Dorong Anak Mulai Mengeksplorasi Komputer

shutterstock_160939313

Hei Moms, membicarakan teknologi tentu sudah tidak asing dalam kehidupan kita. Tidak dipungkiri bahwa teknologi sudah menjadi bagian hidup dari kita. Teknologi kian mendominasi kehidupan baik anak-anak, remaja dan orang dewasa kebanyakan sudah menguasai perangkat teknologi khususnya komputer. Tetapi beberapa orang tua saat ini merasa ketakutan jika anak mereka bersahabat dengan komputer. Ketakutan itu dengan dampak buruk yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat dan malah menjerumuskan anaknya ke jalan yang tidak benar. Ketakutan itu yang membuat orangtua lebih bersifat protektif terhadap anaknya bahkan sampai ada yang mengekang anaknya. Padahal sikap seperti ini malah membuat kebanyakan anak-anak akan kehilangan kepercayaan dirinya dan menjadi minder terhadap dunia luar.

Nah, mungkin banyak dari Moms yang bertanya-tanya. Oke akan dijawab satu-satu ya.

Kenapa Mengenalkan Komputer Kepada Anak itu Penting?

Jangan takut mengenalkan komputer kepada anak ya, Moms. Anak perlu dikenalkan komputer karena agar tidak “gagap” terhadap perkembangan teknologi informasi. Banyak hasil penelitian menunjukan bahwa siapa yang terlambat menguasai informasi, maka terlambat pula memperoleh kesempatan untuk maju. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa. Karenanya sejak usia dini, anak perlu diajak untuk mengenalnya.

Dalam komputer banyak terdapat permainan yang menarik dan bermanfaat bagi anak, melalui edukasi game. Moms perlu tahu manfaat yang berdampak kepada anak-anak di antaranya sebagai berikut :

20180926_081128_0001.png

20180926_080124_0001.png

Kenapa Harus di Usia Dini?

Anak usia dini merupakan masa golden age. Masa dimana anak usia dini memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi dan ego yang luar biasa. Usia dini merupakan usia kritis untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki anak sehingga perlu difasilitasi agar memperoleh hasil yang optimal.

Seberapa Dini Anak Siap Mengeksplorasi Komputer?

Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 – 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak.  Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.

Bagaimana Cara Mendorong Anak Mengeksplorasi Komputer?

Tentunya orang tua sangat berperan dalam membimbing anak ya, Moms. Orang tua sangat dibutuhkan agar tidak terjadi dampak negatif pada diri anak yang akhirnya akan menganggu aspek perkembangan pada diri anak.

  1. Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka.

Pengenalan bagi anak balita, dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf-huruf pada keyboard. Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan membiarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan anda ya, Moms.

  1. Temani anak saat mereka menggunakan komputer.

Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya anda menggunakan password agar anak tidak bisa menggunakan komputer tanpa pengawasan anda.

  1. Buatlah kurikulum sendiri di rumah.

Contohnya, jangan perlihatkan semua program aplikasi yang akan anda berikan kepada anak. Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Jika memungkinkan, buatlah tes kecil untuk mereka. Jika lulus, barulah mereka mendapatkan program yang baru dari anda.

  1. Kembangkan kemampuan menggunakan komputer

Sejauh mana anak mengeksplor komputer, tentunya orang tua sebagai pengawas tahu bagaiman perkembangannya. Jika anak memiliki bakat lebih lanjut, orang tua bisa mengarahkan untuk ikut kursus di DUMET School.

Apa itu Dumet School?

Dumet School.png

DUMET School membuka cabang pertamanya pada tahun 2013. Sampai dengan tahun 2018 ini, DUMET School memiliki 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.

Dumet School 2.png

Kenapa saya rekomendasikan DUMET School untuk Moms yang ingin membantu bakat anak? DUMET School turut membantu anak mengeksplorasi komputer melalui kursus. Ada dua program khusus anak yakni Fun Coding for Kids (Kursus Pemrograman Komputer) dan Fun Design for Kids (Kursus Desain Grafis). Kedua program itu khusus untuk anak usia 6 sampai 12 tahun.

Bedanya Apa Kedua Program Khusus Itu?

Tentunya materi yang dipelajari dan output yang dihasilkan berbeda

Kursus For Kids.png

Estimasi selesai kursus yaitu 2 minggu hingga 1 bulan dan sampai bisa.

Soal Harga Bagaimana?

Harga juga berbeda, Moms. Untuk mengambil Kursus Pemrograman Komputer akan dikenakan biaya 3,5 juta, sedangkan  Kursus Desain Grafis lebih mudah 2,9 juta. Pembayaran bisa dengan debit, credit, transfer bank, dan cicilan.

Mungkin  Moms ingin mengambil kedua kursus tersebut namun terlihat mahal jika ditotal. Tenang, Moms, ada Paket Bundling. Jika Moms mendaftar langsung untuk 2 modul (Fun Coding for Kids + Fun Design for Kids), anda akan mendapatkan diskon Rp 1.500.000. Jadi Moms hanya membayar Rp 4,9 Juta untuk 2 modul (Fun Coding for Kids + Fun Design for Kids). Jadi lebih hemat kan?

Oh ya ada promo loh yang bisa diambil.

promo-KIDS.jpg

Gimana Moms merasa tertarik? Kalau Moms ragu untuk memasukkan anak ke tempat kursus ini, bisa coba free trial-nya loh! Daftarkan diri anak Moms untuk mendapatkan tiket kelas gratis.

Dumet School 3.png

Yang sudah yakin, segera daftar. Ada keuntungan loh dari mendaftar di DUMET School.

Dumet School 4.png

Bukan hanya saya saja yang merekomendasikan DUMET School. Mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, staff profesional dan pemilik bisnis sudah membuktikan dengan kursus langsung di sini. Sampai saat ini DUMET School sudah memiliki lulusan lebih dari 8000 orang dari berbagai status dan profesi mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, dll. Mereka tidak hanya yang tinggal di Jakarta saja namun banyak juga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Dumet School 5.png

Ini bukti kelulusan salah satu peserta DUMET School

Dumet School 8.png

Ada juga testimoninya

Dumet School 9.png


Bagi Moms, yang ingin langsung ke kantornya, bisa datangi lokasi. Buka setiap hari Senin – Minggu jam 09.00 s/d 21.00. Berikut alamat-alamat cabangnya dan nomor yang bisa dihubungi.

Dumet School 6.png

Nah, Moms, sudah tahu kan betapa pentingnya mendorong anak mengeksplorasi komputer sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 


Sumber Referensi:

http://inehpuzpieta1510271023.blogspot.com/2016/06/pentingnya-mengenalkan-komputer-untuk.html

2 thoughts on “Dorong Anak Mulai Mengeksplorasi Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s