtube tidak sekedar sebagai sarana hiburan semata, tapi juga bisa sebagai media promosi.

Kok bisa?

Promosi Youtube.png

Sebagai situs terpopuler kedua sekaligus mengalahkan Facebook, tentunya Youtube menjadi yang paling banyak dikunjungi. Karena jangkauan begitu luas dan hampir tidak terbatas, maka pilihan untuk berpromosi di Youtube sangat tepat. Apalagi mengunggah video di Youtube itu gratis dan mudah caranya.  Channel Youtube berdampak pada SEO (Search Engine Optimization) yang selalu tampil pada halaman atas mesin pencarian Google sebagai menu khusus. Tentunya akan semakin berpeluang untuk menjaring lebih banyak pengunjung yang datang bila menjadi yang teratas dalam pencarian Google. Lewat Youtube juga kita mampu memperoleh penghasilan jika video yang diunggah mendapatkan banyak penayangan, berkat program partner dari Youtube. Jadi untung dari promosi di Youtube itu double hasilnya. Paham kan, manfaat Youtube sebagai media promosi? Anggukan kepala boleh.

Lalu promosi lewat Youtube bisa untuk apa saja sih? Yuk simak sini.

Promosi Youtube.jpg

Promosi Diri Sendiri

Mengunggah video di Youtube itu gratis. Maka jutaan orang-orang mau menjadi Youtubers alias pembuat konten Youtube. Bukan tanpa sebab orang-orang mengunggah video karena ada manfaatnya salah satunya bisa memberikan penghasilan. Semakin banyak viewers dan juga subscriber, semakin banyak pula uang yang bisa didapatkannya dari akun Youtube. Mungkin kalian di antaranya yang sedang mencoba keberuntungan di Youtube? Comment dong, biar aku tahu nama channelmu apa hehe.

Tak pelak, banyak yang menjadi populer berkat video-videonya yang menarik hingga bak artis dalam Youtube.  Karena kepopulerannya di Youtube bisa mengantarkan main layar lebar atau menjadi penyanyi terkenal. Salah satu Youtuber sukses Indonesia yakni Ria Ricis, perempuan berjilbab yang sering mereview mainan, Slime dan Squishy sebagai konten video. Bahkan anak presiden si Kaesang juga tidak kalah hitsnya loh menjadi seorang Youtuber!

Video Youtube di atas contoh saya sedang mempromosikan diri untuk mengikuti seleksi Volunteerism Teaching Indonesian Children. Tampak dilihat saya sedang mengajar Bahasa Indonesia tentang Fabel kepada anak-anak.

Promosi Wisata

Indonesia itu sangat indah kalau kita keluar melihatnya, apalagi wisata alam yang memanjakan mata. Tapi gimana mau pergi jalan-jalan kalau tidak ada modal uang? Nah, lihat aja ke Youtube, banyak akun traveler yang membuat video yang menyuguhkan keindahan Indonesia yang tiada batasnya. Ya, secara tidak langsung mereka mempromosikan tempat wisata di daerah yang dikunjungi.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat ini wisatawan sangat tertarik dengan konten promosi wisata yang berbentuk video

Tuh kan, betapa banyak orang lebih suka menonton video yang menunjukkan visual yang jelas. Channel Youtube ‘Jalan2men’ yang dibawakan seru oleh duo Jebraw dan Naya menjadi salah satu favorit saya dalam traveling.

Ini video ketika saya berkesempatan ke Makassar, menikmati indahnya Pantai Losari dan merasakan kuliner pisang pepe gratis saat berlangsungnya Festival.

Promosi Produk

Kerap lihat Youtubers mempromosikan berbagai produk di channel miliknya kan? Salah satunya Raditya Dika yang mereview produk orang lain alias endorsement seperti laptop, game, makanan, snack. Banyak perusahaan-perusahaan yang mengandeng Youtubers berpengaruh untuk memperkenalkan produk mereka kepasaran dengan tujuan meningkatkan kepercayaan customer. Memanfaatkan Youtube sebagai media promosi adalah strategi pemasaran yang dapat mendongkrak nilai SEO produk tersebut.

Promosi Branding Tempat & Acara

Untuk menarik minat pengunjung datang ke suatu tempat, Youtube menjadi ajang promosi yang layak dilakukan sebagai strategi pemasaran. Seperti tempat fitness, restauran, acara conference, konser dan lainnya. Suatu kampus pun bisa menarik mahasiswa baru melalui Youtube. Tentunya suatu video di Youtube harus sangat inovatif dan out of the box agar bisa dilihat banyak orang.

youtube-tv-app

Promosikan Fakultas Lewat Youtube

Karena Youtube yang kebanyakan menjangkau anak muda, pihak dekanat di fakultas saya meminta dibuatkan video ke Lembaga Ilmiah Fakultas, di situ saya juga berkecimpung berorganisasi. Sehubungan dengan menyasar calon-calon mahasiswa alias anak muda yang pengguna social media.

Oh, fakultas saya itu Peternakan. Atau Fakultas Angon kalau orang menyebutnya, karena fakultas saya terkenal punya jargon ‘Sapi, Wedus, Kebo, Fapet!’ Banyak orang memandang sebelah fakultas saya. Tidak favorit banget, tidak ngehits. Mau deket-deket dengan ternak saja ogah. Duh, padahal loh dari bidang peternakan, kita bisa makan berprotein. Emang yang dimakan hampir setiap hari itu apa coba kalau bukan daging ya telur, juga susu! Nah, karena fakultas ini kurang diminati, makanya perlu adanya promosi, salah satunya dengan membuat video Youtube.

Eh, kenapa pula pihak dekanat minta dibuatin video ke lembaga saya ya? Saya pikir anak-anaknya kreatif kok, termasuk saya, hehe *kepedean tingkat dewa.  Biasanya kan ketika membuat presentasi karya tulis untuk diperlombakan, kerap diselipkan video di dalamnya.

So projek ini pun langsung kami kerjakan. Membuat video itu ada tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Berbekal dari kamera beresolusi tinggi yakni DSRL dan tripod, kami mulai membentuk tim kerja siapa-siapa yang terlihat kerja dan juga aktor. Membuat konsep tentang alur tentang aktivitas apa yang akan dilakukan di video, dan ruangan/tempat apa yang menjadi lokasi rekaman. Membagi tugas, editing, hingga akhirnya video siap untuk diunggah di Youtube.

Hasil akhir video bisa dilihat di sini. Sedangkan di bawah ini adalah video yang sayang untuk dibuang. Lebih ke hiburan saja, bagaimana kegiatan mahasiswa yang sedang praktikum di Laboratorium Lapang. Asiknya memberi pakan, menangkap kambing yang sembari lari-larian, memotong pakan. Lihat saja deh  hasil kerjaan saya yang diunggah di akun Youtube pribadi.

Tujuan menggunggah video di Youtube tentunya agar banyak dilihat dan dikenal orang kan? Tapi sudah susah payah membuat video padahal konten sudah bagus dan menarik, malah sepi pengunjung. Makanya video di Youtube perlu dipromosikan lebih lanjut. Pastikan dulu video promosi yang dibuat memiliki tampilan yang menarik,  mudah diingat, dan berkualitas terbaik.

Cara promosi video 1.png

  • Bagikan Lewat Media Sosial

Share saja video yang sudah diupload ke media sosial. Karena jika pemirsa tertarik, mereka akan berkomentar bahkan bisa menyebarkannya. Semakin video tersebar, artinya akan banyak orang yang melihat.

Itu yang terjadi ketika saya membagikan video Youtube lewat sosial media baik di akun pribadi maupun group dan komunitas, banyak teman-teman yang melihat dan juga ikut share. Memang dari semua video Youtube yang kubuat, video Laboratorium Lapang inilah yang banyak viewers-nya, ya karena mereka merasa fakultas mereka harus untuk diketahui banyak orang.

  • Kampanye Melalui Iklan

Seringkan lihat Iklan yang muncul sebelum video utama diputar atau di samping video pada halaman tontonan di YouTube.  Nah, mempromosikan video Youtube melalui iklan bisa dengan cara berbayar atau tidak.

Kampanye iklan berbayar dengan  AdWords.  Kita bisa menargetkan penonton yang diinginkan, kapan memulai dan mengakhiri iklan, serta menetapkan anggaran karena tidak ada harga minimum untuk menjalankan iklan. Ya, intinya kita bisa mengatur iklan itu sendiri. Jika tidak mau yang berbayar, Youtube pun menyediakan fasilitas promosi iklan gratis loh! Fitur yang disediakan adalah Pencari Penggemar yang ada di Dashboard YouTube. Fitur ini baru dapat diaktifkan ketika kita sudah menjadi mitra YouTube.

  • Memaksimalkan Hasil Pencarian Youtube

Tahu kan tujuan promosi melalui unggah video supaya muncul di halaman pertama dan berpeluang dilihat banyak orang? Nah, agar video tampil di halaman pertama maka memaksimalkan hasil pencarian google atau youtube dengan teknik SEO (Search Engine Optimization).

  • Buat Keyword atau Judul dan Thumbnail yang Menarik

Pandangan pertama itu penting loh! Judul dan thumbnail (tampilan video) menentukan apakah video nantinya mudah ditemukan oleh viewer atau tidak. Kebanyakan viewers tidak sempat membaca judul video tapi langsung pada Thumbnail sehingga tampilan video harus menarik dan colorful. Namun judul juga penting, sebaiknya membuat judul dengan keyword  yang sedang banyak dicari orang. Melalui membaca judul dan thumbnail yang menarik dan membuat orang-orang penasaran lalu akan menonton.

Sadar nggak, ketika kalian membuka video Youtube yang tertempel di artikel blog ini,  secara tidak langsung saya sedang mempromosikan akun channel Youtube milik saya ke kalian 🙂  Cara promosi video yang bisa dicoba yakni memasang fitur menu YouTube di blog.

Di balik video yang menghasilkan konten berkualitas yang akan dipromosikan ke Youtube, tentunya ada beragam software (aplikasi) yang membantu dalam editing. Software yang sering saya gunakan adalah Windows Movie Maker (WMM), karena sangat mudah dan sederhana digunakan. Softwarenya ringan bagi laptop saya. Tapi memang kelemahannya fitur WMM  kurang lengkap.

Makin ke sini saya ingin semakin membuat video yang berkualitas agar video yang dipromosikan dapat dinikmati banyak orang dan mereka bisa kembali berkunjung. So, skill editing harus ditingkatkan khususnya motion graphic alias yang desain menggabungkan video, foto animasi, ilustrasi, film,dan musik. Karena selama ini belajar secara otodiak, saya pun ingin belajar dari ahlinya. Kursus video editing menjadi pilihan terbaik untuk berkembang.

Kursus Video Editing, Ya ke Dumet School Aja

Sebagai lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan khususnya kursus website, digital marketing, dan desain grafis, DUMET School memberikan kesempatan pengalaman belajar bagi siapapun. Kenapa harus dilembaga ini? Di DUMET School, kita bebas memilih jam kursus, bahkan bisa semi private alias satu muridpun belajar di kelas tetap dimulai, periode kursus tidak dibatasi oleh waktu karena akan diajarkan sampai bisa, dan gratis konsultasi dengan akan disupport seumur hidup setelah luluspun.

Nah, untuk menekuni video editing, ada Kursus Motion Graphic  yang bisa diambil. Dalam kursus ini akan diberikan  materi Motion Graphic dengan Software After Effect, adapun materi-materi yang dipelajari meliputi :

1) Bumper Opening Video

Kalau lihat video youtuber, pasti ada video pembuka sebelum video inti diputar, nah maksudnya itu. Biasanya Bumper Opening Video terdiri dari pengenalan brand, logo dan pendukung video tersebut.

2) Video Promosi untuk Iklan di Youtube, Facebook, & Instagram.

Udah baca dong ya tulisan di atas betapa perlunya share video Youtube di sosial media dan melakukan kampanye iklan. Kalau kelewatan, baca lagi deh.

3) Membuat CV Interaktif dan  Menggabungkan video dengan foto menjadi satu.
4) Membuat Ilustrasi

Menggunakan Adobe Illustrator, seperti membuat logo, brosur, packaging, dan lain-lain.

Ini contoh Motion Graphic Bumper Logo Dumet School.

Soal harga bagaimana? Ada dua harga berbeda yang disediakan yakni Pre dan Pro. Bedanya apa? Tentunya materi yang dipelajari dan output yang dihasilkan berbeda. Pembayaran bisa dengan debit, credit, transfer bank, dan cicilan.

Dumet School-Motion Graphic.jpg

Estimasi selesai kursus yaitu 2 minggu hingga 1 bulan dengan jatah waktu kursus yang tidak terbatas (seumur hidup) dan sampai bisa. Jadi dijamin pasti handal deh kemampuan editing videonya. Gimana merasa tertarik? Kalau ragu, bisa coba free trial-nya loh!

Dumet School 3

Yang sudah yakin, segera daftar. Ada keuntungan loh dari mendaftar di DUMET School.

Dumet School-motion graphic 1.jpg

Bukan hanya saya saja yang merekomendasikan DUMET School. Mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, staff profesional dan pemilik bisnis sudah membuktikan dengan kursus langsung di sini. Sampai saat ini DUMET School sudah memiliki lulusan lebih dari 8000 orang dari berbagai status dan profesi mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, dan lainnya. Mereka tidak hanya yang tinggal di Jakarta saja namun banyak juga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Lulusan DUMET School yang banyak tidak lepas dari hasil tangan instrukturnya yang kece abis.

Kursus Desain Grafis Jakarta, Depok, Tangerang.jpg

DUMET School membuka cabang pertamanya pada tahun 2013. Sampai dengan tahun 2018 ini, DUMET School memiliki 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok. Kalau kalian ingin mengunjungi bisa ke alamat-alamat berikut ini :

Dumet School 6.png

Imam Syafi’i pernah berkata, “Apabila kamu tidak tahan lelahnya belajar maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.” So, bagi yang serius menjadi Youtuber khususnya untuk memanfaatkan Youtube sebagai media promosi, jangan ragu untuk mengoptimalkan konten video di Youtube dengan kursus video editing untuk meningkatkah skill. Memang belajar itu lelah namun akan berbuah manis jika hasil videomu bagus dan bisa mendapatkan penghargaan yang setimpal.


Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog DUMET School

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s