Teruntuk Atlet Indonesia, Kami Bertekad Satu Dukung Bersama Asian Games 2018

Teruntuk Atlet Indonesia,

 

Apa kabar? Kuharap kalian selalu diberikan nikmat dan karunia oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya tahu saat ini tenaga kalian sedang tercurahkan untuk latihan menghadapi Asian Games 2018. Jika berkenan sejenak rileks, bacalah surat yang kutujukan kepada kalian.

Kirab obor Asian Games 2018 sedang berlangsung di beberapa kota, hari pembukaan event yang ditunggu segera dekat. Menyambut kalian untuk bertanding. Jangan ada pesimis dalam hati kalian akan berhadapan dengan jawara-jawara dari mancanegara. Jangan pula terbawa suasana pesimisme yang melanda kehidupan masyarakat setiap hari saat ini. Bagaimana kerap mendengar orang memperbincangkan kemajuan dan keunggulan bangsa lain, tapi mereka malah suka memperolok bangsanya sendiri. Entah itu ekonomi, pendidikan hingga politik mereka keluhkan. Tampaknya mereka menutup telinga kebaikan negeri sendiri. Komentar-komentar negatif pun tidak luput berseliweran di media sosial.

Janganlah kalian membuang-buang tenaga memikirkan hal negatif, saatnya fokus. Memang seharusnya tidak ada kata pesimis untuk bangsa Indonesia. Bukankah bila kita kembali menengok ke belakang, bangsa ini lahir dari sebuah keoptimisan. Seharusnya kita yang mewarisi kebesaran bangsa harus membangun kepercayaan diri masa depan bangsa Indonesia. Tak pantas jika bangsa ini seperti ditulis orang asing akan musnah di tahun 2030.

 

Hai Jawara Indonesia,

 

Saya tahu bukan hal yang mudah untuk bisa menjadi seperti kalian. Butuh jam terbang yang banyak untuk akhirnya terpilih menjadi atlet kebanggaan bangsa. Pengalaman kalian sudah tidak diragukan. Mental juara tentu sudah mendarah daging pada diri kalian. Saya yakin untuk menghadapi Asian Games 2018, kalian pasti bisa meraih banyak medali emas.

Dalam tukilan pidato Bung Karno dikatakan,

“Di dalam Kitab Ramayana itu sudah dikatakan, hmm, negeri yang begini tidak bisa menjadi negeri yang besar! Sebab tidak ada, oh, up and down! Up and down! Perjuangan tidak ada!”

Kutegaskan, Indonesia adalah bangsa besar dengan adanya pemuda-pemuda yang terus berjuang. Ya, kalian adalah pahlawan bangsa ini yang telah membanggakan dengan raihan prestasi. Masih hangat berita yang disuguhkan tentang seseorang yang tumbuh dalam kesederhanaan dan keterbatasan yang telah menyentakkan dunia sebagai juara lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 Finlandia 2018. Dia sahabat kalian, sprinter asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri.

Kami, rakyat Indonesia yang bukan atlet, bangga memiliki kalian. Bahkan perbedaan tidak menghalangi kalian untuk kompak berprestasi. Seperti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, pebulutangkis ganda campuran yang berbeda suku dan agama, yang merebut emas di Olimpiade Rio 2016. Keduanya representasi Bhinneka Tunggal Ika dengan perbedaannya.

Berbeda tetapi satu juga. Momentum Asian Games 2018 meleburkan kami rakyat Indonesia menjadi satu. Bersatu #dukung bersama. Daerah-daerah se-Indonesia mengaungkan semangat dukungan untuk Asian Games 2018.  Lihatlah, spanduk-spanduk bertebaran di setiap sudut kota. Tidak terkecuali, kotaku Pacitan. Demi membakar semangat kalian. Apalah arti perjuangan jika tidak ada mendukung. Bukankah begitu? Doa juga tidak terputus kami mohonkan kepada Yang Maha Kuasa supaya kalian mendapatkan hasil yang terbaik.

Pacitan Dukung Bersama Asian Games 2018

Saya pun turut mendukung dengan voting atlet favorit melalui Fans Game Asian Games 2018 yang diselenggarakan Kemenpar dan GenPI. Pada https://www.genpi.co/vote/asiangames, terpampang 100 atlet pria dan wanita yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Fans Games Asian Games 2018

Dari situ tersebut, saya mengetahui siapa saja nama-nama atlet Indonesia. Hasil vote pun saya share ke media sosial supaya banyak teman-teman yang juga ikut berpartisipasi mendukung atlet Indonesia dan mengenal lebih dekat.

Fans Games Asian Games 2018

 

Yo Yo Ayo Yo Ayo Yo Yo Ayo

Yo Ayo Yo Yo Ayo Yo Ayo Yo Yo

Inilah penggalan lirik lagu Asian Games 2018 yang dinyanyikan Via Vallen. Siapapun yang mendengarnya pasti bersemangat, kalian pun begitu. Ayo, atlet Indonesia, bersemangatlah. Ayo kalian pasti bisa menjadi juara.

 

Hai, putra bangsa yang terpilih,

 

Tinggal menghitung hari menuju pertandingan, jangan lupa jaga kesehatan kalian ya. Kami ingin kalian memiliki stamina yang prima dan mampu berlaga dengan tenaga sehat.

Mari bertanding yang sportif. Menang atau kalah, kami tetap bangga terhadapmu. Keluarkan kemampuan terbaik kalian. Jangan gentar, yakin usaha tidak akan mengkhianati hasil. Yakin keberuntungan dan kemenangan mendekati kalian.

Terimalah dukunganku sebagai warga Indonesia yang menyalurkan energi untuk kalian para atlet yang akan berlaga melalui surat. Sekian. Semoga surat ini mampu menjadi penyemangat. Saya tunggu kejutan yang akan kalian sumbangkan kepada kami rakyat Indonesia yang #dukungbersama Asian Games 2018.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s